in

Mengenal Penyakit Biduran yang Sering Dialami Beberapa Orang

Bagikan Artikel Ini

Penyakit biduran memang menyebalkan, rasa gatal yang melanda membuat aktivitas terganggu. Tidak berhenti disitu saja, kemungkinan terjadinya angioederma sangat tinggi, yaitu pembengkakan lapisan kulit yang terjadi di bagian mulut, bibir, sampai alat kelamin.

Gejala pertama sebelum parah tersebut adalah ruam di beberapa bagian tubuh, warnanya kemerahan dan terjadi tanpa ada pertanda. Walaupun 24 jam kemudian bisa sembuh, namun rasa gatal yang dihasilkan luar biasa.

Pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi kalau disertai dengan pusing, sesak napas, bengkak pada area mata sampai lemas. Harap segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan intensif.

Karena, ciri di atas menjadi pertanda bahwa, Anda menderita alergi parah. Jangan pernah dibiarkan agar dampaknya tidak menyebar luar ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian, jadi perlu diperhatian.

Penanganan penyakit biduran di rumah

Perlu diketahui, penyakit yang dalam bahasa medis bernama urtikaria ini bukan hanya dialami oleh penderita alergi saja, melainkan berbagai faktor lainnya juga bisa menyebabkannya. Seperti, stress, digigit serangga, sampai perubahan suhu ekstrim.

Jika, kondisinya terjadi di rumah dan pergi ke dokter membutuhkan waktu terlalu panjang. Maka, lakukan saja berbagai penanganan di rumah seperti, menempel kompres dingin di bagian yang muncul ruam kemerahan.

Cobalah menggunakan es kemudian, lapisi dengan handuk lalu kompreskan setidaknya 15 menit. Kondisi ini mampu mengatasi iritasi sekaligus meredakan rasa gatal. Langkah berikutnya cobalah untuk mandi menggunakan larutan anti gatal.

Sempurnakan dengan lotion khusus, sehingga tingkat gatalnya akan mereda hingga 60%. Perlu diketahui bahwa, udara panas bisa membuat gatal semakin menjadi. Bahkan, beberapa orang sulit untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, cobalah memlih tempat sejuk sebagai upaya untuk meredakannya. Hindari duduk di bawah sinar matahari atau mandi menggunakan air panas. Kondisi tersebut membuatnya kambuh dan kondisinya bertambah parah.

Terakhir, cobalah mengoleskannya dengan obat. Berbagai apotik sudah menjualnya, tetapi lebih baik untuk konsultasi dulu dengan dokter agar hasilnya lebih maksimal dalam menyembuhkan biduran tersebut.

Penyakit Biduran Kronis

Sebaiknya, jangan anggap remeh penyakit ini karena, saat kondisi kronis bisa berlangsung hingga jangka panjang. Biasanya 1 hari sudah sembuh, karena terus dibiarkan akhirnya menjadi 6 minggu.

Perlu diketahui, semakin panjangnya biduran harus menjadi catatan karena, merupakan pertanda kurang baik. Bisa saja, dalam tubuh ada penyakit lain seperti, tiroid, diabetes tipe 1, lupus.

Perlu diketahui bahwa, munculnya ruam seperti ini sering terjadi kepada mereka yang berusia 30 dan 60 tahun khususnya pada wanita, bahkan bisa saja menyerang anak-anak. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan kenali lebih jauh penyebabnya.

Diagnosa hingga terjadinya komplikasi

Jika, biduran sudah cukup parah terjadi maka, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan melakukan diagnosa terlebih dulu. Dimana, pasien akan diwawancarai mengenai kondisi medis, riwayat keluarga, sampai aktivitas dan pola makan.

Kemudian, akan dilakukan tes darah, alergi sampai kulit, sehingga dokter bisa memberikan solusi tepat untuk permasalahan tersebut. Hanya saja, metode pemeriksaan tersebut terjadi khusus pada mereka yang terjadi berulang.

Untuk komplikasinya selain terjadi angioederma yang menyebabkan penumpukan cairan di berbagai area. Anda juga bisa mengidap anafilaksis yang merupakan syok hebat karena, alergi. Keadaan tersebut bisa menyebabkan tekanan darah menurun.

Anafilaksis jangan dianggap remeh begitu saja, harus segera ditangani dengan cepat karena, bisa menyebabkan nyawa seseorang hilang. Kondisi alergi parah tersebut membuat sistem imun bereaksi tidak normal sehingga, menyebabkan terjadinya gangguan ke berbagai organ tubuh.

Jika, melihat berbagai pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan penyakit ini tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Anda harus mendapatkan penanganan segera agar kondisinya tidak berlangsung cukup parah.