in

Mengalami Gejala Di bawah Ini? Pertanda Anda Kurang Gerak

Bagikan Artikel Ini

Menjaga kesehatan tubuh ternyata bukan hanya soal pola makan saja. Melainkan, berusaha agar tubuh selalu bergerak juga menjadi salah satu cara terbaik membuat badan Anda menjadi sehat, segar dan bugar sepanjang hari.

Dengan berbagai macam kemudahan, membuat orang menjadi malas bergerak. Contohnya saja malas membeli makanan di warung dan memilih untuk pesan online saja. Inilah yang membuat kesehatan menjadi buruk.

Kurang bergerak hampir sama berbahayanya dengan merokok. Atau perokok pasif di mana banyak organ tubuh mengalami kerusakan. Sehingga, menimbulkan berbagai macam penyakit kronis mulai dri diabetes sampai jantung.

Sebenarnya, sinyal sebelum datang berbagai penyakit ini sudah ada sayangnya, belum Anda perhatikan dengan benar. Berikut ini, ada pertanda yang dirasakan oleh tubuh bahwa, sebenarnya Anda sudah harus bergerak sejak sekarang.

Merasa Mudah Lelah Walau Beraktivitas Sebentar Saja

Pertama kali yang paling dirasakan adalah mudah lelah. Bukan melakukan aktivitas fisik berat. Misalnya saja naik 10 tangga sudah merasakan lelah. Hal ini patut untuk diwaspadai jangan hanya remeh dan menganggap wajar.

Rasa lelah setelah beraktivitas harusnya terjadi pada mereka yang sudah melakukan olahraga berat atau pekerjaan yang menguras keringat. Jika, naik 10 tangga saja merasakan lelah, bisa jadi pertanda bahwa, tubuh kurang bergerak.

Anda harus mengubahnya sejak sekarang sebelum terlambat menjadi penyakit. Rasa lelah ini biasanya juga disertai dengan penambahan berat badan. Penumpukan lemak di beberapa bagian menjadi penyebabnya.

Tubuh merasa berat karena, harus menopang kelebihan lemak tersebut. Efek buruk dari mudah lelah ini sangat buruk. Terutama soal daya konsentrasi. pasti menurun tajam dibandingkan biasanya.

Oleh karena itu, cobalah setiap hari bergerak setidaknya 30 menit entah dengan gerakan jalan atau dengan yoga. Dengan begini, kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik. Bila terlalu berat bisa dimulai dengan 10 menit dulu selanjutnya, 20 dan 30 menit.

Mudah Sekali terkena Stress

Orang yang makas gerak ternyata lebih rentan terkena stress. Secara logika memang benar, karena lingkungannya hanya itu-itu saja. Rasa stress ini juga akan berujung pada kondisi emosi Anda. Rasanya sulit untuk konsentrasi.

Tidak hanya itu saja, Anda cenderung merasakan gejala psikologi hebat mulai dari ketakutan, kecemasan, serta rasa khawatir yang berlebihan. Hal ini disebabkan aliran darah ke seluruh organ kurang lancar.

Jadi, muncul perasaan seperti itu dan rasanya tidak enak sama sekali. Kehidupan jadi tidak nyaman apalagi brat badan semakin bertambah. Cobalah untuk keluar jalan-jalan menikmati udara segar.

Dengan begini kondisi psikologi Anda akan jauh lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Bila tidak bisa rutin setiap hari, setidaknya satu minggu sekali saja. Bila sudah merasa nyaman, tambahkan menjadi dua kali dan sebisa mungkin setiap hari.

Tidur Tidak Nyenyak

Pertanda terakhir yang harus Anda perhatikan adalah saat tidur, apakah bisa nyenyak atau tidak. Mungkin, untuk satu atau dua jam pertama bisa pulas. Tetapi, setelah di waktu tertentu akan terbangun begitu saja dan kecemasan kembali.

Kalau sudah terbangun untuk tidur kembali rasanya sangat susah. Hal ini bisa memicu tingkat stress Anda akan semakin naik, begitu pula dengan berat badan. Oleh karena itu cobalah mengubah polanya agar tetap bisa bergerak setiap harinya.

Mungkin, orang kurang olahraga masih lebih bagus dibandingkan dengan mereka yang kurang gerak. Cobalah mulai saat ini lakukan aktivitas positif. Minimal membersihkan kamar yang mungkin berantakan.

Atau aktivitas lain setidaknya waktu yang dibutuhkan adalah 20 menit. Dengan begini, kesehatan Anda akan membaik. Tidur jadi pulas dan tingkat stress menurun tajam, konsentrasi jadi lebih baik lagi. Tidak percaya, cobalah buktikan sendiri.