in

Eli Astuti Dewi, Mantan TKW yang Sukses Jadi Pengusaha Kuliner

Eli Astuti Dewi, Mantan TKW yang Sukses Jadi Pengusaha Kuliner
Bagikan Artikel Ini

Niat bekerja di luar negeri untuk memperbaiki kehidupan ekonomi keluarga tidak selalu berjalan dengan mulus. Salah satunya adalah kisah dari Eli Astuti Dewi, tenaga kerja wanita Indonesia asal lampung Timur.

Dewi sempat bekerja di sebuah perusahaan garmen di Johor Bahru, Malaysia sebagai operator mesin jahit. Saat itu ia hanya memperolah gaji pokok harian sekitar Rp28.000, sehingga ia hanya bisa mengirim uang ke keluarganya jika ada lembur atau kerja borong di pabrik. Malangnya, pada 2008 suami Dewi, Edison yang juga bekerja di daerah Johor Bahru mengalami kecelakaan kerja. Kakinya terkena mesin pemotong pohon dan harus menjalani operasi dan perawatan yang cukup panjang. Status Edison sebagai pekerja migran ilegal juga membuat Dewi harus bekerja ekstra keras untuk biaya hidup mereka, sekaligus merawat suaminya.

Akhirnya di tahun 2010, Dewi pulang dan sempat merasa rendah diri. Ia merasa tidak mendapat hasil dan bingung karena tidak punya modal. Namun, Dewi mencoba membuka diri dan mengikuti organisasi. Di tahun 2015 ia mengikuti pelatihan Pemberdayaan TKI Purna dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) tentang cara budidaya jamur tiram. Ia menjadi ketua kelompok dan akhirnya membentuk kelompok usaha yang diberi nama Berkah Jamur.

Secara bertahap, Dewi dan suaminya memulai usaha budidaya jamur tiram. Mulai 2017, Dewi mulai mengembangkan usahanya menjadi budidaya dan pengolahan. Keripik jamur buatannya mendapat respon dari Dinas UMKM dan Dinas Perindag Lampung Timur dan berkembang pesat. Usahanya mendapat hibah dari Kementrian Koperasi dan UKM berupa uang tunai. Saat ini Dewi pun sering diundang sebagai narasumber bagi pelatihan ibu-ibu desa.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.