in

Mau Menanam Anggur? Pilih Bibit yang Unggul Ini Aja

Bagikan Artikel Ini

Menanam menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dimanfaatkan saat memiliki waktu luang cukup banyak. Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga, menanam berbagai jenis tanaman pasti akan tumbuh. Salah satu inspirasi terbaik adalah anggur, buah ini memiliki cita rasa segar dan banyak manfaat untuk tubuh.

Sebelum menanamnya, Anda harus memperhatikan dulu bagaimana bibitnya Karena, menentukan tanaman tersebut bisa tumbuh dan berbuah berawal dari sini. Tanaman yang bersal dari Eropa dan Asia Tengah ini memiliki berbagai macam jenis bibit pilihan Berikut pilihannya,

Buah Anggur Jupiter

Jenis bibit pertama yang bisa Anda pilih adalah Jupiter, memiliki banyak keunggulan seperti, buahnya sangat besar mempunyai ukuran mencapai 5 gram untuk satu butirnya. Bila ditimbang untuk satu tandannya bisa mencapai 2000 hingga 2500 gram. Mempunyai cita rasa yang sangat khas dengan akurasi manisnya mencapai 21%.

Masa panennya mencapai 1 sampai 2 tahun  Mempunyai perawatan yang baik dan memiliki tingkat adaptasi sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan bisa hidup di dataran rendah sampai tinggi. Untuk menanamnya sangat direkomendasikan di dalam sebuah pot saja sehingga, bisa juga dijadikan sebagai salah satu hiasan yang ditempatkan di taman.

Saat nanti sudah matang, kulitnya tampak merah keunguan bentuknya oval. Paling favorit dan banyak dicari karena menjadi salah satu varian tanpa biji. Bagi Anda yang berminat untuk membelinya harganya bervariasi mulai dari Rp80 ribu sampai Rp200 ribu.

Bibit Anggur Black Panther

Tidak jauh berbeda dengan jenis Jupiter, Black Panther mempunyai tingkat adaptasi sangat tinggi. Dapat berbuah di berbagai suhu bahkan, sangat ekstrim. Beberapa orang sudah bisa menanamnya dan berhasil,  Ciri khasnya adalah warna hitam bentuknya oval, menariknya fase agar bisa matang kurang lebih 100 hari.

Kualitasnya memang sangat unggul, tidak heran bila harganya mencapai Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Cita rasanya sangat manis dan menyegarkan. Mempunyai daya tahan cukup tinggi tidak heran bila buahnya dapat tahan terhadap berbagai macam jamur, hama, Cara penanamannya bisa dilakukan di dalam pot.

Media tanam yang disarankan berupa kompos dan humus, untuk teknik penyiraman hanya bisa dilakukan setidaknya satu kali dalam sehari. Jangan lupa lakukan pemberian pupuk setidaknya 30 hari sekali lebih disarankan setelah 30 hari agar pertumbuhannya bagus dan cita rasa buahnya enak.

Bibit Anggur Harold

Bibit selanjutnya adalah jenis Harold, memiliki tingkat pertumbuhan cukup tinggi, Memiliki bentuk oval dan bentuknya sangat runcing pada ujungnya. Menariknya lagi bisa Anda lihat pada saat buah tersebut sudah matang yaitu kuning kehijauan. Rasanya manis dan asam terasa sangat seimbang.

Tingkat resistensinya cukup tinggi sehingga, tahan terhadap berbagai macam penyakit termasuk cuaca dan suhu ekstrim. Dalam satu kelompoknya mempunyai berat rata-rata kurang lebih 500 gram. Berat satu buahnya mencapai 7 gram, cukup besar memang dagingnya sangat padat serta berair.

hasil pembuahannya bisa dilakukan setelah 1 sampai 2 tahun tetapi, bila menggunakan fase pematangan buah pendek maksimal hanya 100 hari saja. Lebih baik ditempatkan pada pot dan dapat digunakan sebagai penghias pekarangan. Berfungsi juga sebagai penangkal debu sekaligus sinar matahari. Sangat istimewa karena, untuk budidayanya sangat mudah. Untuk harga bibitnya mulai dari Rp80 ribu sampai Rp160 ribu.

Buah Anggur menjadi salah satu buah favorit seluruh masyarakat Indonesia. Cita rasanya manis dan asam, cocok untuk dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi jus. Mempunyai banyak kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Jadi, kalau Anda mau pilih menanam bibit anggur yang mana?