in

Beberapa Poin Penting yang Harus Dilakukan Oleh Isoman

Bagikan Artikel Ini

Tren kasus Covid 19 di Indonesia tergolong sangat tinggi. Kondisi ini membuat Rumah Sakit menolak pasien tanpa gejala, sehingga mereka harus menjalani isolasi mandiri dengan pantauan dari petugas kesehatan setempat.

Waktu yang dibutuhkan setiap orang berbeda, ada yang 14 hari sampai 30 hari. Semua tergantung dari kondisi badan Anda sendiri. Oleh karena itu, setiap isoman harus disiplin dan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Dengan begini, peluang untuk bisa sembuh cepat sangat terbuka. Berikut, beberapa pedoman penting yang harus diperhatikan setiap orang yang sedang menjalankan isolasi mandiri agar kondisi tidak bertambah buruk.

Lakukan Evaluasi Setiap Hari

Langkah pertama adalah melakukan evaluasi setiap hari. Mulai dari, cek suhu tubuh apakah sudah normal atau ternyata justru memburuk, bagaimana tingkat saturasi oksigen. Apakah normal di angka 96 atau kurang dari itu.

Lihat pula, gejala yang hadir dalam diri Anda. Apakah semakin memburuk atau jauh lebih baik? Bila gejala Covid yang dirasakan semakin bertambah, usahakan untuk mencari bantuan. Paling penting adalah menghubungi petugas medis dengan begini, Anda segera mendapatkan penanganan.

Poin pentingnya adalah jangan pernah menunda untuk minta tolong. Tetapi, jangan pula terburu-buru. Jika, merasakan sesuatu yang kurang baik dalam tubuh, pahami dulu beberapa jam kemudian, coba cari di internet bagaimana menanggulanginya.

Setelah melakukan penanggulangan singkat, tetapi kondisinya belum berubah. Barulah menghubungi petugas medis, ambil pelajaran dari pemaparan mereka, bila terjadi hal yang sama lakukan apa yang sudah disarankan.

Fasilitas yang Harus Dipenuhi Selama di Rumah

Walaupun hanya di Rumah, seorang isoman harus memenuhi berbagai fasilitas. Poin pertama adalah ruang untuk isolasi. Anda dan anggota keluarga yang lain tidak boleh kontak. tetap, jaga jarak dan menggunakan masker.

Untuk Kamar mandi sebenarnya kalau bisa dipisah. Jika, terpaksa setelah pemakaian harus dibersihkan menggunakan disinfektan. Bisa di buat sendiri, caranya cukup mudah. Dengan begitu, kondisinya akan selalu steril. Termasuk, baju yang digunakan pula, rendam dulu sebelum di cuci.

Dalam ruang isolasi tersebut usahakan memberikan ventilasi yang bagus agar, sirkulasi udara berjalan baik. Udara juga mempengaruhi kondisi tubuh, semakin segar maka kondisinya cukup baik.

Penting bagi anggota rumah untuk selalu menggunakan disinfektan. Serta membersihkan semua yang pernah dipegangnya. Fasilitas lain yang harus disediakan adalah alat makan. Usahakan untuk sekali pakai saja.

Jadi, setelah digunakan bisa langsung di buang. Dengan begini, dapat menghindari anggota keluarga yang lain ikut terpapar. Bila pasiennya membutuhkan orang lain, usahakan orang tersebut berada dalam keadaan prima.

Perawat tersebut akan langsung berkomunikasi dan berdekatan. Selain, menggunakan pelindung seperti masker, jaket panjang, konsumsi vitamin harus tinggi, Setelah selesai, langsung mandi.

Menu Makanan Sehat dan Vitamin

Pedoman terakhir yang harus dipenuhi oleh para Isoman lainnya adalah harus menikmati makanan sehat dan vitamin. Sayur yang mengandung zinc, serta buah harus dinikmati setiap hari. Cari saja, pola makan yang disarankan untuk menambah imun tubuh.

Hindari pula stress, untuk mengurangi hormon kortisol dalam diri. Hormon tersebut membuat tubuh Anda semakin menurun. Virus akan mengincar beberapa organ tubuh yang lemah. Hindari pula rokok serta minuman berakohol.

Langkah selanjutnya, cobalah untuk berjemur setiap 30 menit sekali. Olahraga juga diperlukan setidaknya 5 menit. Kebugaran tubuh tetap diperlukan bagi isoman. Waktu, berjemur yang baik sekitar pukul 8 pagi.

Jangan setiap hari, satu minggu 2 kali saja sudah cukup. Jangan pernah pesimis dan takut dalam menghadapi Covid 19. Tetap, bersemangat untuk tetap sembuh, tekad tersebut yang membuat Anda mempunyai peluang sembuh lebih cepat dari biasanya.