in

Manfaat Terbaik Minum Air Kelapa Untuk Tubuh

Bagikan Artikel Ini

Ketika cuaca panas, minuman dingin dan menyegarkan menjadi solusi terbaik. Pilihannya ada banyak hanya saja, yang menyehatkan adalah air kelapa asli langsung dipetik dari pohonnya. Berbagai kandungannya dipercaya memberikan nutrisi dan perlindungan bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya elektrolit, mineral dan antioksidan. Dimana, ketiganya dipercaya mampu mencegah berbagai kerusakan sel pada tubuh. Bagi siapa saja cocok untuk menikmatinya walau mereka adalah penderita diabetes.

Karena, kandungan gula sangat sedikit dibandingkan dengan jus buah, minuman kemasan, atau soda. Kadar gizi lainnya yang terkandung adalah karbohidrat, lemak, dan sedikit protein. Menariknya lagi, pada air kelapa mempunyai kadar kalium cukup tinggi.

Bahkan, menurut penelitian kalium yang terkandung lebih besar dibandingkan berbagai minuman olahraga lainnya. Hal ini cukup bagus bagi para olahragawan sebagai upaya mengembalikan cairan tubuh.

Melihat dari berbagai kandungan tersebut, tidak heran bila air kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Mampu memperlambat penuaan

Air kelapa diyakini berbagai pihak sebagai salah satu minuman terbaik untuk memperlambat penuaan. Menurut penelitian, khasiatnya membuat kulit menjadi lebih halus dan terlihat jauh lebih muda.

Mempunyai kandungan sitokinin yang mempunyai dampak berupa anti penuaan, karsinogenik, hingga, anti pembekuan darah atau trombotik. Selain itu, sitokinin merupakan hormon pembentuk yang mengatur perkembangan, pertumbuhan, serta penuaan sel.

Dari berbagai kandungan tersebut tidak heran bila, kelapa sendiri mempunyai fungsi sebagai penunda penuaan. Hal ini terjadi karena, sitokinin sendiri mampu menyeimbangkan kadar PH di dalam tubuh. Mampu memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, hingga mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Mampu Mengatur Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya dari minum air kelapa adalah mampu mencegah terjadinya serangan jantung. Hal tersebut terjadi karena, setelah meminumnya mampu meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko penyakit stroke.

Seperti diketahui di atas bahwa, kandungan kaliumnya sangat tinggi serta natrium yang cukup rendah. Sehingga, mampu menurunkan kadar gula dalam darah khususnya bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kondisi tersebut sempat dilakukan penelitian kepada tikus. Dengan dosisi tinggi dan diberikan selama 45 hari, menunjukkan penurunan drastis kadar kolesterol dan trigliserida. Efek tersebut ternyata hampir sama dengan obat statin.

Mampu mencegah terjadinya batu Ginjal

Salah satu cara terbaik dalam mencegah terjadinya batu ginjal adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Menurut salah seorang ahli gizi, Maxime Smith menjelaskan bahwa, konsumsi air kelapa ini merupakan salah satu pola diet seimbang.

Dimana, berbagai kandungannya mampu menyehatkan sistem tubuh. Biasanya beberapa dokter akan menyertakan untuk konsumsi kalium dalam jumlah tinggi, bila hal itu terjadi, maka Anda bisa menggunakan minuman ini sebagai salah satu bahannya.

Mampu menurunkan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, menurunkan kadar gula dalam darah adalah sebuah kewajiban, Terlalu tinggi membuat kondisi tubuhnya kurang begitu bagus. Pada tahun 2015, ada beberapa peneliti yang mencoba melakukan penelitian terhadap tikus.

Dimanan hewan tersebut,  menderita diabetes. Sebagai bentuk dari pengobatannya, mereka memanfaatkan air kelapa. Diberikan terus menurus, setiap hari. Kadar hemoglobin A1c yang terkandung cukup rendah.

Dalam jangka panjang ternyata mampu memberikan efek luar biasa. Dimana, mempunyai sistem kontroling dalam tubuh. Dari hasil penelitian yang terjadi selama kurang lebih 6 tahun, ditemukan bahwa, air kelapa mempunyai manfaat besar bagi penderita diabetes.

Hanya saja, bagi manusia tidak disarankan untuk berlebihan dalam konsumsi. Tetap ada efek samping walau, perannya disini sebagai penyumbang magnesium. Terutama pada diabetes  tipe 2 dan pra diabetes.

Air kelapa menjadi minuman yang paling menyegarkan. Paling enak lagi bila bisa memetiknya lanngsung dari pohon. Dengan berbagai manfaat yang diberikan, sepertinya tidak salah bila mulai hari ini konsumsi hanya saja, jangan berelebihan karena, mempunyai dampak cukup besar bagi tubuh.