in

Mengenal Apa Itu Tenor Dalam Sistem Perkreditan Rumah

Bagikan Artikel Ini

Pembayaran kredit sekarang sering dijadikan sebagai sebuah pilihan masyarakat. Karena, relatif ringan setiap bulannya. Walaupun, bila dihitung secara keseluruhan Anda sebenarnya mengeluarkan biaya lebih besar dibandingkan harga asli.

Tetapi, hal tersebut tidak dipedulikan karena, kemudahan yang diberikan membuat banyak orang seakan terhipnotis dan berbondong-bondong memanfaatkan layanan ini. Tetapi, sebelum Anda melanjutkan keinginan untuk mengambil sesuatu dengan kredit.

Ada satu hal yang wajib untuk diperhatikan dan dipelajari agar tidak salah dalam merencanakan anggaran untuk keperluan lainnya. Istilah yang harus dijadikan perhatian adalah Tenor.

Menurut pengertiannya Tenor merupakan jangka watu dari pinjaman yang Anda ajukan. Misalnya, pinjam Rp10 juta, ada tenggat waktu yang diberikan untuk melunasinya. Apakah 1 bulan sampai 5 tahun. Hal ini berfungsi menentukan jumlah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Biasanya pihak bank akan memberikan daftar pembayarannya. Apakah memilih waktu singkat dengan biaya cicilan tinggi tetapi, cepat selesai. Atau, ringan hanya saja waktunya sangat lama. Usahakan sesuaikan dengan kemampuan Anda tetapi, lihat pula kebutuhan yang lain terlebih dulu.

Tenor Panjang dan Pendek

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, Tenor ini adalah waktu pelunasan. Dibagi menjadi dua jangka panjang. Bisa mencapai 30 tahun, hanya saja tidak semua orang bisa mendapatkan Tenor yang panjang seperti ini.

Pihak bank pasti akan melihat rekam jejak Anda terlebih dulu. Terlalu lama uang di luar juga mengandung risiko cukup besar bagi bank tersebut. Bila ditengah jalan tidak mampu untuk membayar lalu bagaimana?

Tidak heran bila tenor yang panjang ini akan disertai dengan persyaratan cukup ketat. Serta butuh waktu lama. Banyak dokumen pribadi harus diajukan terlebih dulu. Sebelum menerima keputusan diterima atau tidak pengajuan kredit tersebut.

Pilihan selanjutnya adalah pendek maksimal 5 tahun. Di mana untuk pengajuannya sendiri cukup mudah syarat dan ketentuannya tidak terlalu rumit seperti jangka panjang. Tetapi, konsekuensinya Anda harus membayarnya lebih mahal.

Angkanya bisa jadi, hampir separuh bila dihitung secara total dari harga jual yang ditawarkan. Tetapi, secara keseluruhan Tenor pendek menguntungkan Anda agar bisa melunasinya lebih cepat dari tempo yang ditentukan.

Tips Dalam Menentukan Tenor

Menentukan Tenor sebenarnya adalah cara terbaik mengatur keuangan Anda kedepan. Karena, kebutuhan semakin hari akan bertambah. Minimal sama tetapi, untuk berkurang sangat tidak mungkin kecuali, bila ada yang dikurangi,

Dalam menentukan berapa tenornya usahakan untuk pelan-pelan dan jangan terburu-buru. Lihat satu KPR dengan yang lainnya. Cari harga paling murah tetapi, kualitas tetap nomor satu. Bila selisihnya Rp300 ribu dengan fasilitas lengkap, sepertinya tidak jadi masalah untuk diambil.

Setiap KPR pasti punya daftar pembayaran disertai dengan jangka waktu serta DP. Usahakan Anda mempunyai informasi tersebut 3 sampai 4 perusahaan berbeda. Lakukan perbandingan secara detail.

Bila sudah menemukan angka, bandingkan dengan gaji yang diterima setiap bulan diserati dengan kebutuhan pokok. Misalnya, ada susu untuk anak, beras, sabun, dan lain sebagainya. Jangan terlalu memaksakan diri.

Perlu diingat satu rumus yang bisa meringankan dalam menentukan Tenor adalah lihat kemungkinan di masa depan. Artinya, bila menentukan untuk memilih Tenor panjang. Apakah Anda siap membayar rutin sampai lunas.

Misalnya, terjadi pandemi lagi, hingga akhirnya keluar dari pekerjaan faktor yang tidak terduga seperti itu harus dimasukkan. Terakhir, cobalah melebihkan uang saat pembayarannya.

Contohnya, Tenor yang harus dibayar Rp300 ribu, tambahkan menjadi Rp330 ribu. Lihat apakah angka itu Anda mampu atau tidak. Mengapa harus menambah 10%? Agar segera lunas dan beban Anda bisa berkurang,

Menentukan Tenor sangat penting, jangan lihat hari ini yang masih bisa bekerja. Lihat beberapa tahun belakang, apakah tubuh masih kuat atau ada pandemi yang mengancam pekerjaan Anda atau tidak. Dengan begini hutang akan terbayar lunas sampai akhir.