in

Dea Tunggaesti, Menanam Kebaikan di Tengah Pandemi

Bagikan Artikel Ini

Ada banyak cara menanam kebaikan. Juga di masa pandemi seperti sekarang.

Pengacara dan pakar hukum, Dea Tunggaesti, memilih untuk menggalang dana di kitabisa.com bagi pelajar dan mahasiswa yang harus belajar online. Dana itu kemudian dibelikan telepon genggam.

Pembelajaran online memang perkara sulit. Terutama buat siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Jangankan laptop, bahkan banyak siswa belum punya handphone – yang paling murah sekali pun. Mereka berasal dari keluarga kurang mampu, yang untuk kebutuhan pangan pun mengalami kesulitan,” tulis Dea dalam pengantar aksinya di kitabisa.com

Donasi gadget dan sembako di Jakarta.

Sebulan digelar sejak awal Agustus 2020, aksi galang dana ini berhasil mengumpulkan Rp50.009.856. Dana ini lalu digunakan untuk membeli 70 unit telepon genggam.

Dari total 70 ponsel tersebut, Dea Tunggaesti dan timnya telah menyalurkan 24 unit. Ada yang diberikan langsung, di Jakarta dan Karawang, ada pula yang dikirim.

Sebelumnya, dibantu jaringan pertemanan di daerah, Dea mendata dan menyeleksi calon penerima agar benar-benar tepat sasaran.

“Di beberapa titik seperti di Jakarta dan Karawang, saya dan tim turun langsung untuk menyerahkan. Namun untuk daerah lain, kami kirim ke tempat masing-masing,” kata ibu dua anak ini.

Donasi gadget dan sembako di Karawang.

Sekilas, kegiatan Dea ini kontribusi kecil belaka. Namun, jika ada puluhan atau ratusan orang lain bergerak, dampaknya bakal terlihat juga.

Bergerak saja dulu, semampu diri masing-masing. Jangan kecil hati jika dampaknya tak begitu terasa. Kalau semua saling menunggu, saudara-saudara kita semakin tertinggal.

Dea Tunggaesti telah menanam kebaikan, memberi satu teladan: solidaritas dalam kerja nyata, bukan berhenti sebagai kata-kata.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.