in

Begini Caranya Memulihkan Trauma Akibat Kecelakaan

Bagikan Artikel Ini

Trauma merupakan penyakit mental yang sering terjadi pada sebagian orang. Memunculkan perasaan takut jika, hal tersebut terulang kembali. Bila terus dibiarkan bisa jadi, mempengaruhi kondisi mentalnya secara keseluruhan.

Perasaan bersalah kemudian, menyalahkan diri sendiri pasti akan muncul. Lebih buruk lagi mereka akan mengucilkan diri dari lingkungan. Hal seperti ini harus dihindari dan segera ditangani secara serius.

Ada beberapa kasus trauma yang bisa menimpa siapa saja. Tetapi, paling menyita perhatian adalah kecelakaan lalu lintas. Di mana efeknya ke depan mereka akan sulit berpergian dan lebih memilih mengurung di Rumah.

Kondisi tersebut yang sebenarnya, harus dihindari dan segera mendapatkan penanganan khusus. Jika, keluarga Anda pernah mengalaminya. Maka, lakukan beberapa hal berikut ini setidaknya, bisa meringankan beban dan mampu melawan rasa takutnya.

Memberikan Waktu dan Mencoba Mengajak Komunikasi

Trauma merupakan penyakit serius yang membuat penderitanya akan berdiam diri. karena, setiap detik kejadian terasa begitu nyata. Halusinasi akan terjadinya kecelakaan seperti terulang-ulang.

Apalagi, kalau saat kecelakaan tersebut merenggut nyawa orang yang disayangi. Pasti perasaan terpukul membuatnya menyalahkan diri sendiri. Menangis dan terkadang berteriak sendiri sudah wajar adanya.

Jika, itu terjadi berikan mereka sedikit ruang dan waktu. Tetapi, jangan pernah biarkan sendiri. Usahakan Anda menjaganya penuh saat halusinasinya keluar peluk dan berikan pengertian. Hal seperti ini akan terus berlangsung dalam waktu cukup lama.

Bisa satu minggu sampai bulan. Semua tergantung dari Anda, bagaimana caranya memperbaiki mentalnya yang sudah sangat rapuh. Bicara perlahan dan terus memberikan motivasi bahwa, semua bukan kesalahannya dan kejadian itu tidak akan terulang kembali.

Cobalah membuka diri, bila mereka sudah bersedia berbicara manfaatkan untuk membawanya keluar/ Pergi ke taman atau hanya disekitar Rumah saja. Dengan begini ketakutannya perlahan akan menghilang,

Ajak Kembali ke Rutinitas

Poin penting yang harus diperhatikan dalam menyembuhkan Traumanya adalah dilihat dari psikologi sebelumnya. Jika, merupakan orang manja maka, jangan hadapkan pada penekanan yang berat.

Bagi mereka sangat sulit mencernanya sehingga, bukan mengurangi masalah tetapi, memunculkan yang baru. Jadi, pahami karakternya dan lakukan perlahan. Jika, memang tidak mau jangan lakukan pemaksaan.

Pemulihan orang trauma akibat kecelakaan seperti ini memang tidak mudah. Butuh kesabaran dalam menghadapinya. Mungkin, mereka mengerti apa yang dimaksud saat Anda mengajaknya pergi dan berbicara. Tetapi, realita dalam diri penderita masih belum mampu untuk masuk dan memahaminya sebagai bentuk semangat.

Mengajaknya kembali ke rutinitas juga perlahan. Di mulai dari disekitar Rumah kemudian, pergi ke taman sampai skala yang lebih besar. Tetapi, jangan paksakan mereka untuk pergi dengan rasa Traumanya dulu.

Lakukan Secara Perlahan Tetapi Sering

Contoh, trauma mereka saat naik mobil. Coba ajak dulu jika, traumanya muncul maka lakukan sesuai keinginannya. Ingat Anda tidak bisa memaksanya secara penuh. Harus perlahan dan hati-hati.

Tetapi, jangan menyerah untuk mengajaknya masuk ke dalam mobil lagi. Lakukan terus menerus sampai Traumanya perlahan memudar. Jika, dirasa semuanya sudah siap maka, paksakan diri mereka untuk melawannya.

Kapan bisa melihat seorang penderita siap atau tidak. Lihat rasa takut yang muncul apakah sering atau tidak. Bagaimana jika rasa takut itu terus muncul.? Lakukan dengan langkah lain setidaknya, pastikan kecelakaan tersebut tidak akan terjadi lagi.

Jadi, jangan langsung arahkan ke jalan raya. Jalanan kompleks dulu setidaknya setiap hari 10 menit sudah cukup. Bangun kepercayaan diri bahwa, jika mengemudi hati-hati pasti kecelakaan tidak akan terjadi.

Trauma merupakan penyakit mental yang menyerang emosi penderitanya. Mereka menjadi takut dan tidak ingin melakukannya lagi. Perlu waktu dan kesabaran agar rasa trauma itu bisa sembuh seutuhnya jadi harap bersabar saja.