in

Jajanan Khas Indonesia Ini Punya Kembaran di Negara Lain

Bagikan Artikel Ini

Salah satu ciri khas Indonesia di mata dunia adalah mempunyai ragam kuliner melimpah. Hampir setiap daerah setidaknya, punya 3 sampai 5 jenis. Dari Tradisional atau sudah dimodifikasi ke dalam bentuk modern.

Walaupun, sudah dimodifikasi rasanya tetap masih sama nikmatnya dan jadi buruan wisatawan Nusantara dan Mancanegara. Tetapi, tahukah Anda bila jajanan khas Nusantara tersebut mempunyai berbagai kembaran di berbagai dunia?

Di mulai dari Cucur Udang, kuliner khas Malaysia ini sangat disukai disana. Kalau dilihat secara seksama, tampilan dari kuliner tersebut tidak jauh berbeda dengan bakwan. Hanya saja bahan utamanya bukan udang melainkan sayuran seperti, kubis, wortel, dan tauge.

Seperti halnya bakwan, cucur udang biasa digunakan sebagai pelengkap makanan sampai lauk tambahan. Kenikmatannya akan bertambah bila ditambahkan dengan saus tomat atau sambal. Kalau di Indonesia menggunakan sambal terasi pedas.

Rambut Nenek

Bagi kaum 80an, pasti Rambut nenek tidak akan asing ditelinga. Mengapa disebut dengan Rambut Nenek, karena, kuliner ini mirip sekali dengan Rambut seorang nenek. Tipis dan panjang hanya saja warnanya berbeda.

Bukan putih melainkan kuning, walau seiring perkembangan waktu warnanya sendiri berubah menjadi banyak sekali. Beberapa orang sering menyebutnya dengan nama gulali atau arum manis. Ad hal yang menarik dari Rambut Nenek ini bila Anda pergi Ke Thailand,

Di mana, kembarannya tersedia disana. Hanya saja, ditambah dengan pancake aneka rasa, namanya adalah Roti sai mai. Untuk pancakenya sendiri sudah diberi beberapa rasa seperti, pisang, buble gum, sampai cokelat dan vanila.

Putu Piring

Jajanan kuliner Indonesia lain yang tidak kalah nikmatnya adalah Putu Piring. Salah satu jajanan khas Riau yang menarik untuk disantap karena, cita rasanya begitu nikmat. Saat disantap sangat lembut .

Nama kuliner ini disebut dengan Putu Piring karena, bentuknya sendiri hampir mirip seperti piring, untuk warnanya beragam ada sesuai keinginan. Putu Piring juga bisa Anda temui di Singapura, dari segi tampilannya sangat mirip.

Mungkin, jajanan ini merupakan adaptasinya versi Singapura. Karena, Kepulauan Riau dan negara tersebut jaraknya tidak terlalu jauh, Cita rasanya enak dan hampir mirip dengan Indonesia hanya saja sudah disesuaikan dengan lidah Singapura.

Banh Da Lon

Jajanan tradisional lainnya yang menarik untuk dicicipi adalah kue lapis yang merupakan salah satu kuliner tradisional dengan teksturnya yang kenyal. Cita rasanya memang nikmat untuk disantap saat pagi atau sore.

Kalau Anda pergi ke Vietnam, pasti bisa menemukannya dengan nama Banh Da Lon, Kue ini terbuat dari tepung terigu, tapioka, tepung beras, ubi, kacang hijau serta santan. Menariknya lagi, Banh Da Lon ini menjadi salah satu jajanan favorit untuk seluruh keluarga.

Biasanya, beberapa penduduk menjadikan sebagai salah satu oleh-oleh. Dilihat dari seluruh tampilannya, Banh Da Lon sangat mirip hampir 100 persen. Jadi, cobalah untuk mencicipi Banh Da Lon ini saat pergi ke Vietnam

Bua Loy Nam

Terakhir, saat Anda berkunjung ke Thailand ada salah satu menu menarik yang harus Anda nikmati. Namanya adalah Bua Loy Nam bentuknya bulat, hampir mirip dengan wedang ronde jika sudah masuk Indonesia.

Cita rasanya begitu hangat dan cocok digunakan saat datang musim penghujan sebagai penghangat tubuh. Hanya saja perbedaannya ada di dalam isinya, yaitu menggunakan wijen hitam.

Masih ada satu menu lagi yaitu onde-onde di mana kalau di China namanya adalah Jian Dui, cita rasanya gurih dan nikmat. Lalu, bagaimana dengan Anda mau mencoba menikmati makanan yang mana?