in

Air Dingin dan Air Panas, Mana yang Lebih Bagus Untuk Mandi

Bagikan Artikel Ini

Mandi menjadi salah satu aktivitas penting yang harus dikerjakan sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh. Dari berbagai macam kuman, bakteri, hingga virus yang menempel dalam tubuh yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Hanya saja ada beberapa keraguan dan kebingungan yang dialami oleh masyarakat. Apakah harus mandi menggunakan air dingin atau panas. Perlu diingat perbedaan suhu tersebut akan berpengaruh besar pada tubuh Anda.

Lalu, mana yang lebih baik menurut medis? Apakah menggunakan air hangat atau dingin saat mandi. Coba simak penjelasannya di bawah ini, mengenai manfaatnya masing-masing. Terutama bagi kesehatan Anda/

Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin

Bagi sebagian orang mandi menggunakan air dingin memang menyegarkan. Apalagi, kalau cuaca sedang panas. Hanya saja perhatikan suhunya, jangan sampai di bawah 21 derajat karena, sangat tidak dianjurkan. Begini beberapa manfaat dari mandi menggunakan air dingin.

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah mandi air dingin mampu menjaga kesehatan Anda. Hal ini tidak terlepas dari  tubuh yang akan memproduksi protein. Fungsinya untuk meningkatkan imun tubuh.

Inilah alasan mengapa banyak orang lebih menyarankan mandi menggunakan air dengan suhu 21 derajat dibandingkan lebih. Karena, kesehatan yang dijaga bukan hanya bagian tertentu saja melainkan, rambut dan kepala juga punya fungsi tidak jauh berbeda.

Hal lain yang bisa Anda rasakan adalah mampu menyegarkan pikiran. Jadi, jauh lebih jernih. Suhu dingin ini mampu memproduksi hormon norepinefrin. Tidak jauh berbeda dengan adrenalin yang berperan membuat pikiran Anda jauh lebih tenang.

Ketenangan pikiran ini berdampak sangat besar terhadap depresi atau stress. Menurut medis, air dingin akan mengirimkan impuls sinyal ke otak. Dengan begini kondisi otak akan tetap aktif dan jauh lebih segar.

Selain itu, otak mampu memproduksi beta-endorfin sehingga, Anda sendiri jauh lebih nyaman dan rileks setelah mandi. Manfaat terakhir mungkin akan bertolak belakang dengan mitos selama ini.

Di mana air dingin mampu mengurangi nyeri otot dan juga pegal linu. Sifat regeneratif yang ada pada suhu dingin mampu membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks dan jauh lebih tenang dari biasanya.

Manfaat Mandi Menggunakan Air Panas

Selanjutnya adalah manfaat dari mandi air panas. Perhatikan terlebih dulu suhu terbaiknya, di mana tidak boleh lebih dari 44 derajat. Selanjutnya, untuk mendapatkan manfaat terbaik usahakan mandi hanya 5 sampai 10 menit saja. Jangan berlebihan, begini manfaat mandi Air panas untuk tubuh.

Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah membantu melancarkan peredaran darah. Cobalah melakukannya di bawah pancuran selama kurang lebih 5 menit saja. Hal ini akan membuat arteri Anda berjalan lancar.

Agar otot semakin rileks cobalah untuk menggerakkan tubuh beberapa saat. Usahakan lakukan kurang lebih 10 menit saja. Tekanan air tersebut membuat tubuh seperti dipijat secara alami.

Mandi menggunakan air panas mampu mengurangi gangguan tidur atau insomnia. Usahakan untuk mandi sebelum tidur. Insomnia ini membuat Anda jauh lebih rileks sehingga, tubuh akan merasa jauh lebih santai.

Rasa tenang dan rileks tersebut membuat tubuh Anda jauh lebih baik. Selain itu, juga mampu mengurangi rasa cemas serta stress. Air panas tersebut mampu merangsang otak serta memproduksi hormon oksitosin. Sehingga, mampu menjaga perasaan Anda jauh lebih tenang dan baik.

Kesimpulan Mana yang Lebih Baik

Lalu, mana yang lebih baik antara air hangat dan air dingin. Jawabannya, sama-sama bagus tinggal bagaimana cara Anda memanfaatkan keduanya. Karena, kondisi air panas dan dingin perlu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Jadi, usahakan bijak dalam menggunakannya ya.