in

Bagian Ayam Paling Sehat Menurut Kandungan Kalorinya

Bagikan Artikel Ini

Jangan asal konsumsi makanan begitu saja. Lihat dulu kadarnya, apakah bagus atau tidak agar tidak menimbulkan permasalahan bagi tubuh. Terutama, bagi Anda yang sudah mempunyai kekurangan dengan berbagai macam penyakit mulai menyerang.

Salah satu menu paling disuka oleh masyarakat adalah Ayam. Punya banyak bagian mulai dari kepala sampai pada seluruh tubuhnya. Di mana kandungan setiap bagian berbeda-beda begitu pula cara mengolah serta rasa yang dihasilkan.

Bila disuruh memilih untuk mengolahnya memang para chef lebih menyarankan menggunakan Paha. Karena, lebih juicy dan mudah diolah. Kenikmatannya memang cukup jauh dibandingkan dengan lainnya.

Tetapi, apakah bagian tersebut jauh lebih sehat dibandingkan yang lain? Perlu diingat bahwa, Ayam ini manfaatnya juga banyak bagi tubuh. Mempunyai Kadar protein yang sangat tinggi sehingga, mampu mempertahankan serta membentuk massa otot.

Jadi, bila Anda salah dalam memilihnya pembentukannya akan terganggu. Harus diingat pula, bahwa, ayam juga punya kandungan lemak. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet hal ini sangat berpengaruh. Oleh karena itu, coba simak perbedaan di antara seluruh bagiannya.

Kandungan Dada dan Sayap Ayam

Baik coba dikupas terlebih dulu mulai dari dada Ayam. Menurut, pakar kesehatan bagian ini baik dikonsumsi. Terutama yang sedang menjalankan program diet, karena kandungan kalori terbukti lebih sedikit.

Jumlahnya kurang lebih 284 kalori dimana 80%  asalnya dari protein sementara, 20% lainnya berasal dari Lemak. Kandungan protein tersebut jauh lebih tinggi. Kalori tersebut yang dimanfaatkan binaragawan untuk membentuk masa ototnya.

Tanpa harus takut lemak dalam tubuh akan bertambah. Karena, jumlahnya sangat sedikit. Kandungan Kolesterol 85 miligram untuk Natriumnya sendiri kurang lebih 74 miligram. Mari beralih ke bagian sayap.

Beberapa chef sering menggunakan sebagai camilan digoreng kering atau dibakar dengan menggunakan bumbu khas. Mempunyai kadar protein hanya 6,4 gram saja. Kalorinya mencapai 42 per sayap atau kurang lebih 203 per 100 gram nya.

Kalorinya sendiri dibagi menjadi dua yaitu 64% dari protein dan 36% berasal dari lemak. Perhitungan ini bila tidak dengan kulit. Sayangnya, masyarakat Indonesia sangat suka bagian kulit sehingga, jumlah kalorinya mencapai 99. Paling banyak 61% adalah Lemak.

Kandungan Paha Atas dan Bawah Ayam

Selanjutnya adalah Bagian Paha atas, di mana harganya jauh lebih murah dibandingkan dada. Kandungan kalorinya kurang lebih 100 gram. Di mana 53% berasal dari protein sementara, sementara 47% adalah lemak.

Warna yang diberikan juga berbeda dengan dada, di mana jauh lebih gelap karena adanya kandungan mioglobin. Mungkin, karena, kandungan tersebut cita rasa yang dihasilkan jadi lebih nikmat dan segar saat diolah menjadi berbagai macam masakan.

Kemudian, ada lagi paha bawah mempunyai kandungan kalori sebanyak 172 untuk 100 gram. 70% adalah protein sementara 30% merupakan lemak. Bila dikonsumsi menggunakan kulit. Maka, proteinnya akan turun menjadi 53% saja.

Kesimpulannya Adalah

Dari penelitian di atas sebenarnya sulit menemukan mana bagian Ayam yang paling baik dikonsumsi. Tergantung dari kadar gizi lainnya. Tetapi, bagian dada adalah yang terbaik untuk dikonsumsi.

Sayangnya, agak sulit untuk mengolahnya. Berbeda dengan paha yang punya kandungan lemak cukup tinggi. Sebenarnya bagus saja untuk tubuh tetapi, dapat menghalangi manfaat lain yang ada pada Ayam.

Tetapi, lebih baik lagi bila konsumsi Ayam tanpa kulit. Karena, kandungan lemaknya sangat tinggi dan cukup berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak oleh tubuh. Sayangnya kenyataan di masyarakat adalah lebih menyukai bagian kulit yang konon lebih nikmat. Jadi, mau mengolah bagian Ayam yang mana hari ini.