in

Cinta Batik, Dea Valencia Sukses dengan Batik Kultur

Cinta Batik, Dea Valencia Sukses dengan Batik Kultur
Bagikan Artikel Ini

Sudah sepatutnya anak-anak muda ikut merasa bangga menggunakan batik. Karena kalau bukan kita yang meneruskan warisan budaya ini, siapa lagi? Pengusaha muda Dea Valencia awalnya hanya membantu sang ibu menjual koleksi Batik Lawas. Perempuan 25 tahun ini sudah mendirikan usahanya sendiri yang diberi nama Batik Kultur
Dea sejak kecil sudah dikenalkan dengan batik. Ia sangat mengerti proses pembuatan batuk tulis, suka membaca buku yang berkaitan dengan batik, dan akhirnya jatuh cinta pada batik. Sambil membantu sang ibu berjualan Batik Lawasan, Dea berpikir untuk menciptakan kreasi baru. Karena tidak bisa membeli baju baru seperti yang diinginkannya, Dea terpikir untuk menciptakan kreasi baru dengan menggunakan potongan Batik Lawas, tapi dengan model yang diinginkannya. Walau nggak bisa menggambar, Dea meminta bantuan seorang juru gambar, lalu dibantu oleh seorang penjahit. Dari sinilah Batik Kultur tercipta.
Dea dibantu dan didukun gpenuh oleh ibunya. Saat ini ia juga dibantu oleh sejumlah karyawan. Menariknya, Dea juga menggandeng penyandang disabilitas untuk membantu mengangkat Batik Kultur. Saat ini, ia memiliki sekitar 120 orang karyawan, termasuk 50 orang pekerja penyandang disabilitas. Soal hal ini, Dea beralasan bahwa ia ingin memberi mereka kesempatan. Apalagi, kita juga bisa belajar banyak hal seperti ketekunan dan semangat belajar dari mereka.
Sejak diluncurkan, Batik Kultur memang mendapat respon yang baik. Terutama karena pemasaran digital melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Masih ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, saat ini Dea memutuskan untuk fokus dulu ke Batik Kultur. Wah, jadi makin semangat pakai batik nih!

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.