in

Yukka Harlanda, Peluang Bisnis dari Kesulitan Mencari Sepatu

Bagikan Artikel Ini

Teman-teman pernah mendengar merek sepatu pria, Brodo? Merek lokal memiliki desian yang nggak kalah mewah seperti merek dari luar negeri. Model dan bahannya pun berkualitas, bikin makin bangga menggunakan produk lokal. Tapi di balik kesuksesannya, ada jatuh bangun dari sang pendiri, Yukka Harlanda dan partner bisnisnya, Putera Dwi Kurnia.

Yukka Harlanda adalah alumnus Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Bersama sahabatnya, Putera, ia senang bermain basket semasa kuliah. Sudah tertarik dengan dunia bisnis, Yukka dan Putera awalnya ingin membuka sebuah kafe. Tapi setelah bertanya dan berdiskusi dengan teman-teman yang sudah lebih dulu membuka usaha kuliner, mereka memutuskan kalau bisnis kuliner nggak cocok untuk mereka. Peralihan ke bisnis sepatu pun nggak disengaja.

Saat sedang butuh sepatu baru, Yukka kesulitan menemukan sepatu dengan ukuran besar yang pas untuknya. Kalaupun ada yang pas, ia merasa kurang cocok dengan modelnya. Belum lagi harganya cukup mahal untuk budget seorang mahasiswa, terutama kalau barangnya harus impor dari luar negeri. Lalu saat merantau menyelesaikans studinya di Bandung, Yukka pergi ke pengrajin sepatu di kawasan Cibaduyut.

Berhubung hanya ingin pesan 1 pasang sepatu aja, Yukka kesulitan menemukan pengrajin yang mau memenuhi pesanannya itu. Sampai akhirnya ia berhasil menemukan salah satu vendor yang menerima dan membuatkan pesanannya. Setelah jadi, Yukka merasa puas dengan hasilnya dan memamerkannya ke teman-teman kuliahnya. Nggak disangka, banyak teman yang tertarik dengan desain Yukka. Hal ini pun langsung dimanfaatkan Yukka dengan membuka sistem pre-order. Bermodal tabungannya dan juga uang hasil pinjaman dari Putera dengan total Rp7 juta, Yukka dan Putera mendapatkan 40 pasang sepatu dan menjadi modal awal berdirinya sepatu merek Brodo.

Awalnya berjualan melalui forum online seperti Kaskus, Facebook, dan BBM, Brodo sempat dijual di beberapa toko offline dan distro lain.. Sekarang Brodo kembali ke ranah online dan membuka offline store secara mendiri.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.