in

Sandi Octa Susila, Petani Muda Sukses dari Cianjur

Sandi Octa Susila, Petani Muda Sukses dari Cianjur
Bagikan Artikel Ini

Belum genap berusia 30 tahun, Sandi Octa Susila, seorang pemuda asal Cianjur Jawa Barat sudah menjadi contoh petani milenial yang sukses. Sandi dinobatkan sebagai salah satu ‘Duta Petani Milenial’ oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) pada Kementerian Pertanian.

Sandi berkisa bagaimana ia awalnya terjun dan menggeluti bisnis pertania. Sejak 2015, saat I masih berkuliah semester 5 S1 di IPB. Saat itu Sandi melihat banyak hasil panen kebun sayur yang tidak maksimal diperjualbelikan. Dengan bermodal salah satu website jual beli, Sandi membantu menjual hasil produksi ayahnya dan petani di kampung halamannya. Sandi juga memulai usaha dengan bekerjasama dengan restoran fast food secara kecil-kecilan. Lambat laun, ia menjadi pemasok hasil pertanianuntuk 25 klien hotel di wilayah Bogor. Saat ini ada lebih dari 100 item holtikultura yang dihasilkan, antara lain tomat, buncis, cabai, dan kembang kol. Sandi pun saat ini membina 385 petani dan mengelola lahan seluas 120 hektare di berbagai wilayah dengan omzet sekitar Rp500 juta per bulan.

Sandi bahkan sedang bersiap untuk mengekspor sayuran ke Dubai. Sayuran apa yang akan diekspor? Jengkol dan daun singkong! Wah, nggak nyangka ternyata ada cukup banyak permintaan jengkol dan daun singkong dari Timur Tengah ya.

Sandi jadi bukti bahwa dengan bertani, kita bisa menjadi sejahtera, maju, dan membangun negeri dengan merangkul banyak petani lainnya. Semoga sosok Sandi yang luar biasa ini bisa jadi inspirasi untuk kamu juga ya.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.