in

Ini Dia Bir Pletok, Minuman Menyehatkan Khas Betawi

Bagikan Artikel Ini

Sampai saat ini Bir masih jadi minuman haram yang membuat semua orang mabuk. Peredarannya juga dilarang oleh negara. Tetapi, apakah semua jenis Bir demikian? Sepertinya tidak, coba saja berkunjung ke Suku Betawi. Disana ada Bir menjadi minuman yang menyehatkan.

Namanya adalah Bir Pletok. Tidak mengandung alkohol sama sekali. Bahan pembuatannya dari berbagai macam rempah pilihan sehingga menyehatkan untuk tubuh. Ada lada, jahe secang.

Mungkin, sebagian orang tidak percaya karena warnanya merah. Bila disandingkan dengan botol aslinya pasti tidak jauh berbeda. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata warna merah tersebut berasal dari penggunaan kulit secang. Bila diolah memang berwarna seperti itu.

Sejarah Dari Bir Pletok

Minuman ini memang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Masyarakat Betawi selalu melihat para penjajah berpesta pora menggunakan wine. Karena penasaran, ada warga yang mencoba dan memuntahkannya. Lantaran bahan pembuat wine sendiri adalah alkohol.

Pada waktu itu, masyarakat Betawi sendiri taat terhadap hukum Islam. Sehingga, mereka tidak mau untuk meminumnya kembali. Beberapa orang yang ahli dalam meramu minuman akhirnya mencoba meraciknya sendiri menggunakan berbagai macam rempah. Hingga, akhirnya terciptalah minuman tersebut.

Sementara, untuk nama pletok sendiri diambil saat mereka mendengarkan orang Belanda membuka botol wine. Terdengar bunyi “pletok” dari situ masyarakat betawi menyebutnya sebagai Bir Pletok.

Beberapa sumber lain menyebutkan bahwa nama dari Bir ini sendiri mengacu pada bir’un. Mengandung arti sebagai sumber mata air. Sementara, untuk pletok sendiri punya tiga arti berbeda. Ditaruh dalam teko, terbuat dari bambu, hingga dikocok dan menghasilkan bunyi pletok.

Manfaat Besar Minuman Khas Betawi

Bila dilihat dari berbagai bahan yang digunakan. Minuman khas Betawi ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja baik anak-anak atau orang dewasa. Bisa disajikan dalam bentuk hangat atau juga dingin. Semua tergantung dari selera Anda.

Dari cita rasanya manis dan sedikit pedas. Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan rempahnya. Karena, bahannya ini banyak warga selama pandemi mencoba konsumsi. Karena, khasiatnya dipercaya sebagai obat penangkal Corona. Hal tersebut memang tidak berlebihan.

Ada kandungan jahe yang memang dipercaya mampu meningkatkan imun di dalam tubuh. Selain itu, saat musim dingin Anda juga bisa menikmatinya sebagai salah satu cara untuk menghangatkan tubuh.

Sel imun yang bertambah membuat badan mempunyai kekebalan yang kuat. Dari sini, Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat mengatasi masuk angin. Kandungan kayu manisnya juga berperan besar menyehatkan Lambung Anda. Karena, mampu menghilangkan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit magh yaitu Helicobakter Pylori.

Cara Membuat Bir Pletok

Tidak harus membeli, Anda bisa membuatnya sendiri dari Rumah. Karena caranya sangat mudah siapkan berbagai bahan yang diperlukan seperti

  1. Jahe 250 gram

  2. Cengkeh 3 gram

  3. Biji Pala 3 gram

  4. Sereh 3 gram

  5. Kapulaga 3 gram

  6. Lada 3 gram

  7. Kayu manis 30 gram

  8. Daun pandan 7 lembar

  9. Daun Jeruk 6 lembar

  10.  Kayu secang secukupnya

  11. Gula dan Air

Cara membuatnya

  1. Geprek dulu biji pala, jahe, kapulaga, sereh, lada, geprek dulu bahan tersebut sampai hancur kemudian, masukkan ke dalam air dan panaskan gunakan api sedang saja

  2. Tambahkan daun pandan, jeruk. kayu manis, dan cengkeh

  3. Aduk hingga rata tambahkan sedikit gula

  4. Agar warnanya menjadi merah tambahkan kayu secang semakin banyak maka warnanya akan semakin merah.

  5. Masak hingga mendidih, minum selagi hangat.

Menikmati Bir pletok memang menyenangkan Apalagi, bila suhu di luar sedang dingin. Rasanya minuman khas Betawi ini sangat cocok dibuat dan dinikmati. Jadi, selamat mencoba!