in

M. Alfatih Timur, CEO yang Suka Menolong

M. Alfatih Timur, CEO yang Suka Menolong
Bagikan Artikel Ini

Belakangan ini, tiap kali ada sebuah berita viral yang membuat hati nurani tergerak, kita nggak akan heran lagi kalau beberapa hari kemudian akan muncul laman di KitaBisa.com yang dimaksudkan untuk ikut menyumbang dan membantu yang bersangkutan. KitaBisa.com adalah situs penggalangan dana di mana semua orang bisa menyumbang sekecil apapun untuk berbagai isu sosial yang ada.
Memang, kita juga pernah mendengar ada oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situs ini untuk melakukan penipuan. Namun, masih ada banyak orang baik di luar sana. Salah satunya adalah M. Alfatih Timur, yang tidak lain adalah co-founder sekaligus CEO dari situs KitaBisa.com.
M. Alfatih Timur terlahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 27 Desember 1991. Pria yang akrab disapa Timmy ini ingin selalu bisa menolong orang. Karenanya ia tergerak untuk menekun bisnis sosial yang bisa memberikan dampak sosial, sekaligus menciptakan profit. Saat berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ia aktif sebagai aktivis mahasiswa. Timmy juga terpilih untuk menjadi asisten Profesor Rhenald Khasali di Rumah Perubahan. Ia juga aktif di Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia.
Saat aktif di Rumah Perubahan itulah, Timmy bersama teman-temannya merasa tertantang untuk menggarap proyek sosial berdampak besar. Mereka memaparkan ide tersebut kepada Rhenald Khasali yang kemudian menyetujuinya. Demi mewujudkannya, Timmy pun belajar penggalangan dana ke Australia dan Amerika Serikat dengan beasiswa. Ia juga belajar mengenai sociopreneurship atau wirausaha sosial. Untuk urusan teknologi informatika, ia menggandeng beberapa pihak untuk menguatkan timnya sehingga lahirlah KitaBisa pada tahun 2013.
Sejak berdirinya KitaBisa hingga saat ini, sudah ada hampir 2 juta orang yang bergabung, lebih dari 20.000 ribu campaign terdanai, dan sudah menyalurkan lebih dari Rp6 miliar donasi dan zakat. Siapa sangka ya kesuksesannya berwirausaha juga menciptakan platform yang telah membantu banyak sekali orang.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.