in

Begini Alasannya Kenapa Cucak Rowo Harganya Mahal

Bagikan Artikel Ini

Sampai saat ini Cucak Rowo masih jadi burung paling mahal dengan harga terendahnya menyentuh angka Rp8 juta. Walau terbilang sangat mahal. Namun, burung ini tidak pernah sepi peminatnya. Bahkan, kalangan menengah hingga para sultan mulai meliriknya. Penasaran, bukan apa sebabnya satwa ini tidak pernah sepi pembeli. Mari simak penelusurannya.

menurut kepercayaan banyak orang, memelihara Cucak Rowo ternyata mempunyai  mitos tersendiri yaitu merupakan sebuah simbol bahwa orang tersebut akan makmur. Hal ini memang tidak berlebihan mengingat harganya sangat fantastis dan hanya orang tertentu saja yang dapat membelinya.

Hal selanjutnya adalah menjadi salah satu jenis yang langka. Hanya saja, belum dinyatakan dilindungi oleh negara. Karena, perburuannya untuk dibudidayakan dan menangkarkannya. Selain itu, pedagang yang menjualnya juga sangat sedikit.  Bahkan, tidak semua bisa menjualnya.

Jadi, untuk membelinya harus dari satu tangan ke tangan lainnya. Dengan begini, tidak heran bukan kalau memang harganya cukup fantastis. Hal kedua yang jadi alasan adalah suaranya. Seperti, alasan mengapa banyak orang lebih suka memelihara burung dari pada hewan lain adalah suara kicauannya.

Menarik dan Mudah Dalam Perawatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa suara dari Cucak Rowo sangat merdu bahkan, mampu mengalahkan berbagai macam burung lainnya. Cobalah dengarkan, bila memang belum punya Anda dapat mencari melalui youtube. Dijamin, Anda akan jatuh cinta langung. Menariknya lagi tidak hanya betina, tapi jantan juga.

Dengan begini ada banyak alternatif yang dapat dipilih. Hal lain yang harus diperhatikan adalah cara merawatnya. Tidak terlalu sulit dan sangat mudah. Bahkan, keunggulan dari memelihara Cucak Rowo adalah burung ini tidak mudah stresss. Inilah yang tidak dimiliki oleh satwa lain.

Sejak dulu, burung ini memang terkenal memiliki mental yang sangat bagus. Anda dapat membuktikannya kbuketika sudah dibeli dan mendengarkan suara kiacauannya. Masih tetap merdu, bila memang stress tidak terlalu lama. Maksimal satu minggu saja. Jadi, tidak perlu khawatir bila Cucak Rowo menunjukkan hal yang mengindikasikan stress.

Cukup merawat bagaimana semestinya pasti beberapa hari kemudian, akan kembali seperti semula.  Tetapi, burung ini suka sekali kebersihan. Jadi, Anda harus rajin dalam membersihkan kandangnya. Setidaknya dua hari sekali agar kualitas suaranya tambah merdu dan bagus.

Burung Bangsawan

Alasan selanjutnya adalah banyak sebagian orang percaya bahwa cucak rowo sudah jadi burung peliharaan sejak dulu. Bahkan, mereka yang memelihara bukanlah orang sembarangan, yaitu para bangsawan yang memang punya uang cukup banyak.  Biasanya, pihak keraton juga tidak absen untuk memelihara.

Sejak dulu, keraton jadi salah satu tolak ukur bagi seluruh masyarakat. Karena, kasta tertinggi yang ada di setiap wilayah selalu berdasarkan pada urusan keraton sebagai pimpinan paling tinggi. Hal terakhir yang jadi alasan adalah burung ini sulit sekali untuk ditangkar. Nah, semakin sulit maka harganya juga sangat tinggi.

Bila dilihat dari segi perpaduan warna hingga mahkotanya memang sangat mengesankan. Cucak rowo sangat cantik. Dengan berbagai bentuknya, membuatnya semakin banyak diminati. Oleh karena itu, untuk mendapatkannya Anda harus siap uang yang tidak sedikit. Tetapi, hasilnya memang luar biasa.

Bagi Anda yang ingin ikut memeliharanya, habitat dari burung ini ada di rawa dan hutan. Untuk mencarinya tidak terlalu sulit, dengarkan suara secara pasti dan teliti. Bila memang Anda kurang paham. Coba saja, mendengarkannya melalui berbagai media sosial untuk memastikannya. Tidak ada salahnya pula untuk memancingnya juga biar Anda lebih tahu, di mana lokasinya.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.