in

Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel

Bagikan Artikel Ini

Salah satu masalah yang kerap terjadi di Rumah adalah munculnya kerak, tertama, di bagian kamar mandi. Kondisi seperti membuat pandangan menjadi kurang nyaman. Jika, dibiarkan terus-menerus akan muncul berbagai kuman penyakit.

Kerak muncul karena, adanya sisa kotoran, sabun, jamur, sampai dengan lumut, mengendap di terlalu lama di keramik. Untuk mengatasinya Anda harus rutin membersihkannya dengan cara disikat.

Tidak cukup sampai disitu saja. Setidaknya, setiap satu bulan sekali cobalah untuk menambahkan beberapa bahan yang sudah terbukti ampuh mengatasi masalah tersebut. Berikut penjelasan singkat serta cara menggunakannya.

Menggunakan Cairan Cuka

Bahan pertama yang dapat digunakan adalah cairan cuka. Salah satu bumbu dapur ini memang dikenal mampu mengatasi permasalahan Kamar Mandi Anda. Cukup hanya satu kali pemakaian saja sudah bersih begini, caranya

  • Persiapkan botol semprot dan cairan cuka.
  • Masukkan cairan tersebut dan larutkan menggunakan air tetapi, jangan terlalu banyak agar kandungannya tidak menghilang.
  • Semprotkan cairan ini ke seluruh keramik yang akan dibersihkan.
  • Jangan langsung dibersihkan tunggu dulu kurang lebih 10 menit hidupkan dengan kran air panas
  • Uap panas akan membantu melarutkan berbagai lapisan kerak yang menempel.
  • Setelah 2 menit kemudian, cobalah siram kembali dengan air panas
  • Setelah ditunggu satu menit lap keramik menggunakan spons basah
  • Bilas dulu, lalu bersihkan handuk sampai kering
  • Gunakan car wax dan usap dengan cara melingkar agar terlihat lebih kinclong dan mengkilap

Cobalah Menggunakan Kaporit

Langkah kedua adalah memakai Kaporit, mempunyai kandungan disinfektan air yang mampu digunakan untuk membersihkan keramik kusam. Cara melakukannya cukup mudah. Siram dulu seluruh area kamar mandi menggunakan air panas.

Sebarkan bubuk kaporit dan tunggu sampai 30 menit. Selanjutnya, gosok kamar mandi dan sikat hingga bersih. Terakhir, bilas menggunakan air bersih. Membeli bahan ini sangat mudah cukup pergi saja ke toko obat kimia.

Keunggulan menggunakan bubuk ini adalah mampu melunturkan berbagai macam kerak walaupun, sudah lama menempel. Namun, tidak bisa satu kali membutuhkan beberapa kali dan bertahap.

Menggunakan Asam Sitrat 

Langkah berikutnya adalah menggunakan Asam Sitrat atau bahan kue. menurut beberapa penelitian, kandungannya mampu membersihkan kerak yang ada di kamar mandi. Keunggulan dari Asam Sitrat adalah aman serta aman jika terkena kulit. Berikut caranya,

  • Gosok dulu kamar mandi menggunakan batu apung atau air detergen
  • Bilas keramik menggunakan air sabun sampai bersih
  • Taburkan asam nitrat ke keramik yang berkerak saat kondisi lantai masih basah
  • Tunggu dulu kurang lebih satu jam
  • Gosok menggunakan sikat dan bilas dengan air

Perlu diketahui bahwa, kandungan asam sitrat tidak seperti kaporit atau lainnya yang terlalu keras. Jadi, bisa diulangi setidaknya dua sampai tiga kali. Bisa digunakan setiap dua minggu sekali.

Membuat Cairan Pembersih Sendiri

Terakhir, Anda bisa membuat cairan pembersih sendiri caranya sebenarnya mudah. Cukup sediakan cairan pencuci piring. Masukkan ke dalam botol. Tambahkan sedikit air. semprotkan ke seluruh bagian kamar mandi.

Gosok keramik menggunakan sikat sambil disemprot lalu bilas menggunakan air bersih. Jika, memang kerak masih membandel tambahkan amonia ke dalam botol. Kemudian, gosok hingga menghilang lalu, siram dengan air sampai bersih.

Sebelum membersihkan kerak dengan berbagai bahan diatas usahan perhatikan dulu kadarnya seperti apa. Jangan langsung digunakan karena, ada yang tidak bagus jika terkena kulit dan dapat menyebabkan iritasi.

Bahan tersebut juga bisa digunakan sebagai salah satu upaya melakukan perawatan. Gunakan saja setiap satu atau dua bulan sekali agar kondisi kamar mandi tetap sehat, bersih dari kuman penyakit.