in

Ini Persiapan Wajib Sebelum Memasak

Bagikan Artikel Ini

Sebelum memasak ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dulu. Hal ini sangat penting agar saat eksekusi tidak kebingungan mencari peralatan atau mungkin peralatan tersebut kurang memuaskan. Faktor seperti ini membuat cita rasa dari makanan berbeda, seharusnya enal dan menambah nafsu makan jadi sebaliknya.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan semua peralatan. Bila semua perlengkapan tersebut letaknya tidak jauh dari dapur boleh, dipersiapkan nanti. Jika, butuh waktu 1 sampai 2 menit untuk mengambil, tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya. Perlu diingat, 1 menit saja Anda membiarkan bahan tergeletak hasilnya akan kurang layak.

Untuk menu Ikan atau daging, ada yang sampai bau amis. Kemudian, coba periksa seluruh peralatan tersebut. Apakah banyak debu atau tidak, perlu diberihkan terlebih dulu tidak perlu di cuci, cukup siram menggunakan air saja. Periksa juga pisau, peralatan ini sangat penting dan harus ada sebelum memasak.

Pastikan dalam keadaan tajam, bila tumpul Anda akan kesulitan dalam memotong bumbu. Apalagi, bila harus di cop halus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengasahnya hampir setiap saat. Menggunakan peralatan asahan lebih cepat, efisien dan hasilnya sangat memuaskan.

Apron atau Celemek

Fungsi appron atau celemek ini sangat penting yaitu melindungi kaos atau baju dari noda. Biasanya minyak atau bahan lainnya. Karena, noda semacam ini sangat sulit untuk dihilangkan. Selain itu, fungsi dari appron ini menahan udara panas. saat memasak, suhu uap yang dihasilkan tidak akan begitu terasa.

Lebih baik lagi menggunakan celemek yang mempunyai kantong. Dengan begitu, Anda bisa menaruk lap didalamnya. Kain lap tersebut berfungsi untuk mengusap keringat, jadi tidak masuk ke dalam makanan atau minuman yang di buat. Adar tidak mengubah tekstur dan timgkat hiegenisnya tetap terasa.

Tempat Sampah

Jangan lupa selalu menyiapkan kantong sampah saat Anda melakukan proses memasak. Hal ini sangat penting agar tidak terkontaminasi. Sebagai contoh, saat Anda mengupas bawang merah atau putih, ternyata ada beberapa bagian kurang bagus. Menggunakan tempat sampah memudahkan Anda memilahnya.

Lebih baik menggunakan kantong sampah agar bisa langsung di buang. Perlu diperhatikan bahwa satu bahan kurang bagus masuk dalam makanan tersebut maka, hasilnya pasti tidak enak. Jadi, Anda harus hati-hati benar. Selai itu, kondisi dapur yang bersih sangat berpengaruh pada makanan yang Anda sajikan.

Gunakan Peralatan Memadai

Dalam proses memasak, peralatan memang sangat penting dan jadi nomor satu harus diperhatikan terutama dalam menggunakan wajan. Usahakan jangan gunakan yang kecil, agak besar agar proses memasak lebih leluasa dan mudah. Mungkin, dari segi harga memang sedikit lebih mahal.

Tetapi, dari segi rasa akan jauh berbeda. Wajan kecil memungkinkan makanan cepat panas dan hasilnya akan gosong. Pasti tidak ingin bukan membuat sebuah menu dengan cta rasa gosong. Apalagi saat proses menumis. Anda tidak bisa leluasa membalik, lagipula porsi yang dihasilkan juga lebih sedikit.

Siapkan Bumbu

Persiapan selanjutnya, sebelum memasak adalah mempersiapkan bumbu. Apa saja yang harus digunakan. Bila perlu sudah dicincang halus, atau cukup dipotong saja. Jangan lupa sediakan pula gula dan garam. Keduanya ini memang sangat penting agar mendapatkan cita rasa yang pas.

Lebih baik siapkan semua bahan terlesbih dulu. Contoh saat menggoreng ayam, sipkan wajan minyak taruh di atas kompor, kemudian, potong semua bumbu dan bahan sesuai keinginan. Pastikan potongannya benar. Baru proses memasak bisa dimulai, dengan semua bahan sudah tersedia Anda bisa memulainya dengan mudah.

Memulai memasak memang tidak mudah, karena banyak peralatan dan bahan harus dipersiapkan. Tidak boleh bekerja lambat, agar seluruh cita rasanya tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu Higieni. Sehingga, menu makanan tersebut tetap lezat saat disantap dan tidak menimbulkan berbegai macam penyakit.