in

Inspirasi Honai Sebagai Bagian Dari Desain Rumah Anda

Bagikan Artikel Ini

Ada banya inspirasi model rumah yang keren dan menarik untuk dilihat atau langsung diaplikasikan ke hunian Anda. Salah satunya datang dari Rumah Adat bila, Joglo sudah terlalu mainstream mengapa, tidak mencoba Honai saja.

Rumah Adat Papua ini tampak mengesankan dan cocok bagi Anda yang punya keluarga banyak. Bisa dijadikan sebagai salah satu kamar yang terhubung dengan Ruangan Induk atau dijadikan sebagai konsep utama. Dari segi arsitekturnya sangat kerena.

Akan lebih bagus lagi, bila dipadukan dengan taman hijau. Jadi, saat bangun pagi udara sejuk langsung terasa. Tetapi, sistem pembangunannya tidak dibuat autentik. Sedikit modifikasi di beberapa bagian.

Ada beberapa fakta menarik yang dapat Anda pertimbangkan membangun Honai menjadi salah satu inspirasi kamar tidur baik untuk keluarga kecil atau seluruh saudara. Berikut penjelasan, mengapa Rumah Adat Papua ini layak jadi perhatian.

Inspirasi Lain Rumah Minimalis

Bila dilihat secara sepintas, bentuknya memang sederhana dan tidak perlu banyak lahan walau tergantung juga dengan ukurannya. Ini sudah jadi satu poin penting dulu. Di mana bagi yang tidak punya lahan luas.

Memilih Honai adalah solusi yang tepat. Walau perlu diakui bentuknya memang kurang menarik. Namun, cukup instagramable bila Anda sedikit mengubahnya dengan penampilan modern di lahan perkotaan.

Fakta menariknya, rumah ini bisa menampung banyak orang. Lalu, apakah hunian Anda bisa? Mengapa tidak. Bentuk rumah minimalis bila diset ke dalam Honai hasilnya sama saja. Memang, sedikit aneh dan tidak mungkin.

Hal ini terjadi karena, belum ada satu orang atau kontraktor yang membangunnya. Bila dilihat dari aslinya, hanya ada satu ruangan saja yaitu tempat perapian dan untuk berkumpul. Lalu, dengan rumah minimalis apa bedanya?

Biasanya, konsep ruang tamu dan keluarga dijadikan satu. Sekaligus dengan dapur, dan ruang makan. Kamar tidur sendiri dan kamar mandi ada di luar. Konsep Honai seperti ini memberikan ruang yang lebih luas untuk keluarga.

Lalu, di mana ruang tamu? Anda bisa menempatkannya di bagian luar jadi, tambahkan saja sedikit tempat dilengkapi pelindung hujan atau panas, agar saat berbincang tetap terasa nyaman.

Inovasi Untuk Honai Modern

Aturan pakem honai adalah tidak memiliki jendela, Karena, kawasan Papua sendiri adalah hutan di mana banyak hewan buas berkeliaran. Menggunakan jendela akan sangat membahayakan. Tetapi, berbeda bila di kota, pasti aman.

Untuk atapnya sebenarnya sudah cukup bagus dengan jerami dan beberapa bahannya terbuat dari kayu. Tetapi, satu hal yang harus diperhatikan adalah, bahan tersebut lebih mudah terbakar oleh api.

Jadi, lebih baik Anda menggantinya saja, begitu pula dengan atapnya. Tetapi, jangan sampai mengubah desain tampilannya. Harus tetap sama persis agar terkesan honai asli tetapi, dimodifikasi untuk hunian perkotaan.

Rumah Adat Papua mampu menampung banyak orang tetapi, perempuan tidak diizinkan untuk masuk walau suami dan istri secara sah. Anda bisa menerapkannya ke dalam hunian. Jadi, dijadikan sebagai bagian dari kamar.

Bila Ada keluarga yang datang bisa ditempatkan dalam Honai ini. Di mana, lelaki dan perempuan dilarang bercampur. Di Tanah Papua, Rumah Adat ini menjadi sebuah harga diri dari penghuninya sendiri.

Selain itu menempatkan pintu Rumah harus disesuaikan dengan arah matahari terbit dan tenggelam. Hal ini menunjukkan kewaspadaan dan kesiapan bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Konsepnya bisa Anda adaptasi atau sedikit diubah.

Rumah Adat Papua sudah dikenal sejak zaman dulu. Tidak ada salahnya dicoba sebagai bagian dari arsitektur baru hunian modern di kota. Tidak perlu lahan terlalu luas, jadi, sisanya bisa Anda gunakan untuk taman atau garasi. Bagaimana, tertarik dengan Honai?