in

Ide Memanfaatkan Botol Bekas

Bagikan Artikel Ini

Botol plastik adalah salah satu sampah yang susah terurai, kalau pun bisa pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dilansir dari laman Tirto, botol plastik akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 450 tahun hingga benar-benar terurai di alam. Waktu yang lebih lama akan dibutuhkan untuk bisa mengurai botol kaca, kira-kira sekitar satu juta tahun. Oleh sebab itu, mendaur ulang sampah botol plastik atau pun kaca akan sangat dianjurkan demi mengurangi pencemaran lingkungan. Entah itu dilebur dan kembali dijadikan peralatan rumah tangga, atau mungkin memanfaatkannya sebagai bahan dasar kerajinan.

Bicara soal kerajinan dari botol bekas, kamu bisa mencontoh ide-ide seperti yang berikut ini. Selain mudah, kamu juga dijamin tak akan membutuhkan banyak biaya untuk menyulap botol-botol tersebut menjadi barang kerajinan dengan nilai jual yang tinggi.

Vas dan Pot Bunga

Foto: shopee.co.id

Ide yang pertama adalah menyulap botol kaca bekas menjadi vas bunga yang cantik dan menarik. Tak perlu ribet, karena kamu hanya perlu mencuci botol bekas tersebut sampai bersih, kemudian keringkan, dan masukkan beberapa tangkai bunga ke dalamnya. Sesuaikan ukuran tangkai bunga dengan diameter lubang botol agar terlihat lebih cantik. Untuk menjaga kesegarannya, kamu bisa menambahkan beberapa liter air ke dalam vas bunga tersebut.

Bisa juga kamu memanfaatkan botol bekas untuk menjadi pot gantung yang lucu. Cara membuatnya juga mudah, tinggal potong bagian atas botol dan kemudian lubangi bagian bawahnya sebagai tempat rembesan air. Selanjutnya beri tali pengait untuk menggantungkannya. Bagaimana, mudah bukan?

Kincir Angin

Nah, untuk membuat kreasi ini kamu bisa mengajak si buah hati untuk ikut berperan serta. Pertama adalah persiapkan berbagai bahan dan peralatan seperti botol plastik bekas, selotip, lem, bambu, lidi, cutter, dan gunting. Kemudian potong botol plastik tersebut sedemikian rupa menyerupai sebuah kincir atau kelopak bunga dan tempelkan pada batang lidi yang telah dipersiapkan. Perlu diperhatikan, sebagai orang tua kamu harus mengawasi anak-anak dalam pembuatan kincir angin dari botol bekas, karena di sana terdapat benda-benda tajam seperti cutter dan gunting.

Tempat Pensil

Foto: makeit-loveit.com

Kemudian menjadikan botol plastik menjadi tempat pensil yang manis. Cara pembuatannya juga mudah, karena kamu hanya perlu mempersiapkan cutter untuk memotong bagian ujung botol. Selanjutnya, agar lebih menarik kamu bisa memberi lukisan atau stiker pada botol tersebut. Tempat pensil dari botol bekas sudah jadi!

Terarium

Apakah kamu tahu apa itu terarium? Jadi, terarium adalah wadah berisi tanaman hias yang biasanya terbuat dari plastik atau kaca transparan. Nah, kamu pun bisa membuatnya dengan menggunakan botol bekas, entah itu yang berbahan kaca atau plastik. Kamu hanya tinggal menambahkan tanah sebagai media tanam, dan tentunya tanaman hias berukuran mini sebagai tumbuhan di dalamnya. Agar tanaman di dalam terarium tak membusuk, kamu hanya perlu menyiramnya dengan cara disemprot sedikit air.

Lampu Hias

Sudah bosan dengan lampu hias yang hanya itu-itu saja? Nah, kamu bisa juga membuat lampu hias yang unik dengan hanya memanfaatkan limbah dari botol bekas. Caranya, kamu hanya perlu melilitkan beberapa botol bekas dengan menggunakan kabel dan tambahkan lampu putih di dalamnya. Untuk mempercantik pandangan, kamu juga bisa mewarnai beberapa botol bekas tersebut untuk menciptakan cahaya yang berwarna-warni.

Wadah Rempah-Rempah

Apabila kamu memiliki banyak toples bekas yang tak lagi terpakai, bisa juga dimanfaatkan sebagai wadah rempah-rempah di dapur. Dari pada di buang, mending dimanfaatkan jadi barang yang berguna bukan?