in

Penyebab Orang Sering Mengigau Saat Tidur

Bagikan Artikel Ini

Pernahkah Anda melihat seseorang tidur, kemudian mengigau sesuatu. Dalam bahasa medis kondisi tersebut dinamakan Somniloquy. Di mana, kondisinya setengah sadar memang tidak menimbulkan masalah serius pada tubuh.

Hanya saja, akan mengganggu orang di sekitar. Siapa saja dapat mengigau tidak hanya orang dewasa saja, Anak-anak juga mengalami kejadian tersebut. Lalu, apa sebenarnya penyebab dari mengigau ini? Coba simak hasil penelitiannya berikut!

Penyebab Mengapa Orang Sering Mengigau

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan orang mengalami kondisi tersebut. Pertama, Rapid Eye Movement atau disebut dengan REM. Tahapan di mana Anda sudah memasuki alam mimpi.

Berlangsung berapa lama setiap orang tidak dapat ditentukan hanya saja menurut penelitian kurang lebih 25% dari total Anda tidur. Kondisi ini ini mata akan bergerak cepat hanya saja dalam keadaan tertutup.

Kemudian, jantung berdetak dengan kencang, gelombang aktivitas yang dirasakan otak tidak jauh berbeda saat terbangun. Aliran darah meningkat pesat. Pada dasarnya saat seseorang sedang bermimpi.

Kualitas tidur tetap terjaga, berbeda dengan orang yang mempunyai gangguan seperti ini atau. Mereka bisa membicarakan apa yang sedang terjadi saat tidur. Bahkan, bisa jadi melukai orang disekitar.

Jika, Anda merasa ada keluarga yang demikian, tidak ada salahnya langsung diperiksakan. Takutnya, muncul hal yang tidak diinginkan. Karena, apa yang mereka lakukan di luar batas kesadarannya.

Sleep Teror

Kondisi berikutnya adalah sleep Teror atau night teror. Biasanya terjadi pada anak-anak, hanya saja orang dewasa juga bisa mengalaminya. Kondisi tersebut membuat penderitanya seakan terbangun dalam tidur.

Gangguannya hampir sama dengan REM, mereka dapat melakukan apa saja seperti, menendang, memukul, berbicara, berteriak karena rasa ketakutan yang dialami saat mimpi. Semua yang Anda lakukan adalah wujud mimpi yang muncul di dunia nyata. Sayangnya, Anda sendiri tidak mengetahuinya.

Sayangnya, saat Anda terbangun pagi hari semua memori ini tidak terekam sehingga, tidak ingat apa yang terjadi. Saat orang mengatakannya, pasti menyangkal karena, seingat Anda itu adalah alam mimpi bukan nyata.

Nocturnal Sleep-Related Eating Disorder

Kondisi ini memang cukup unik, saat posisi tidur. Anda bisa melakukan pekerjaan apa saja di dapur. Mulai dari makan, minum, sampai memasak. Hal ini disebut dengan gangguan Parasomnia.

Terkadang, beberapa orang yang melihatnya percaya bahwa, Anda dalam keadaan sadar. Karena, saat ditanya, pasti ada jawaban keluar. Tetapi, percayalah mereka sedang ada dalam keadaan tidur.

Stress Berkepanjangan

Selanjutnya adalah rasa stress berkepanjangan yang akan mengganggu pola tidur Anda. Hal ini menjadi pemicu nantinya, Anda akan mengigau pada saat tidur. Stress yang berkepanjangan akan mengubah pola tidur.

Hal tersebut disebabkan karena, kondisi otak yang tampak kesulitan untuk beristirahat. Untuk mengatasinya sebenarnya mudah. Cobalah menurunkan kadar stress tersebut. Hingga, secara perlahan gangguan semacam ini bisa dihindari.

Selain stress penggunaan obat-obatan juga bisa membuat Anda mengigau. Karena, beberapa obat memang mempunyai efek samping salah satunya adalah mengigau. Oleh karena itu, tidak salahnya  berbicara pada dokter apakah kandungan tersebut aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Kondiisi selanjutnya adalah demam, posisi ini sebenarnya tubuh sedang kelelahan. Karena, saat Demam, kinerja otak tidak akan mudah. Otak bekerja untuk meningkatkan sel imun agar bisa menang melawan berbagai penyakit.

Mungkin, semua orang pernah merasakan namanya mengigau. Tidak berbahaya memang hanya saja mengganggu kenyamanan saat tidur. Oleh karena itu, cobalah melakukan konsultasi dengan dokter. bagaimana cara terbaik mengatasi permasalahan ini.