in

Daun Kelor Punya Fakta dan Mitos Menarik, Simak Dibawah Ini!

Bagikan Artikel Ini

Siapa yang tidak tahu Daun Kelor sangat identik dengan kesan mistis. Di mana menurut cerita yang beredar mampu melunturkan jimat atau juga susuk. Kepercayaan tersebut diwariskan secara turun temurun. Tetapi, ada fakta menarik yang membuat kesan mistis tersebut sekarang perlahan menghilang.

Menurut penelitian, Daun ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak dan lezat. Tidak hanya sampai disitu saja, ternyata menikmatinya mempunyai berbagai macam manfaat untuk tubuh. Karena mengandung berbagai macam senyawa yang mampu mengatasi jamur, bakteri dan depresan.

Selain itu, mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak dan terbilang sangat lengkap mulai dari A, hampir seluruh vitamin B dan C. Kelengkapan ini yang membuat Jawa Timur dikenal karena, mampu melakukan ekspor ke luar negeri dan menjadi komoditas utama yang mampu meningkatkan perekonomian warga. Dengan nilai transaksi mencapai Rp2,2 miliar.

Menjadi Ramuan Herbal Berkhasiat

Tanaman yang berasal dari India bagian utara ini ternyata mempunyai berbagai manfaat serta khasiat untuk tubuh. Salah satu contohnya di Kalimantan. Di mana penduduknya mampu memanfaatkan bagian akar menjadi obat untuk mengatasi pegal linu. Dengan ditambah jeruk nipis.

Sementara, di daerah Sulawesi, tanaman yang persebarannya ada di Asia ini dimanfaatkan sebagai obat bukan hanya untuk menyembuhkan luka saja melainkan Malaria hingga stroke. Dengan cara direndam kemudian diminumkan ke penderita. Hal yang sama juga digunakan di Maluku. Hanya saja mereka menggunakan kulit batangnya untuk menyembuhkan penyakit Tipes.

Tidak hanya di Indonesia, Daun kelor juga di tanam di benua Afrika sebagai bagian dari perbaikan gizi. Kandungan yang lengkap didalamnya membuat penduduk sekitar konsumsi. Tidak hanya Afrika saja. beberapa negara berkembang lainnya juga mencoba menggunakan Daun kelor sebagai bagian dari pemenuhan nutrisi yang lengkap dan cukup.

Manfaat dari Daun Kelor tidak hanya bisa dirasakan untuk tubuh saja. Melainkan bisa juga digunakan untuk vitamin rambut, serta menutrisi kulit. Kandungan anti inflamasinya berperan besar melindungi Anda dari penyakit yang menyebabkan berbagai macam cairan menumpuk pada satu tubuh tertentu.

Bahkan sangat cocok bagi kesehatan tulang karena, kandungan fosfor serta kalsium sehingga, tulang semakin sehat dan kuat. Kandungan anti depresannya juga berperan penuh dalam memperbaiki mood Anda. Serta mampu mencegah diri dari rasa depresi serta cemas yang berlebihan.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Kelor

Kandungan vitamin yang begitu melimpah membuat Anda harus hati-hati dalam mengolahnya. Hal tersebut menjadi bagian dari menjaga kandungannya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendapatkan berbagai manfaatnya adalah direbus. Cara ini memang paling tradisional. Tetapi, jangan terlalu lama.

Cukup 5 sampai 10 menit saja. Dengan begini kandungan dari antioksidannya tidak akan hilang atau larut Setelah ini, makan saja sebagai tambahan sayuran dalam olahan pecel. Cara lain adalah memasaknya menjadi sebuah sayuran. Bila ditanya bagaimana caranya? Hampir seperti bayam yaitu biarkan air tersebut mendidih terlebih dulu.

Kemudian, masukkan berbagai macam bahan lainnya termasuk daun kelor. Cara terbaik lainnya adalah membuatnya menjadi sebuah teh. Caranya harus menunggu dulu bagaimana daun ini nantinya layu. Setidaknya butuh 3 hari. Jangan pernah dijemur dan terkena sinar matahari, Karena, kandungannya akan menghilang.

Setelah benar-benar kering haluskan daun kelor bisa dengan di blender. Kemudian, hasilnya masukkan ke dalam kantong. Lalu, seduh menggunakan teh. atau dibuat menjadi tubruk. Rasanya pasti nikmat terutama saat dingin karena hujan.

Walau saat ini masih banyak mitos tentang daun kelor ini. Tetapi, faktanya tanaman tersebut memiliki berbagai kandungan untuk kesehatan. Bahkan, nutrisinya sangat lengkap dan cocok dijadikan sebagai obat mulai dari rambut, kulit, sampai bagian organ tubuh. Penasaran dengan berbagai macam khasiatnya? Silahkan Mencoba!