in

Mengenal Buta Warna Parsial, Bisa Sembuh Atau Tidak?

Bagikan Artikel Ini

Masalah Buta Warna pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Karena, kondisinya penglihatan sulit membedakan warna tertentu. Bagi sebagian orang keadaan tersebut akan merugikan termasuk dalam mengurus berbagai perizinan dan mendapatkan peluang bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Jangan berkecil hati, Buta Warna Parsial ada alat yang membuat Anda mampu membedakan warnanya. Sebelum membicarakan jauh kesana. mari, simak terlebih dulu penjelasan singkat mengenai penyakit yang bisa menyerang siapa saja ini.

Buta Warna Parsial

Kondisi ini sering terjadi dan dialami oleh sebagian besar masyarakat. Dimana, penderitanya mempunyai pandangan yang jauh berbeda terhadap beberapa warna. Baik itu ada didepannya secara langsung atau berada dalam kejauhan.

Perlu diperhatikan, penyakit satu ini merupakan keturunan. Jadi, bila ada anggota keluarga yang mengalaminya. Bisa jadi, keturunan Anda nantinya juga merasakan Buta Warna Parsial ini. Hal tersebut terjadi karena, adanya kelainan fotopigmen.

Dimana, tugasnya adalah menjadi pendeteksi warna yang terletak pada Retina. Perlu diketahui, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh paparan zat kimia. Atau ada bagian yang cidera terutama pada otak dan sekitar area mata.

Dalam dunia medis, gangguan ini dibedakan menjadi dua golongan. Pertama, Anda sulit melihat Hijau dan merah. Kondisi tersebut terjadi karena, berkurangnya, sel kerucut baik merah dan hijau. Golongan kedua adalah Biru serta Kuning.

Tidak heran bukan, kalau saat ujian buta warna atau tidak tes yang dilakukan dengan melihat angka dimana backgroundnya ada biru, merah, hijau, dan kuning.. Penderita Merah dan hijau seperti ini dibagi menjadi beberapa macam seperti,

  • Deuteranopia adalah perubahan penglihatan dari merah menjadi kuning kecokelatan sementara hijau jadi krem
  • Protanopia adalah penderita akan melihat merah jadi hitam, jingga serta hijau menjadi kuning tetapi, untuk ungu serta biru sangat sulit untuk membedakannya.
  • Protanomali adalah penderita akan melihat jingga, merah dan kuning berubah jadi lebih gelap hingga semakin hijau
  • Deuteranomalia adalah perubahan penglihatan warna hijau serta kuning jadi kemerahan dan kedua sulit untuk membedakan antara ungu dan biru.

Hal yang Dirasakan Buta Warna Parsial

Tidak hanya yang penderita Merah dan Hijau saja. Mereka yang mempunyai kelainan Biru dan kuning juga akan merasakan berbagai bagaimana penglihatannya saat melihat dua warna tersebut. Kondisi tersebut dibedakan menjadi dua

  • Tritanomali dimana pengidap melihat warna biru tersebut tampak lebih hijau tidak cukup sampai disitu saja, mereka juga sulit membedakan antara merah serta  kuning.
  • Tritanopia kondisi ini membuat penderitanya melihat warna biru menjadi lebih hijau sementara untuk kuning jadi seperti abu-abu muda.

Harus diperhatikan, bila sejak kecil manusia sudah diberi kemampuan untuk mengenali berbagai macam warna. Jadi, saat mereka menderita penyakit tersebut kemungkinan besar tidak akan menyadarinya.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan kaca mata atau lensa kontak yang berfungsi yang akan membantu mereka agar dapat melihat secara jelas. Tetapi sebelumnya penderita akan di tes terlebih dulu untuk menentukan apakah benar menderita Buta Warna Parsial atau tidak.

Perlu jadi catatan penting jika, penyakit ini datang dari keturunan. Bisa dipastikan mereka tidak akan sembuh. Karena, hal yang dapat dilakukan adalah mengganti sel kerucut pada retina. Sementara, untuk melakukannya adalah hal yang tidak mungkin dilakukan oleh dokter mana saja.

Oleh karena itu bagi para penderita, terapi atau latihan yang dapat dilakukan dengan konsultasi ke dokter terlebih dulu. Baru, pemulihan ini akan dilakukan. Jadi, tetap jaga pola hidup Anda agar selalu sehat dan terhindar dari berbegai macam penyakit.