in

Pantai Air Manis, Letak Legenda Maling Kundang Berasal

Bagikan Artikel Ini

Indonesia punya berbagai cerita Legenda yang menarik untuk disimak. Dimana, hampir semuanya punya pesan positif yang harus dilakukan oleh manusia dalam menjalani hidupnya. Lalu, apakah terbersit sebuah pemikiran kalau cerita Legenda itu sebenarnya nyata?

Salah satu contohnya bisa dilihat saat Anda berkunjung ke Pantai Air Manis. Konon disanalah letak kejadian sebenarnya dari Cerita Rakyat Maling Kundang. Karena, wisatawan bisa melihat batu yang hampir menyerupai manusia.

Kisah Anak durhaka karena tidak mengakui ibunya itu seakan menjadi sebuah kenyataan. Pantai Air Manis sendiri berada kurang lebih 15 Km dari Kota Padang. Menjadi salah satu lokasi liburan terfavorit yang tidak pernah sepi oleh wisatawan.

Tidak hanya sisi batu Maling Kundang saja, pemandangan elok dan mempesona menjadi salah satu tawaran terbaik. Seperti melihat bagaimana pesonanya Gunung Padang. Atau saat air ini surut setiap wisatawan bisa berjalan ke Pulau Pisang.

Pesona Pantai Air Manis

Objek wisata Andalan Sumatera Barat ini menghadirkan panorama yang menyegarkan mata. Banyak wahana serta spot menarik bisa dinikmati disini. Seperti berenang karena, ombak pantainya tidak terlalu besar.

Atau menyewa perahu motor kemudian, pergi ke Pulau Pisan besar dan kecil berkeliling atau singgah sebentar untuk foto-foto. Jaraknya kurang lebih 500 meter jadi hanya butuh waktu 5 menit saja sudah sampai.

Bahkan, Anda juga bisa berkeliling Pantai yang keindahannya memang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Tidak hanya bermain air saja, Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya yang sudah disediakan.

Seperti, Gazebo dengan harga sewanya Rp20 ribu saja. Biasanya, banyak wisatawan memanfaatkan untuk bercengkrama dengan keluarga. Mereka sudah bawa bekal sendiri dari Rumah. Kemudian, menikmati suasananya sambil menikmati santapan yang sudah dibawa.

Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Agar kondisi Pantai Air Manis tetap asri dan layak untuk dikunjungi. Tidak membawa bekal? Tenang saja, disini ada tempat makan.

Tersedia berbagai macam menu yang siap disantap dan dinikmati. Ada berbagai jenis ikan disini yang ditawarkan dengan berbagai macam olahan mulai dari bakar, goreng sampai diolah asam manis atau cara masak lainnya.

Fakta Menarik Mengenai Batu Malin Kundang

Ada fakta menarik mengenai Batu Malin Kundang. Menurut berbagai sumber konon, itu adalah palsu bukan asli dari cerita Legenda. Merupakan sebuah karya seni yang sengaja dibangun untuk menarik perhatian wisatawan.

Memang, secara sepintas hampir mirip dengan cerita, di mana ada seorang manusia bersujud dan tampak pecahan kapal disekitarnya. Hal itu sama persih dengan yang disampaikan oleh orang tua dulu.

Menariknya lagi, Cerita rakyat Malin Kundang ini juga hadir di Malaysia dengan judul Si Tenggang. Dari keseluruhan cerita hampir mirip. Hal tersebut memang tidak asing karena, kawasan Sumatera banyak berasal dari suku Melayu.

Hampir sama dengan Malaysia sehingga, secara kebudayaan masa lampau mungkin ada kesamaan. Terlepas dari benar atau tidaknya bahwa, Batu Malin Kundang sudah di renovasi serta cat berkali-kali. Namanya tetap sebuah Legenda.

Kisahnya tetap menarik untuk diperdengarkan. Apalagi, bisa menjadi suri tauladan berharga bagi anak-anak. Agar mereka tidak berani melawan orang tua. Di sisi lain, kehadiran batu ini juga menambah daya tarik dari Pantai Air Manis.

Jadi, wisatawan ada banyak spot. Selain ATV dan bermain pasir, mereka bisa menghabiskan waktu foto di batu tersebut. Mengabadikan momen bahwa, Anda sudah pernah datang ke Pantai Air Manis. Bagaimana yang lain? Kapan mau melihat secara langsung maha karya pahatan Batu Malin Kundang yang ceritanya melegenda sampai anak cucu.