in

Rumah Radakng, Inspirasi Hunian Dari Kalimantan Barat

Bagikan Artikel Ini

Indonesia mempunyai banyak Rumah Adat yang berdiri, baik sudah punah atau masih bertahan dan digunakan sebagai konsep inspirasi modern. Misalnya, Joglo yang sata ini difungsikan sebagai tempat santai di halaman depan atau belakang.

Di antara semua bentuk Rumah Adat tersebut, ada satu hal yang unik. Dimana, dalam pembangunannya mengandung makna dan filosofi sangat kuat.  Mulai dari menjaga kerukunan dan persatuan.

Sampai mengobarkan semangat untuk kerja keras dalam menghidupi keluarganya. Hal tersebut bisa dilihat saat posisi Hulu pada Hunian ini harus searah dengan Matahari terbit. Sementara untuk Hilir searah dengan posisi senja.

Makna yang terkandung adalah tidak akan pulang sebelum matahari terbenam. Semua itu adalah pelajaran hidup seseorang agar tetap berusaha dan bekerja keras. Filosofi seperti ini hanya ada di Rumah Radakng, Kalimantan Barat.

Fakta Unik Lainnya

Rumah Adat Kalimantan Barat ini sudah berdiri sejak lama. Sayangnya, saat ini sudah hampir punah karena, bentuknya yang tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Dimana mempunyai panjang hampir 70 m Bahkan, ada yang mencapai 300 m.

Tingginya berada di kisaran 7 hingga 8 meter. Terakhir kali warga Kalimantan membangunnya pada tahun 1960. Saat ini untuk melihatnya sudah sangat sulit sekali. Tidak hanya bentuknya yang panjang saja.

Tetapi, jumlah penghuni satu rumah ini bisa mencapai 60 KK. Dimana, ada tetua adat yang biasanya akan tinggal di bagian tengah Rumah. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana ramainya Rumah ini.

Harus diakui bahwa, dataran Kalimantan masih banyak hutan dimana, hewan buas masih berkeliaran dimana-mana. Inilah perannya Hunian tersebut dibangun tinggi. Selain mampu melindungi diri dari hewan buas ada, juga banjir yang siap menyerang kapan saja.

Rumah Radakng juga punya ornamen yang sangat menawan dan menarik. Motif lukisannya bisa juga dipilih sendiri karena, coraknya cukup banyak. Ada tumbuhan, hewan, bunga dan masih  banyak lagi.

Apakah Bisa Menjadi Inspirasi Untuk Rumah Modern?

Jika, banyak yang bertanya apakah bisa Rumah panjang tersebut dijadikan sebagai salah satu konsep untuk hunian Anda?  Jawabannya bisa, perlu diingat konsepnya adalah 300 meter untuk beberapa kepala keluarga.

Jadi, kalau hanya sendirinya pastinya tidak harus sepanjang itu. Tetapi, bentuk panggungnya masih tetap dipertahankan. Agar tidak terlalu membuang lahan, bagian bawah bisa digunakan sebagai garasi atau untuk keperluan lainnya.

Agar terkesan lebih natural Anda dapat mengenakan konsep alam dengan penambahan material kayu. Untuk warna cat lebih disarankan putih atau biru. Jangan lupa perbanyak jendela dan ventilasi agar ada sirkulasi udaranya .

Paling penting jika, terinspirasi dan ingin membuatnya seperti ini. Gunakan Kayu dengan jenis Ulin. Daya tahannya lebih bagus dan tahan lama bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Bahkan, selisihnya bisa mencapai lebih daru 3 tahun.

Lalu, bagaimana filosofi yang dipercaya oleh masyarakat Dayak Tersebut? Tenang, tetap dijalankan saja tidak ada ada masalah. Karena, menurut medis kondisi tersebut sangat disarankan agar tubuh memiliki tetap sehat dan konon lebih berenergi dibandingkan sebelumnya.

Masalah corak jangan khawatir, Karena, Anda bisa menirunya pula. Corak bisa ditaruh pada dinding atau di tangga. Semua tempat sangat cocok hanya saja, bagaimana Anda mampu menari perpaduan corak serta warna secara keseluruhan.

Perlu diingat, pada saat membangun tangga jika, ini benar-benar autentik maka, Anda harus membangunnya dalam jumlah ganjil. Setidaknya memiliki standart 90 cm sampai 120 cm. Tangga lebar juga bagus terutama untuk anak-anak  dan membuat kaki terasa lebih nyaman saat naik dan turun.

Rumah radakng adalah inspirasi terbaik untuk hunian Anda. Dengan berbagai filosofi yang mengikat didalamnya. Karena, hunian ini sudah langka dan bahkan punah. Tidak ada salahnya Anda menggunakannya terutama, untuk lahan terbatas, bentuk panggung bisa jadi solusi.