in

Keterbatasan Fisik Bukan Hambatan Bagi Tarjono Slamet untuk Berkarya

Keterbatasan Fisik Bukan Hambatan Bagi Tarjono Slamet untuk Berkarya
Bagikan Artikel Ini

Tarjono Slamet adalah lelaki asal Pekalongan, Jawa Tengah, yang mengembangkan potensi pada dirinya dan teman-temannya para penyandang disabilitas. Ia sendiri mengalami kecelakaan kerja yang akhirnya mengubah jalan hidupnya sehingga kaki kirinya putus dan jemari tangannya rusak dan tak lagi berfungsi dengan baik. Namun, menurut Tarjono, potensi dan semangat kerja dari para penyandang disabilitas justru lebih besar dibanding dengan orang normal kebanyakan.

Di tahun 2003, Tarjono merintis usaha bernama CV Mandiri Craft di Bantul, Yogyakarta. Ia prihatin dan ingin membantu sesama para penyandang disabilitas. Terutama karena kebanyakan penyandang disabilitas tak lagi bisa bekerja di tempat-tempat formal. Tarjono membuat kerajinan berbahan kayu seperti alat peraga edukatif (APE), mobil-mobilan, kereta, dan puzzle. Ia juga memproduksi kerajinan lain seperti tas, dompet, frame, kotak tisu, kotak perhiasan, bahkan peralatan olahraga berupa stik baseball.

Di awal usahanya, Tarjono merekrut sekitar 50 penyandang disabilitas di berbagai wilayah di Yogyakarta. Namun, bencana gempa bumi yang melanda Yogyakarta pada 2006 membuat usahanya gulung tikar. Seluruh perlatan dan berbagai barang produksinya juga hancur. Tarjono tidak menyerah. Ia membangun kembali Mandiri Craft dari nol dengan bantuan berupa mesin, bangunan gedung, serta peralatan lain dari Palang Merah Indonesia, Jepang, Malaysia, dan Belanda.

Ia bahkan turut mengajak korban gempa yang juga menjadi penyandang disabilitas untuk bergabung di Mandiri Craft. Saat ini, produksi Mandiri Craft sudah merambah pasar mancanegara dan rutin mengekspor ke Jepang, belanda, Australia, dan Jerman setiap tiga bulan sekali.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.