in

Andi dan Suradianto, Sulap Saluran Irigasi Jadi Kolam Ikan dan Objek Wisata

Andi dan Suradianto, Sulap Saluran Irigasi Jadi Kolam Ikan dan Objek Wisata
Bagikan Artikel Ini

Teman-teman mungkin pernah melihat video kawanan ikan koi yang berenang bebas di saluran irigasi di Jepang. Jangan salah, di Indonesia kamu juga bisa menemukan hal serupa loh. Tepatnya di Kampung Mrican di Yogyakarta.

Dua pemuda Karang Taruna, Andi dan Suradianto awalnya miris karena aliran irigasi dipenuhi sampah. Mereka pun mengajak warga untuk membersihkan saluran irigasi itu dan setelah bersih, memenuhinya dengan ikan nila. Lewat tayangan di channel YouTube CapCapung, Andi menjelaskan bahwa mereka ingin air irigasi bersih karena airnya akan mengalir ke sawah. Akhirnya pada Januari 2019, mereka terjun bekerja bakti bersama untuk membersihkan lumpur limbah.

Awalnya, area yang dibersihkan untuk disiapkan menjadi kolam hanya sepanjang 50 meter. Namun karena antusiasme warga, kini sudah kurang lebih 800 meter aliran irigasi yang beralih fungsi menjadi kolam ikan nila. Bagian ujung aliran diberi jaring agar ikan tertap berkumpul di area kolam dan tidak lepas. Saat ini jumlah ikan nilanya sudah mencapai ribuan ekor. Saat sudah cukup besar, warga akan memanen ikan dan menjualnya. Hasilnya juga akan dibagikan kembali pada warga untuk membantu perekonomian. Wah, selain sedap dipandang, ternyata kolam ikan ini juga membantu meningkatkan penghasilan warga sekitar ya.

Bahkan, saluran irigasi yang menjadi kolam ikan nila ini menjadikan kampung Mrican sebagai salah satu desa wisata di Yogyakarta. Banyak warga yang datang untuk sekadar melihat ikan, memberi makan ikan, atau sekadar jalan sore sambil jajan. Warga sekitar pun memanfaatkan kedatangan pengunjung dengan menjajakan makanan.

Rencananya, kolam budidaya ikan ini akan diperpanjang hingga 1 kilometer dengan semakin banyak ikan yang bisa dibudidaya. Wah, sangat menginspirasi ya, teman-teman. Kamu tertarik juga untuk memanfaatkan saluran irigasi di lingkunganmu untuk budidaya ikan sekaligus mempercantik lingkungan?

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.