in

Imgat! Beda Bentuk Pada Loyang Juga Berbeda Fungsinya

Bagikan Artikel Ini

Anda ingin membuat kue persiapan untuk lebaran? Pasti sudah membeli sebuah bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan. Di antara semua peralatan ada satu yang harus Anda perhatikan yaitu loyang jangan asal beli begitu saja, mengapa?

Karena, loyang sendiri punya berbagai macam jenis, bentuk dan fungsi berbeda-beda. Tidak heran bukan, saat pergi berbelanja, ada bayang sekali loyang, bila Anda sendiri kurang memhami fungsinya, pasti hanya akan jadi barang pajangan saja. Berikut ulasan lengkap dari jenis serta kegunaannya.

Baking Dish

http://review.bukalapak.com

Baking Dish, bila dilihat hampir seperti nampan bentuknya pipih sementara, pada bagian pinggirnya tampak berbingkai. Hal ini dapat mencegah adonan tumpah ke luar loyang. Mempunai sebutan lain yaitu cooking sheet.

Loyang jenis ini berfungsi untuk membuat ke kering. Karena, sebentar lagi lebaran, tidak ada salahnya Anda membeli jenis Baking Dish dan membuat sendiri olahan kue kering tersebut. Tingginya hanya 3 cm fungsinya memaksimalkan tekstur dari kue kering tersebut agar renyah saat dinikmati.

Untuk ukurannya sendiri variatif tetapi, biasanya 30 cm x 20 cm. Untuk pembuatan kue kering, ukuran tinggi sekian sudah cukup karena, pada dasarnya, kue tersebut tidak terlalu tinggi. Harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp50 ribuan.

Roll Pan

http://review.bukalapak.com

Selanjutnya, ada Roll pan jangan sampai salah karena, secara sepintas hampir mirip dengan Baking Dish. Kegunaan loyang ini untuk membuat Bolu Gulung. Mempunyai tinggi 2,5 cm ukurannya sudah disesuaikan dengan ketebalan bolu itu sendiri.

Beberapa variannya ada yang bergerigi, fungsi dari loyang seperti ini membuat tekstur dari bolu gulung menjadi bergelombang. Secara penampilan sangat menarik cocok bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis Kue Bolu Gulung.

Bundt Pan

http://review.bukalapak.com

Dari bentuknya saja, pasti Anda sudah tahu bila salah satu jenis loyang bundt ini fungsinya untuk membuat Chiffon Cake atau Sponge Cake. Ciri khas dari loyang ini adalah memiliki lubang di bagian tengah. Berperan besar dalam penyebaran panas oven agar rata ke seluruh kue.

Dengan begini, hasil kue akan lebih terlihat mengembang karena, pemanasannya merata ke seluruh pan. Untuk jenisnya sendiri cukup banyak. tergantung dari tinggi serta lebar kue yang Anda inginkan. Tetapi, sebelum Anda membeli perhatikan dulu adonan yang akan dibuat.

Bila adonannya terlalu besar, dan melebihi kapasitas dari loyang tersebut. Bisa jadi, kue Anda akan jadi bantat. Oleh karena itu, tentukan dulu mau buat kue seberapa besar. Atau Anda sendiri yang menyesuaikan dengan loyangnya agar roti matang secara merata.

Cake and Tart Pan

http://llyodpans.com

Seperti namanya, loyang cake berfungsi untuk membuat cake. Ukurannya bervariasi tidak menentu bahkan bentuknya sendiri juga beragam. Ada yang bulat, persegi panjang, atau hanya persegi saja.

Cake pan membuat Anda dapat berkreasi dengan berbagai olahan seperti, kue lapis, bolu marmer, serta masih banyak lagi. Selain cake ada juga tart pan, untuk membuat pie. Cir utamanya adalah bagian sampingnya bergerigi.

Di bagian bawah, Anda juga bisa melepas atau memasangnya kembali. Jadi, akan mudah untuk melepaskan kulit pie. Tetapi, hati-hati ya karena, kulitnya mudah untuk hancur bila saat dikeluarkan asal begitu saja.

Itulah alasan besar mengapa Anda harus menggunakan tart pan untuk membuat pie ini. Salah satunya agar kulit tidak rusak dan kenikmatan tetap terjaga.

Masih ada lagi loyang muffin yang terdiri dari 6 sampai 12 lubang. Serta Springfoam untuk membuat kreasi cheesecake. Begitu banyak bentuk dan fungsi yang berbeda, Anda harus mengenali sebelum membeli. Jadi, mau buat kue apa hari ini?