in

4 Jenis Ventilasi Rumah Ini Buat Hunian Anda Anti Pengap

Bagikan Artikel Ini

Kunci hidup sehat bukan hanya dari kebiasaan sehari-hari saja, melainkan udara juga jadi faktor penting. Sudah banyak orang yang sakit, karena dalam rumahnya mempunyai kualitas udara yang buruk dan banyak mikroorganisme, bakteri hingga kuman bertebangan dimana-mana.

Ukuran mereka sangat kecil, hal ini membuatnya sulit dilihat oleh mata. Kondisi tersebut membuat beberapa penghuni rumah memanfaatkan air purifier sebagai solusi. Sayangnya, harga yang ditawarkan sangat mahal. Solusinya adalah membuat ventilasi sebagai sirkulasi.

Fungsi dari ventilasi ini mampu mengatur keluar masuk udara. Bukan hanya, membuat hidup sehat saja, kondisi ruangan jadi lebih segar dan tidak pengap. Oleh karena itu, pastikan saat membangun Rumah Anda memikirkan bagian tersebut.

Jenis Ventilasi Rumah yang Buat Udara Segar

Penambahan ventilasi ini harusnya sudah dipikirkan saat Anda mulai menggambarnya.  Selanjutnya, dipikirkan kembali setelah bangunan sudah berdiri dan sudah dalam tahap akhir atau finishing.

Pilihan jenis ventilasi ini cukup banyak, salah satunya adalah jendela. Jenis ini memang sering digunakan untuk berbagai hunian. Hanya saja, ada kelemahan yang harus jadi catatan penting. Efektivitasnya kurang lebih 20% saja, biasanya jenis ventilasi ini ukurannya tidak begitu besar.

Selain jendela, Anda juga bisa memilih berbagai jenis ventilasi lainnya. Berikut, beberapa rekomendasi pilihannya.

Jenis Ventilasi Loster

Loster menjadi jenis pertama yang dapat dipilih, fungsinya tidak Cuma satu saja. Bisa juga digunakan sebagai bagian dari dekorasi. Desainnya cukup unik dan menarik, ciri utamanya adalah polanya berupa celah.

Beberapa orang sering memanfaatkannya sebagai sekat rumah atau juga pagar. Terbuat dari bahan berupa kayu, semen, serta keramik. Memanfaatkannya akan memberikan sistem sirkulasi yang baik sehingga, dari segi suasana lebih segar.

Jenis Ventilasi Mekanis

Ventilasi mekanis biasanya digunakan sebagai inspirasi hunian modern dan di perkotaan.  Salah satu ciri utamanya adalah menggunakan exhaust atau penghisap. Diletakkan pada bagian plafon.

Apakah menjamin kualitas udaranya bersih? Jawabannya adalah iya, karena udara yang akan masuk ke ruangan tersebut akan diekstrasi. Hasilnya baru dikeluarkan dengan kualitas yang sangat bagus, menariknya exhaust ini mampu menjadi penangkap serangga serta debu.

Jenis Ventilasi Dengan Gaya Skylight

Skylight atau jendela di atap Rumah memang tampak mengesankan dan membuat suasana sangat menarik. Kreasi ini bisa digunakan untuk menghemat listrik, terutama pada siang hari, karena sinar matahari bisa saja masuk ke dalam Ruangan

Ventilasi dengan gaya seperti ini membuat desain interior Rumah terlihat unik. Biasanya, digunakan untuk ruang tengah atau keluarga. Hanya saja, dalam proses pemasangan tidak boleh sembarangan, sehingga mudah dalam menggunakannya. Bahan yang digunakan adalah alumunium serta tempered glass.

Jenis Ventilasi Udara Dari Bambu

Menggunakan bambu menjadi salah satu kreasi yang bisa digunakan agar sirkulasi udara tetap lancar keluar masuk. Menggunakan jenis ini Anda harus memadukannya dengan desain interior alam atau nature.

Secara keseluruhan, ventilasi mempunyai desain yang cukup unik. Biasanya digunakan untuk desain gaya pedesaan. Suasananya, membuat Rumah Anda sangat sejuk. Menggunakan jenis ini, dapat dilakukan di berbagai ruangan seperti, kamar mandi serta ruang tamu.

Menentukan bagaimana jenis ventilasinya ini sangat penting. Agar sirkulasi udara tetap berjalan baik. Karena, kuman, bakteri, dan berbagai mikroorganisme ada dimana-mana. Mereka bisa saja akan terhirup dan menimbulkan berbagai penyakit.

Anda bisa memilih di antara 4 pilihan di atas. Hanya saja, perhatikan dulu tata ruang hunian Anda agar tidak mengganggu pandangan. Sistem ventilasi sangat diperlukan sebagai bagian dari menjaga pola hidup yang baik.