in

Pilihan Talenan Agar Mudah Dalam Memotong Bahan Untuk Memasak

Bagikan Artikel Ini

Salah satu peralatan di dapur yang harus dimiliki oleh Anda adalah talenan. Dimana fungsinya cukup banyak mulai dari menjaga mata pisau agar tidak tumpul dan nyaman digunakan. Sampai sebagai alas memotong agar potongannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Harus diakui, perannya memang sangat membantu. Apalagi, dalam ilmu memasak, potongan sebuah bahan sangat penting dan akan mempengaruhi bagaimana cita rasanya. Oleh karena itu, sebelum membelinya perhatikan dulu beberapa material berikut, beserta keunggulannya.

Talenan dari kayu

Pilihan pertama adalah terbuat dari kayu, dimana bahan tersebut cukup nyaman digunakan. Bahkan, mata pisau tidak membuatnya menjadi tumpul. Kekuatannya bisa diandalkan dan harganya sendiri terjangkau.

Menariknya, jenis ini mampu mengembalikan luka goresannya jadi, tidak akan ada yang tahu. Kekuatannya dalam menahan benda agar bisa dipotong harus diakui nomor satu. Perlu diperhatikan dalam menggunakannya tidak bisa di cuci.

Jangan lupa usahakan cutting board oil sebagai bagian dari perawatan. perlu diperhatikan untuk membersihkannya tidak boleh asal begitu saja Caranya, oleskan saja minyak tersebut ke bagian talenan yang kotor yang perlahan akan terkelupas dan Anda bisa membersihkannya dengan kain.

Talenan dari plastik

Pilihan berikutnya adalah talenan yang terbuat dari plastik. Sangat ringan dan hadir dalam berbagai macam warna menarik. Aman digunakan dan bila harus dicuci tetap nyaman digunakan. Hanya saja, sebelum membeli harap di periksa terlebih dulu.

Kandungan pembuatan yang disematkan untuk membuat peralatan dapur tersebut. Usahakan tidak terbuat dari BPA. Dengan begini, tidak ada satu racun yang akan menempel ke bahan makanan Anda.

Hanya saja untuk perawatannya, Anda bisa mencucinya setiap satu bulan sekali menggunakan air dengan suhu kurang lebih 65 derajat. dengan begini, seluruh kuman dan bakteri akan menghilang. Tetapi, jangan lebih dari suhu yang sudah ditetapkan karena, lebih dari itu bisa meleleh.

Talenan dari bambu

Termasuk produk yang paling disarankan untuk dibeli. Karena, ramah lingkungan selain itu mempunyai beberapa kelebihan yaitu anti bakteri dan retak. Menariknya bahan pembuatan dari jenis ini tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.

Tidak heran bila sekarang banyak ibu-ibu di Rumah mulai memilihnya. Kekuatannya cukup bagus, saat terjatuh masih tangguh dan kokoh. Bahan ini memiliki daya serap air paling sedikit sehingga, saat digunakan jauh lebih sehat.

Talenan dari Rubber

Talenan jenis rubber ini biasa ditemukan pada model terbaru. Cocok digunakan untuk berbagai kalangan karena, nyaman digunakan dan anti selip. Menariknya lagi, jenis ini mampu untuk menyembuhkan sendiri.

Artinya, saat terkena gores bila Anda memotong, beberapa kali kemudian, bekas sayatan tersebut tidak akan terlihat kembali. Selain itu, mampu melindungi mata pisau sehingga, awet dan mampu digunakan dalam jangka waktu panjang.

Untuk perawatannya tidak terlalu sulit. Cuci saja menggunakan sabun cuci piring. Kondisinya akan kembali bersih seperti semula. Untuk harganya sendiri hanya Rp30 ribu saja di berbagai toko baik offline atau online.

Talenan dari Silicon

Bagi para pemula, talenan terbuat dari silicon bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak menimbulkan bau karet atau bahan apa saja. Selain itu anti panas, tidak heran bila para chef profesional menyukai jenis ini.

Bagi Anda yang ada di Rumah mempunyai 2 sampai 3 jenis talenan sudah cukup. Tergantung pula dari seberapa sering memasak. Cara ini merupakan langkah terbaik untuk melakukan perawatan.

Walaupun awet dan tahan lama. Namun, tanpa perawatan yang baik dan benar hasilnya tetap akan sama saja. Jangan lupa sebelum membelinya, perhatikan dulu mulai dari harga, kebutuhan, kelebihan dan kekurangannya lebih jauh lagi agar, tidak kecewa setelah memakainya.