in

Perbedaan Alpukat Mentega dan Biasa yang Harus Diketahui

Bagikan Artikel Ini

Ada berbagai macam varietas dari Alpukat. Hanya saja, ada dua jenis yang menarik perhatian yaitu mentega dan biasa. Bila dilihat dari penampilan keduanya memang hampir sama tetapi, percaya atau tidak bila keduanya merupakan varietas berbeda.

Jenis mentega menjadi buah yang cukup mudah dipanen menariknya, bisa berbuah sepanjang tahun, menurut beberapa petani mengatakan bahwa, masa panennya mampu dua kali dalam setahun.

Dari segi usaha, menanam Alpukat mentega memang lebih menguntungkan. Apalagi, varietas ini mulai disukai oleh berbagai konsumen dari berbagai kalangan. Tidak heran bila sekarang penjualnya sudah cukup banyak. Apalagi, kalau sedang musim jumlahnya sangat berlimpah dan harganya cukup murah.

Hal lain mengapa petani lebih suka untuk menanamnya adalah jenis mentega sangat praktis dan mudah untuk ditanam di berbagai struktur tanah. Tidak heran bila banyak masyarakat lebih suka menempatkannya di halaman rumah saja.

Bagi Anda pencinta alpukat mungkin akan susah membedakan keduanya. Awas, penipuan sedang marak terjadi. Jadi, perhatikan benar perbedaan berikut ini, agar tidak menjadi korban berikutnya,

Daging yang lebih tebal

Pada buah Alpukat biasa, daging menjadi salah satu pilihan. Biasanya mempunyai ketebalan yang cukup sehingga, Anda puas menikmatinya. Sayangnya, saat memilih varietas mentega maka kondisinya jauh lebih tebal dibandingkan biasa.

Walaupun tidak mencapai 2 kali lipat. Namun ketebalan yang lebih ini sudah cukup puas. palagi yang sedang diet. Makan, satu buah saja sudah terasa sekali kenyangnya dan awet bertahan dalam waktu lama.

Dari segi tekstur juga terlihat berbeda. Jauh lebih lembut dan halus, tidak heran bila harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi. Harus diakui, perbedaan kualitasnya cukup jauh. lebih manis dan pasti ketagihan.

Bagi yang belum pernah menikmatinya, cobalah untuk segera mencarinya sejak sekarang. Para penjualnya sudah cukup banyak, Anda hanya tinggal pilih saja. Untuk bisa membedakannya memang cukup sulit.

Karena, Anda sendiri harus memperhatikan lebih. Contohnya pada jenis mentega terlihat dari perubahan warna yang dihasilkan. Biasanya dari warnanya dari hijau menuju kecokelatan bila sudah matang.

Sementara, untuk tipe biasanya tidak akan terpengaruh sama sekali dengan warna tersebut. jadi, saat warnanya hijau, bisa jadi saat dibuka ternyata dalamnya sudah matang atau justru sebaliknya. Untuk mengetahuinya cukup ditekan saja, bila sudah empuk pertanda siap untuk dinikmati.

Sulit menjadi busuk

Bukan hanya tebal saja, tetapi tekstur dagingnya juga tidak berair. Selain itu,  tampak lebih solid dibandingkan alpukat biasa. Dengan tekstur tersebut membuat varian mentega mempunyai kualitas lebih baik.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan sulitnya menjadi busuk pada daging. Perbandingannya dapat dilihat lebih dari satu atau dua hari. Walaupun dalam keadaan terbuka atau tertutup. Inilah alasan lain mengapa jenis mentega selalu diminati oleh semua orang.

Cita rasa lebih sempurna

Biasanya buah satu ini sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari jus, atau hanya dimakan begitu saja, sampai olahan menjadi menu lainnya. Perlu diketahui bahwa, penggunaan jenis mentega membuat cita rasanya jauh lebih terasa.

Mulai dari manis dan gurihnya begitu terasa. Tidak heran bila berbagai cheff profesional selalu mencarinya dan menggunakannya sebagai salah satu bahan terbaik. Apalagi, dalam memilihnya tidak begitu sulit karena, rata-rata mempunyai kualitas nomor satu.

Kulit keduanya berbeda tekstur

Jika, sulit dalam menentukan mana mentega dan biasa, maka cobalah lihat tekstur kulit keduanya. varian mentega memiliki tekstur lebih halus. Sementara, varietas biasa cenderung lebih kasar, coba saja disentuh akan terasa sekali perbedaannya.

Dengan begini, Anda tidak akan percaya dengan iklan lagi. Tetapi, cobalah melakukannya secara langsung. Perlu diketahui bahwa, jenis mentega biasanya akan matang dengan cepat. Jadi, saat dipetik ternyata masih mentah, tunggu saja satu atau dua hari.

Pemilihan Alpukat mentega dan biasa memang penting untuk diketahui. Bagaimana perbedaan keduanya sehingga, saat Anda membelinya tidak akan kecewa atau salah pilih karena, memang hasilnya jauh berbeda.