in

Pentingnya Quality Time Menurut Pakar Kesehatan

Bagikan Artikel Ini

Dari semua yang ada di dunia ini hanya satu yang tidak akan pernah bisa dibeli dengan uang yaitu waktu. Oleh karena itu, banyak pepatah sampai filosof menyarankan untuk menggunakannya sebaik mungkin agar tidak menyesal kemudian.

Salah satu yang harus dijaga pula adalah waktu bersama dengan keluarga ternyata menjadi sangat penting untuk dilakukan. Beberapa pakar kesehatan selalu menyarankannya kepada semua keluarga. Walaupun, sibuk dengan pekerjaan tetapi, menghabiskan waktu dengan keluarga wajib hukumnya.

Ada banyak manfaat bisa dirasakan oleh tubuh saat Anda berhasil meluangkan waktu walau hanya satu hari saja dalam 30 hari. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Hidup Jadi Lebih Bahagia

Banyak orang mengatakan jika hidup tidak selalu diukur dengan uang terutama kebahagiaan. Sepertinya, pernyataan tersebut adalah benar adanya. Karena, saat Anda meluangkan waktu untuk keluarga maka ada kebahagiaan akan terpancar dari dalam hati.

Bila diteliti lebih dalam, kondisi ini wajar adanya karena, perhatian satu sama lain membuat seseorang merasa jauh lebih kuat dan bahagia. Hal ini tidak terlepas dari sifat alami manusia sebagai makhluk sosial.

Dimana mereka tidak akan pernah bisa hidup tanpa orang lain. Apalagi, saat menghabiskan waktu bersama keluarga. Canda tawa, saling bercanda merupakan sebuah bentuk perhatian. Semua orang menyukai mendapatkan perhatian lebih.

Jadi, tidak heran bila mereka yang keluarganya lengkap 5 kali lipat lebih bisa menikmati hidup. Daripada orang yang selalu sendiri mengurung diri di kamar atau masih terlalu sibuk dengan dunianya sendiri.

Misalnya, Anda belum belum menikah. Quality time juga bisa dilakukan bersama orang tua atau teman-teman. Kebiasaan ini akan sedikit mengalihkan dunia Anda dari pekerjaan. Tetapi, kondisi tersebut justru membuat otak jadi lebih tenang dan santai.

Menurunkan Stress

Salah satu pemicu stress adalah mengingat kembali apa yang menjadi beban pikiran. Sementara, melakukan quality time akan menurunkan tingkat stress. Canda tawa yang terjadi membuat kondisi jauh Anda lebih tenang,

Karena, hampir sejak awal sampai akhir yang dibahas adalah kebahagiaan. Bukanlah tekanan yang mewajibkan Anda untuk dapat menyelesaikannya permasalahan tersebut. Justru, ini sebaliknya.

Perlu diingat, masalah bisa diibaratkan sebuah batu yang menempel kemudian, dilemparkan sejauh mungkin agar tidak kembali. Setelah batu itu menghliang mungkin saja, tidak menyelesaikan masalah tetapi, membantu memberikan ide atau gagasan. Sehingga, masalah dapat terpecahkan

Memberikan Ide dan Gagasan

Tidak hanya bekerja di dunia seni saja. Pekerjaan apa saja pasti membutuhkan ide dan gagasan. Misalnya, menjadi seorang guru melihat anak didiknya sulit memahami materi. Pasti harus ada cara dan langkah nyata.

Dengan memaksimalkan waktu bersama keluarga atau sahabat. Bisa saja muncul ide kreatif hanya karena melihat tingkah laku mereka. Atau kata-kata yang tidak sengaja diucapkan sehingga dapat diterapkan.

Perlu diingat, ide atau gagasan datang disaat Anda dapat berpikir jernih. Sibuk pada pekerjaan akan mengurung otak Anda Biasanya yang jadinya mudah menjadi sangat sulit untuk dilakukan.

Sebenarnya, Quality time tidak perlu pergi ke luar Rumah. Cukup dengan melihat televisi bersama atau melakukan kegiatan yang disukai bersama-sama sudah mampu membangkitkan kualitas hidup Anda.

Oleh karena itu, sejak sekarang tidak ada salahnya untuk menetapkan jadwal. Hari apa dan jam berapa proses Quality time terjadi. Bahkan, kalau Anda kreatif bisa dengan masak sendiri kemudian memanfaatkan area taman. Untuk melakukan gala diner romantis. Atau masih banyak lagi cara cerdas agar Anda bisa mendapat kembali kebahagiaan sejati.