in

4 Varian Teh yang Nikmat dan Banyak Manfaat

Bagikan Artikel Ini

Budaya minum teh sebenarnya bukan hanya terjadi di China atau Jepang saja. Indonesia, juga punya caranya hanya saja tidak dikemas menjadi sebuah kesenian tradisional. Sehingga, tidak semua orang mengetahuinya.

Tetapi,  jamuan minum teh masih jadi unggulan setiap masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat saat Anda berkunjung ke tempat teman atau saudara. Suguhan pertama yang dihidangkan pasti teh. Entah itu dingin atau hangat.

Tidak hanya membuat suasana menjadi hangat. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh saat Anda meminumnya. Seiring berjalannya waktu, Teh tidak hanya punya satu varian saja melainkan, sudah cukup banyak jenisnya dan hampir semuanya punya cita rasa serta manfaat berbeda. Berikut, beberapa varian yang bisa Anda pilih.

1. Teh Hijau Atau Disebut Dengan Matcha

Banyak yang menyebut bahwa Teh Hijau atau Matcha berasal dari Jepang. Sesuai dengan namanya, saat diseduh warnanya memang hijau. Memiliki antioksidan tinggi dan bagus bagi kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, jenis ini juga cukup bagus untuk diminum setiap hari karena, salah satu manfaatnya adalah mengikat kadar lemak yang berlebihan dalam tubuh.

Mempunyai kandungan kafein yang sebenarnya, bermanfaat untuk tubuh. Dimana mampu merangsang sistem saraf serta mampu meningkatkan kesadaran mental. Sayangnya, jangan terlalu banyak konsumsi.

Karena, ada berbagai efek samping yang siap menyerang seperti mual hingga sakit perut. Masalah lain yang juga muncul adalah menyebabkan gugup dan mengganggu pola tidur. Jadi, Jangan terlalu berlebihan dalam meminumnya.

2. Teh Oolong Untuk Mengurangi Lemak

Hampir setiap Teh mempunyai kadar kafein yang cukup tinggi. Tetapi, tidak untuk jenis Oolong dimana kadarnya hanya 30 Mg saja. Angka tersebut dijamin lebih rendah dibandingkan dengan varian Black tea.

Tidak jauh berbeda dengan green tea.  Oolong juga berperan penuh dalam mengurangi lemak dalam tubuh. Menurut penelitian, lebih efektif jenis ini.  Selain itu, mampu menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Jangan terlalu berlebihan dalam konsumsi jenis ini. Tetap saja ada efek kurang bagus dikemudian hari. Perlu diketahui, konsumsi Teh hanya sebagai pembantu saja efeknya tidak terlalu signifikan. Jadi, lengkapi kebutuhannya dengan mengubah gaya hidup.

3. Chamomile Tea Agar Perasaan Jadi Lebih Tenang

Selanjutnya adalah varian chamomile mungkin, beberapa orang belum terlalu tahu dengan jenis ini. Warnanya kuning, konon dibuat dari bunga chamomile atau matahari. Merupakan salah satu jenis herbal.

Cita rasanya nikmat tidak terlalu pedas. Menurut penelitian, saat seseorang meminumnya maka akan memunculkan ketenangan dan membantu Anda agar tertidur nyenyak serta mengurangi kecemasan berlebihan.

Berbagai bukti dan hasil uji klinis menunjukkan bahwa rutin meminumnya mampu mengurangi kejang otot. Hanya saja, mempunyai efek samping yang harus diperhatikan terutama bagi Anda yang dapat menyebabkan alergi saat konsumsi.

4. Teh Pu-Erh Untuk Menurunkan Berat Badan 

Pu Erh berasal dari negeri China di mana sudah lama teh ini selalu dikonsumsi dan digunakan sebagai salah satu bahan penurun berat badan. Bagi yang baru saja mengenal memang tidak salah karena, mulai mendunia belum lama ini.

Kemampuannya dalam menurunkan berat badan memang cukup dipercaya oleh warga China. Tetapi, harus dipahami bahwa, Pu-Erh juga mengandung kadar kafein kadarnya cukup rendah dibandingkan lainnya.

Selain untuk menurunkan berat badan,  Pu-Erh juga bagus untuk kesehatan mental serta mampu menenangkan diri rasa rasa cemas berlebihan. Sayangnya, untuk menikmatinya Anda harus membelinya di berbagai toko khusus. Beberapa merek belum sepenuhnya, menawarkan jenis ini karena, harus diakui rasanya hampir seperti jamu.

Berbagai varian teh lainnya masih banyak seperti black tea, white tea, serta lainnya. Menariknya, beberapa kedainya juga mulai tumbuh. Tidak kalah seperti kopi, kalau kamu mau minum yang mana?