in

Kebiasaan Makan Makanan Sehat, Belum Tentu Bagus Untuk Tubuh

Bagikan Artikel Ini

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa, konsumsi makanan sehat setiap hari belum menjamin orang  tersebut terhindar dari berbagai penyakit. Dan seluruh organ dapat bekerja dengan sempurna. Mengapa bisa demikian?

Beberapa teori menyebutkan konsumsi tomat itu sangat baik untuk tubuh. Tetapi, ada beberapa pengecualian. Bagi yang menderita penyakit tertentu, Tomat ternyata bisa memicu membuat penyakit tersebut semakin parah.

Dengan penelitian seperti ini, bisa disimpulkan pola diet yang baik dengan makanan tidak bisa disamakan. Karena, setiap tubuh punya cara untuk menngyerap asupan gizi yang Anda konsumsi setiap harinya. Lalu, bagaimana mendapatkan pola makan yang tepat?

Kenali Tubuh Anda Terlebih Dulu

Salah satu cara terbaik mendapatkan pola makan sehat adalah mengenali tubuh Anda sendiri seperti apa. Contohnya, Anda menderita penyakit tertentu Misalnya saja, tidak boleh makan wortel. Tetapi, sayuran tersebut sangat bagus untuk tubuh.

Punya kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang punya peran cukup penting. Lalu, bagaimana solusinya? Vitamin A yang dibutuhkan tidak hanya ada pada wortel saja. Anda bisa menggantinya dengan menu yang lain.

Misalnya saja, Ikan Salmon, telur rebus, sampai hati ayam. Cobalah melakukan list makanan dan Anda harus tahu kandungan, manfaat, serta apa efeknya bagi tubuh secara terperinci dan setiap mencarinya informasi tersebut harus jelas dan terperinci agar tidak muncul masalah baru.

Memang sedikit rumit tetapi, cara ini dinilai paling ampuh agar tubuh mendapatkan asupannya. Masih ada satu lagi, yaitu mengenal proses penyerapannya. Tetapi, langkah ini sedang dalam tahap penelitian lebih lanjut.

Terlanjur Percaya Mitos

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jangan mudah percaya dengan mitos. Contohnya seperti ini, saat makan lemak dan kalori tidak bagus untuk kesehatan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Secara teori sebenarnya tidak salah tetapi, secara makna ada mitos yang tersembunyi. Bila lemak dan kalori hanya menimbulkan penyakit saja. Bila dikonsumsi secara tepat maka Anda bisa menambah energi dan badan terlihat bugar.

Keduanya bisa Anda dapatkan saat konsumsi kacang, minyak zaitun ikan juga telur. Tetapi, tetap perhatikan porsinya, jangan terlalu berlebihan dan usahakan untuk dibagi jadi dalam dua hari jangan menikmati menu yang sama.

Usahakan pula setiap harinya, bila pagi sudah ayam, siang harus bayam, malam nanti bisa juga kentang dan masih banyak lagi kreasinya. Dengan begini Anda tidak akan mengalami kelebihan nutrisi yang kurang bagus bagi tubuh.

Perhatikan Kualitas Sebuah Makanan

Mungkin, Anda bosan dengan menu alami yang dikonsumsi setiap hari. Butuh sesuatu yang beda sebagai selingan. Boleh saja menikmati kemasan, tetapi perhatikan kandungan gizi dan bahannya.

Dari label yang sudah tertera di bagian belakang. Dengan begini Anda akan tahu apa saja kandungan serta kalori tersebut apakah cukup atau harus dihindari. Awalnya, mungkin sulit untuk menemukan dan menghitungnya.

Tetapi, lambat laun kebiasan tersebut akan tampak mudah sehingga, setiap makanan yang masuk dalam tubuh benar-benar mampu diserap oleh tubuh. Kesalahan yang sering dilakukan adalah konsumsi satu jenis saja.

Akhirnya berlebihan, tetapi, Anda sendiri kurang paham berapa kandungan nutrisinya. Sehingga. makanan yang harusnya jadi sehat, muncul berbagai penyakit lain karena, kurang pahamnya apa yang dikonsumsi tersebut/

Menikmati makanan sehat memang wajib dan perlu tetapi, bila tidak dihitung secara detail hasilnya pasti diluar dugaan. Misalnya saja minum jus, walau tanpa gula tetapi, buah itu sudah mengandung banyak gula.

Jadi, untuk hidup sehat Anda harus bisa mengaturnya pola makan dengan teliti dan hati-hati. Lihat seberapa butuh diri Anda untuk asupan tersebut. Karena, teori dan kenyataan terkadang sedikit berbeda. Jadi, perdalam terus ilmu Anda mengenai pola hidup sehat ya.