in

Ini yang Terjadi Jika Anda Kekurangan Vitamin B12

Bagikan Artikel Ini

Memenuhi kebutuhan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi memang penting. Karena, saat kekurangan salah satu nutrisi yang dibutuhkan efeknya akan terasa ke tubuh. Salah satunya adalah Vitamin B12.

Menurut bahasa medis vitamin tersebut disebut juga dengan cobalamin, sangat penting diperlukan tubuh dan mampu larut dalam air. Karena, berperan dalam memproduksi Sel Darah merah serta memelihara kesehatan sistem saraf.

Menemukan kandungannya sangat mudah, cukup konsumsi saja berbagai makanan hewani seperti daging, telur, atau juga berbagai produk susu serta roti. Betapa mudah sekali bukan untuk memperolehnya.

Tetapi, satu hal yang harus diperhatikan adalah saat Anda kekurangan Vitamin B12. Kondisinya cukup berbahaya karena,  akan terjadi defisiensi Vitamin B12. Hal ini dapat terjadi kepada siapa saja tidak memandang usia.

Oleh karena itu, kenali beberapa gejala yang bisa mengindikasikan bahwa, Anda sedang mengalami kekurangan Vitamin B12. Berikut adalah pertanda yang sangat tampak dan bisa dijadikan sebagai peringatan untuk diri Anda

Kulit Menjadi Lebih Pucat Atau Mengalami Penyakit Kuning

Gejala pertama yang tampak adalah kulit jadi terlihat lebih pucat atau tampak kuning. Tidak hanya itu saja, bagian putih mata juga terlihat berubah menjadi kekuningan. Mirip sekali dengan penyakit kuning.

Peran dari Vitamin B12 ini adalah memproduksi DNA sebagai perintah untuk membuat sel darah merah. Jika, dibiarkan akan menjadi anemia megaloblastik. Sehingga, sel darah merah yang akan di produksi di Sumsum Tulang Belakang berukuran sangat besar.

Karena, ukurannya yang cukup besar membuatnya sulit keluar dari sumsum tulang belakang. Tidak heran bila seluruh tubuh kekurangan sehingga, menyebabkan kerusakan berbagai macam sel.

Kondisi tersebut mengindikasikan bilirubin Anda terlalu banyak. Inilah penyebab utama mengapa warna kulit Anda tampak pucat dan warnanya kuning. Begitu pula dengan kedua bola mata.

Sering Lelah dan Lemah

Pertanda selanjutnya adalah lelah dan lemah. Hal ini terjadi karena, peran dari Sel Darah Merah adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan minimnya sel tersebut pasokan oksigen akan berkurang.

Tidak heran bila Anda merasa kelelahan dan sangat lemah. Seperti yang sudah disampaikan di atas, Di mana vitamin ini juga punya peran dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Kekurangannya membuat Anda sering mengalami kesemutan dan rasanya seperti ditusuk jarum.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena Vitamin B12 sendiri merupakan kontributor di jalur metabolisme dan menghasilkan zat lemak bernama myelin.

Zat ini berfungsi untuk mengelilingi saraf sehingga menjadikannya sebagai perlindungan serta isolasi. Kekurangan vitamin ini membuat myelin akan diproduksi dengan cara yang berbeda. Lambat laun sistem saraf ini akan bermasalah dan tidak berfungsi dengan baik,

Mengalami Perubahan Mobilitas

Tidak hanya sola perubahan kulit dan mata saja. Kekurangan Vitamin B12 juga menyebabkan masalah serius pada mobilitas Anda., Jika, dilihat dan rasakan maka, akan ada perubahan gaya berjalan serta bergerak dari cepat jadi perlahan.

Keadaan tersebut membuat Anda sendiri lebih rentan untuk jatuh. Hal tersebut akan sangat terasa jika, Anda berusia 60 tahun keatas. Karena, pada usia ini cenderung lebih sering mengalami kekurangan vitamin ini.

Selanjutnya, Anda juga dapat mengalami peradangan pada lidah atau Glpsitis. Di mana warnanya akan berubah. Disertai dengan bentuk pula sehingga, Anda akan merasakan rasa nyeri luar biasa. warnanya jadi kemerahan dan sedikit bengkak.

Kondisi ini akan mengubah cara makan sampai bicara Anda. Karena, pentingnya peran Vitamin B12, tidak ada salahnya untuk memenuhinya. Dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga.