in

Tips Puasa Tanpa Kambuh Bagi Penderita Maag

Bagikan Artikel Ini

Bulan Ramadhan sudah tiba, saatnya seluruh Umat muslim untuk melaksanakan ibadah Puasa. Hukumnya adalah wajib, jadi tidak ada alasan bagi setiap orang untuk tidak menjalakannya.

Tetapi, bagaimana dengan penderita maag? Apakah harus menjalankan Ibadah Puasa? Jawabannya adalah iya. Karena, penyakit ini sebenarnya dapat di atasi dengan mudah asalkan Anda tahu dan paham untuk menjalankannya.

Muncul kembali pertanyaan, apakah bisa melewati sehari penuh tanpa makan dan minum? Karena, penyebab utama munculnya penyakit ini adalah makan terlambat. Tetapi, menurut penelitian menyatakan, puasa merupakan kegiatan paling bagus.

Terutama bagi penderita maag. Karena, pola makannya lebih teratur yaitu saat berbuka dan sahur saja. Dengan pola waktu tersebut lambat laun lambung akan terbiasa dan mampu menjalankan ibadah dengan sempurna.

Makan Saja Secukupnya dan Perlahan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati makanan secukupnya saja. Perlu diingat kondisi puasa, lambung akan mengeluarkan gas dan asam. Bila Anda terlalu banyak makan maka, gas dan asam tersebut akan menekan beberapa sisi dari Lambung.

Sehingga, berada dalam posisi terenggang. Inilah penyebab utama mengapa perut terada begah, nyeri hingga mual. Oleh karena itu makan secukupnya saja, tidak perlu banyak atau balas dendam.

kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah melewatkan sahur dan berbuka. Bagi penderita maag keduanya sangat penting untuk diperhatikan. Sahur dapat mencegah asam lambung menjadi berlebih yang menyebabkan rasa sakit dan perih.

Selanjutnya, jangan sampai salah dalam berbuka puasa. Usahakan minum air putih hangat terlebih dulu. Bila sesuai Sunnah konsumsi Kurma sebagai bagian untuk memenuhi kebutuhan glukosa sebagai penambah energi.

Jangan minum teh atau kopi terlebih dulu. Karena, keduanya mampu meningkatkan produksi asam. sehingga rasa sakit dan nyeri akan kambuh. Begitu pula dengan air dingin termasuk es teh yang sangat menyegarkan bagi sebagian orang.

Jangan Konsumsi Makanan Pemicu Maag

Bagi penderita penyakit maag, harus tahu daftar makanan apa saja yang dapat memicu munculnya penyakit ini. Setelah itu, usahakan untuk menghindarinya. Jangan coba-coba konsumsi misalnya, makanan siap saji.

Atau menu yang mempunyai kadar lemak sangat tinggi. Sebenarnya boleh saja hanya sangat sedikit. Cukup satu sendok bila memang Anda ingin menikmatinya. Tetapi jangan sampai melebihi kadar tersebut.

Tidak hanya soal makanan saja, minum juga wajib diperhatikan. Bila sudah dilarang konsumsi teh dan kopi. Minuman yang mengandung soda juga dilarang untuk dikonsumsi. Lebih baik menikmati nasi atau oatmeal saja.

Keduanya, memang mempunyai kadar karbohidrat cukup tinggi tetapi, mampu memberi manfaat sebagai langkah tepat mengurangi serangan maag datang. Menurut penelitian keduanya mampu menyerap kadar asam lambung yang berlebihan.

Agar sistem pencernaan berkerja dengan maksimal usahakan konsumsi air mineral serta usahakan konsumsi buah. Tetapi, jangan yang terlalu asam lebih baik pisang atau apel saja. Menu lainnya yang disarankan adalah ayam atau ikan.

Untuk ayam hindari konsumsi kulit lebih baik dada saja. karena, kandungan nutrisinya jauh lebih banyak. Hindari menikmati bagian sayap atau jeroan. Untuk daging sapi konsumsi bagian tenderloin.

Cara Memasak Juga Harus Diperhatikan

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana cara memasak. Lebih disarankan bila dikukus, dipanggang, atau direbus. Hindari menggunakan cara digoreng. Karena, kadar minyak memicu kolesterol yang juga berpengaruh pada maag.

Kecuali, Anda mengganti minyak goreng dengan minyak dari bahan alami misalnya, dari golongan bawang-bawangan. Terakhir, usahakan untuk mengontrol stress karena, asam lambung akan meningkat bila emosi Anda meninggi.

Puasa adalah kewajiban setiap muslim di Bulan Ramadhan, pahalanya sangat besar sayang sekali untuk ditinggalkan. Jadi, tetap semangat, dan lakukan langkah diatas agar penyakit tersebut tidak kambuh saat Anda menjalankannya. Selamat Mencoba!