in

Ragam Jenis Sendok Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Bagikan Artikel Ini

Seperti yang diketahui bahwa, Sendok merupakan alat makan yang sering digunakan. Hanya saja, Apakah kamu tahu? Kalau peralatan ini sebenarnya punya berbagai jenis dan fungsinya juga berbeda-beda.

Dalam aturan Table Manner, mengenal berbagai jenis sendok beserta kegunaannya sangat penting. Hal ini bisa menunjukkan dimana pengetahuan Anda secara luas. Bahkan, bisa dijadikan sebagai kesan pertama dalam sebuah jamuan makan resmi.

Tidak hanya pelanggan saja bagi, Anda yang juga berkecimpung di dunia kuliner. Mengetahui beragam jenis dan kegunaannya juga tidak kalah penting. Jika, salah kredibilitas Restoran tersebut bisa dipertanyakan. Oleh karena itu, coba simak berbagai jenis sendok dan kegunaannya di bawah ini.

Serving Spoon

Sendok pertama yang harus diketahui adalah Serving Spoon. Dari namanya saja pasti Anda sudah tahu bukan? Bila jenis ini digunakan untuk memindahkan makanan ke piring. Ciri khasnya adalah mempunyai lengkungan lebih lebar.

Bila dilihat dari panjangnya kurang lebih 220 mm.  Meletakkannya di mangkuk atau tempat sayur dengan posisi tertidur. Usahakan gagang sendok berada didepan customers. Jadi, mereka bisa langsung mengambilnya. Jenis ini selalu digunakan oleh berbagai hotel dalam menyajikan menu prasmanannya.

Soup Spoon

Jenis selanjutnya untuk makanan berkuah, seperti sup, kaldu, atau soto dan masih banyak lagi. Ciri utamanya terletak pada bagian ujung. Bentuknya lebih bulat dibandingkan sendok lainnya. Untuk panjangnya kurang lebih 208 mm.

Beberapa restoran biasanya memberikan jenis ini sebagai alat makan sebuah sup. Terutama untuk resto western. Dimana, mereka menyediakannya hanya untuk menu pembuka saja. Untuk resto Indo atau chinese biasanya mereka punya dua yang pendek dan sedikit panjang.

Tea Spoon

Sendok teh ini biasa digunakan untuk takaran dalam memasak. Bentuknya kecil ukurannya hanya 153 mm saja. Jika, Anda memesan secangkir teh, sendok ini yang akan disajikan sebagi alat untuk mengaduk.

Tea Spoon juga bisa digunakan sebagai peralatan makanan khususnya untuk bayi. Karena, bentuknya mungil dan kapasitasnya juga tidak terlalu banyak. Hati-Hati, jangan sampai salah menggunakan dengan coffee spoon karena, dari segi bentuk hampir mirip.

Coffee Spoon

Sendok kopi memiliki panjang 138 mm saja. fungsinya untuk menikmati secangkir kopi. Harus diketahui, mencicip kopi berbeda dengan teh. Setiap orang harus menyesapnya. Oleh karena itu, dari segi bentuk sangat kecil.

Selanjutnya, hampir mirip dengan sendok kopi adalah sugar spoon. Dimana, untuk membedakannya sangat mudah. Karena, pada bagian depannya terlihat seperti cangkang. Seperti, fungsinya digunakan untuk mengambil gula. Saat disajikan ke pelanggan biasanya, dilengkapi dengan demitase cup.

Dinner Spoon

Sendok ini biasa digunakan sehari-hari. Ukuran panjangnya sendiri 218 mm. Bentuknya lebih panjang. Dimana pada bagian ujungnya terdapat cekungan dan lebih lebar. Jadi, sangat mudah digunakan untuk makan.

Biasanya, sendok ini akan diletakkan, di sebelah makanan yang sudah dilembari dengan kain agari tidak kotor dan menghadap ke bawah. Peletakannya berada di kanan tetapi, untuk berbagai menu yang mewajibkan konsumen memotong seperti daging steak. Maka, diletakkan pada bagian kiri bersama garpu.

Dessert Spoon

Terakhir, Anda akan disajikan sendok dessert. Beberapa restoran biasanya menyatukannya dengan ice cream spoon karena, dari segi ukuran sangat kecil. Apalagi, es krim juga digunakan sebagai hidangan penutup.

Ukurannya hanya 195 mm saja. Disajikan bersamaan dengan dessert yang akan keluar pada bagian akhir setelah menu makanan pembuka sudah selesai disantap. Bagaimana, sudah paham bukan beberapa jenis sendok.

Usahakan Anda mengerti bagaimana cara menggunakannya. Untuk jamuan makan malam resmi hal seperti ini sangat penting. Atau, Anda ingin bekerja di restoran? Pengetahuan ini bisa disimpan dan sedikit dihafalkan, hafal di luar kepala bisa jadi poin plus dan kesempatan diterima cukup besar.