in

Saran Pemenuhan Gizi dan Vitamin Saat Sahur Serta Berbuka

Bagikan Artikel Ini

Bukan hanya mengatur diri untuk beribadah saja. Tetapi, bulan Puasa juga harus mengatur pola makanan agar tetap sehat dan bernutrisi. Jangan hanya sembarangan begitu saja karena, sudah seharian tidak makan dan minum.

Kemudian, Anda melakukan balas dendam. Hal tersebut membuat puasa Anda menjadi tidak bermanfaat sama sekali. Bila dirujuk dari Agama dan medis sendiri. Menjalankan Ibadah Puasa mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tubuh,

Oleh karena itu, jangan rusak manfaat tersebut dengan salah dalam memilih makanan. Usahakan tetap memenuhi kebutuhan gizi agar badan tetap sehat dan tidak mengantuk saat beraktivitas.

Kebutuhan soal protein dan karbohidrat tetap menjadi unggulan. Walau, keduanya menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. Asalkan Anda tidak berlebihan pasti manfaatnya mampu dimaksimalkan oleh tubuh.

Lalu, dari mana memperoleh kandungan Karbo dan Protein tersebut. Jawaban singkatnya dari syuran. Ada banyak jenis yang dapat memenuhi standar keduanya. Jadi, cobalah lakukan riset kecil mana yang akan Anda konsumsi hari ini dan besok.

Menu Sehat Ala Dokter

Berbagai dokter selalu menyarankan menu sehatnya adalah sayuran dan buah. Tetapi, bagi warga Indonesia sendiri keduanya kurang disukai. Karena, sebagian dari mereka belum merasa makan bila tidak makan nasi.

Lalu, bagaimana kalau menu buka dan sahur adalah nasi sebagai pokok utamanya? Sebenarnya, boleh-boleh saja karena, kandungan glukosa dan karbohidratnya sangat bagus untuk tubuh.

Tetapi, ada satu catatan kecil yang harus dipahami adalah jangan terlalu banyak. Usahakan posinya 1:2 untuk sayuran. Dengan begini konsumsinya jadi seimbang. Perlu diingat bila Nasi terutama dalam kondisi hangat punya kadar glukosa sangat tinggi.

Jadi, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi, setelah buka puasa. Apakah makanan berminyak diperbolehkan? Misalnya, Gorengan atau semua menu yang ditumis menggunakan minyak.

Sebenarnya boleh, sayangnya untuk penggunaan minyak sangat terperinci. Kandungan lemak trans didalamnya menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, ganti menggunakan bahan alami.

Seperti, minyak kelapa atau juga memanfaatkan bawang putih. dengan begini kesehatan bisa lebih terjadi. Bila gorengan digoreng menggunakan bahan tersebut rasanya tidak terlalu masalah.

Satu poin syarat lagi, jangan tambahkan tepung. Contohnya, tahu isi atau mendoan. Kalau untuk satu atau dua kali saja tidak masalah. Jika, sudah setiap hari usahakan menguranginya. Karena, bagi kesehatan efeknya kurang bagus.

Camilan Selingan Sebelum Sahur

Banyak sekali kandungan gizi diperlukan untuk puasa. Hampir semuanya akan dikonsumsi sehingga, Anda sendiri bisa menjalankan Puasa dengan penuh tenaga untuk beraktivitas siang harinya, Bila saat berbuka Anda belum cukup mencukupi kadar gizi.

Cobalah memenuhinya saat menjelang sahur. Atau saat istirahat malam. Jangan tambahkan kembali karbo dan gula. Cari makanan berserat alami seperti buah. Atau camilan sayuran yang sudah dibuat sedemikian rupa.

Tambahkan pula penambah vitamin bisa melalui makanan kembali atau suplemen. Hanya saja perhatikan dulu kadarnya. Jangan sampai berlebihan. Setidaknya Vitamin C sangat diperlukan. Karena, mampu menunjang daya tahan tubuh.

Dalam menikmati camilan jangan berlebihan agar kondisinya tetap seimbang dalam tubuh. Kemudian, menu sahur usahakan tidak jauh berbeda dengan berbuka. Walau porsi nasi boleh lebih banyak.

Tambahkan susu bila perlu sebagai pengganti dari karbo atau untuk melengkapinya. Lemak, dari susu bisa jadi alternatif alami agar puasa Anda lancar selama satu hari penuh. Biasanya, penggunaan lemak untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Posisi Puasa memang sangat sulit tetapi, akan jadi mudah bila Anda mengetahui caranya. jangan bermalasan untuk menikmati yang ada saja seperti junk food. Karena, dengan mencukupkan vitamin dan gizi Puasa yang dijalani akan sangat terrasa manfaatnya untuk tubuh.