in

Ragam Jenis Cat Beserta Kegunaannya, Jangan Sampai Salah Beli!

Bagikan Artikel Ini

Cat adalah komponen penting yang harus diperhatikan setiap pemilik Rumah Agar hunian mereka terlihat bagus sempurna. Hanya saja, jangan sampai salah dalam membeli. Karena, semua produk yang dijual dipasaran tersebut punya jenis dan kegunaannya masing-masing.

Misalnya, Anda membeli Cat Duco. Dimana, beberapa bengkel mobil sering menggunakannya untuk memberikan sentuhan warna pada body kendaraan. Sehingga, banyak yang mengira bahwa, jenis ini dikhususkan untuk mobil saja.

Jenis ini sebenarnya merupakan Cat bangunan tetapi, karena fungsinya untuk menghaluskan logam dan kayu. Maka, banyak bengkel menggunakannya. Dari segi hasil cukup bagus dan mampu memenuhi harapan para pelanggannya.

Tidak hanya Duco saja, masih banyak sekali jenis cat serta kegunaan. Berikut akan kami sampaikan dibawah ini, sesuai dengan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya.

Cat Melamic, Polyurethane, dan Stoving

Selain Duco, dipasaran juga dijual jenis Melamic. Bisa digunakan untuk bagian luar Rumah. Mengandung bahan resin amino dan alkyd sehingga, cocok digunakan untuk kayu mampu menghaluskan serta meratakan.

Tidak hanya itu saja, produk tersebut membuat Kayu semakin tahan lama. Penggunaannya membuat hasil akhirnya tampak glossy dan mengkilap. Cocok untuk pintu atau kursi yang terbuat dari kayu.

Selanjutnya, adalah Polyurethane atau disebut juga dengan PU. Cat bangunan ini biasanya digunakan sebagai tahap akhir. Agar menimbulkan kesan glossy serta mengkilap. Bisa dikatakan jenis ini tergolong premium.

Mempunyai kualitas tinggi begitu pula dengan harga yang ditawarkan. Fungsi lain yang didapatkan adalah mampu tahan terhadap panas dan bahan kimia yang tanpa sengaja menempel di bangunan.

Dengan menggunakan jenis ini dijamin bangunan Anda anti karat, goresan, serta kuat. Ketahanannya memang sudah diuji tidak salah beberapa perumahan kelas atas selalu menggunakannya sebagai pilihan terbaik.

Ada lagi stoving, dari segi namanya kurang begitu dikenal dan didengar. Hal ini memang tidak salah karena, fungsinya bukan untuk bangunan. Lebih ke bagian Industri seperti elektronik, mewarnai tabung gas, dan berbagai barang yang terbuat dari logam.

Agar hasilnya bagus, sebelum digunakan biasanya cat tersebut akan di oven terlebih dulu. Karena, kerumitan inilah setiap pemilik Rumah jarang memanfaatkannya. Karena, butuh oven yang sangat besar.

Cat Zinc Chromate Primer, Emulsi Styrene Acrylic. Alkyd Syntetic, Thermoplastic

Jenis selanjutnya ada Zinc Chromate Primer fungsinya untuk memberikan warna pada pagar besi. Kemampuannya dalam melindungi korosi cukup hebat. Tidak heran bila banyak pemilik Rumah mengincarnya. Tidak hanya melindungi dari Korosi saja, setelah dilapisi pagar besi lebih awet dan tahan lama.

Berikutnya, ada Emulsi Styrene Acrylic dimana fungsi sebagai pelindung untuk berbagai material sebagai beton, asbes, batako, triplek sampai plesteran. Setelah menggunakannya rembes saat terkena karena, adanya pori-pori dapat menutup dan permasalahan tersebut selesai.

 Jenis selanjutnya adalah Alkyd Syntetic biasa digunakan untuk objek diluar ruangan. Hasil akhir menggunakan jenis ini mengkilap dan glossy. Menariknya, setelah menggunakan barang cenderung lebih tahan lama. Tahan terhadap cuaca ekstrim serta anti jamur. Cocok juga digunakan untuk kayu dan besi.

Selain Alkyd Syntetic dipasaran juga menyediakan Cat Thermoplastic. Biasanya dimanfaatkan untuk Jalan raya, bukan bangunan seperti Rumah. Sifatnya yang tahan panas dan tidak mudah terkelupas jadi pilihan yang paling tepat.

Cat Epoxy dan Wall Sealer

Cat bangunan Epoxy memiliki kandungan resin sangat kuat. Fungsinya melindungi berbagai material sifatnya cukup lengket dimana tersedia dalam tiga pilihan yaitu lem, injection, dan dempul. Sementara, yang jadi pilihan terakhir adalah Wall Sealer.

Mempunyai berbagai fungsi sebagai lapisan dasar. Jadi, sebelum diberikan cat utama. Biasanya tukang melapisinya terlebih dulu dengan cat ini agar pori-pori yang ada di dalam dinding akan tertutup.

Selain itu, hasil akhirnya sangat halus sehingga, proses pengecatan kedua terasa lebih mudah. Cukup banyak bukan jenis cat yang ada dipasaran? Jangan sampai salah pilih karena, hasilnya pasti akan berbeda.