in

Peralatan Dapur Membantu Anda Dalam Menggoreng dan Menumis

Bagikan Artikel Ini

Memasak menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan. Hanya saja masih tetap kurang jika, Anda tidak memiliki berbagai peralatan dapur. Lalu, peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membantu dalam menggoreng, menumis, atau menggunakan teknik memasak lainnya.

Pertama yang harus dipenuhi adalah Wajan. Alat ini memang sangat penting memenuhi kebutuhan dapur. Fungsinya sendiri cukup fleksibel, bisa digunakan untuk menumis atau memasak dengan kuah.

Mempunyai berbagai jenis dan ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Hanya saja untuk memilihnya tidak boleh sembarangan. Pilihlah yang berkualitas serta anti lengket sehingga, saat menggoreng atau menumis lebih nyaman.

Usahakan pula untuk memilih wajan dengan bahan yang terbebas dari PTFE (Polytetrafluoroethylene). Menggunakan bahan dengan besi asli ini tidak akan mengeluarkan racun dan terkontaminasi dengan makanan. Apalagi, saat suhunya mencapai 300 derajat celcius.

Spatula dan Capitan

Hal selanjutnya yang harus digunakan adalah Capitan berfungsi untuk membalik hingga mengangkat gorengan. Ciri khasnya adalah mempunyai ujung bergerigi sehingga, untuk mengangkat makanan tidak akan licin dan begitu mudah.

Menariknya, gerigi ini tidak akan merusak atau mengubah bentuk dari menu makanan walau teksturnya sangat lembut dan halus. Contohnya saja, Tahu Sutera, ikan, dan masih banyak lagi. Pilihannya sendiri sangat banyak ada yang berbahan stainles steel hingga silikon. Untuk menghindari cipratan minyaknya, usahakan untuk membeli yang gagangnya panjang.

Berikutnya adalah spatula, alat ini juga cukup penting terutama saat Anda menumis makanan. Mempunyai bahan yang lentur, sangat nyaman untuk mengaduk di wajan sehingga, mencegahnya agar tidak gosong.

Dipasaran saat ini sudah banyak yang jual. Paling banyak adalah bahan silikon. Karena, sering digunakan untuk area panas, usahakan untuk membeli yang tahan terhadap panas ya. Sehingga, tidak leleh dan menimbulkan racun.

Atau menggunakan bahan dari PVC agar tidak mudah terbakar dengan api. Disarankan juga menggunakan jenis spatula yang berbahan kayu karena, jadi bahan paling aman digunakan untuk memasak dan mampu mencegah dari risiko kanker.

Tempat Untuk Menampung Minyak

Peralatan berikutnya yang harus disediakan adalah tempat untuk menampung minyak. Penampungan tersebut fungsinya ada banyak. Pertama, sebagai tempat minyak baru jadi, setelah membeli langsung tuangkan saja.

Dengan begini akan mudahkan Anda dalam menuangkannya ke wajan. Tidak akan mengotori tempat. Kemungkinan, tumpah sangat kecil. Usahakan botol yang digunakan adalah berbahan plastik jadi, dapat dibersihkan serta digunakan kembali.

Biasanya, setelah menggoreng masih ada sisa. Di mana kondisinya masih sangat bagus, warnanya tidak berubah. Lalu, mau ditaruh mana bekasnya ini. Tempatkan saja di dalam sebuah tempat. Kemudian, saat menggorengnya digunakan kembali.

Pisau dan Telenan

Peran pisau dan telenan ini memang tidak terjun langsung di penggorengan atau penumisan. Tetapi, tanpa kehadiran mereka, Anda tidak akan mendapatkan potongan sesuai dengan yang diinginkan.

Perlu diingat potongan saat memasak begitu penting agar semua bumbu bisa teresap sempurna. Jangan terlalu besar tetapi, juga tidak kecil. Usahakan pas agar saat dinikmati nyaman.

Oleh karena itu, Anda harus mempunyainya. Usahakan mempunyai pisau yang tajam agar mudah untuk memotong. Ketajaman pisau ini juga jadi bukti bahwa alat tersebut terawat dengan baik.

Memasak adalah aktivitas yang menyenangkan tetapi, perlu diperhatikan pula bahwa membuat sebuah menu masakan jadi lebih nikmat tidak hanya kualitas makanannya saja. Anda juga butuh berbagai macam peralatan untuk membantunya.

Oleh karena itu, usahakan memenuhi semua peralatan tersebut dengan barang berkualitas. Jangan hanya asal murah saja tetapi, sata digunakan dapat menimbulkan racun sehingga, masakan menjadi berbahaya untuk dikonsumsi, kesehatan itu memang mahal harganya.