in

Tips Memilih Gorden Untuk Rumah Anda

Bagikan Artikel Ini

Gorden menjadi komponen penting sebuah Rumah. Bukan hanya sebagai penutup jendela dan menjaga privasi saja. Pemilihan yang tepat membuat nilai estetika sebuah interior akan meningkat, selain itu Tirai tersebut juga bisa menjadi alat pengukur kualitas hingga kuantitas cahaya yang masuk ke dalam.

Melihat pentingnya Gorden bagi sebuah hunian, Anda tidak boleh sampai salah memilihnya. Apalagi, saat ini ada banyak pilihannya dan hampir semuanya bagus mulai dari warna, corak, sampai harga.

Jangan terburu-buru dalam menjatuhkan pilihan. Walau terlihat bagus digambar tetapi, belum tentu bagus saat sudah digunakan. Kondisi ini bisa terjadi karena, Anda tidak memperhatikan berbagai faktor penunjangnya. Berikut, ulasan singkat mengenai cara memilih gorden yang tepat.

Melihat Material Hingga Tingkat Transparansi

Poin pertama dalam memilihnya adalah memilih material atau bahan kainnya seperti apa. Hal ini berpengaruh besar pada daya tahannya. Semakin bagus kualitasnya, maka daya tahannya juga sangat tinggi.

Oleh karena itu, cobalah memilih kain yang tepat. Bisa diukur dari tingkat transparansi Gorden, memiliki 3 tingkatan meliputi,

  • Vitrase, kainnya cukup tipis dengan begini, sinar matahari bisa masuk ke dalam walau ditutup, cocok digunakan untuk ruang tamu atau santai.
  • Semi Blackout, menjadi pilihan banyak keluarga di Rumah, transparansinya cukup bagus karena, sinar matahari masih bisa masuk dan tingkat privasi masih terjaga.
  • Blackout, jenis terakhir ini sangat tebal, cocok digunakan untuk kamar utama yang membutuhkan keamanan bagi penghuninya.

Model yang Diinginkan

Poin selanjutnya adalah menentukan model. Inilah alasan mengapa saat diaplikasikan ke Rumah hasilnya akan berbeda dengan di gambar sebelum membeli. Karena, dalam foto hanya menampilkan satu sisi gorden saja.

Tetapi, mereka tidak menampilkan keseluruhan ruangannya. Ada dua model yang dapat dipilih yaitu panel pair, dua gorden yang dapat dibuka dua arah, atau single panel dimana membukanya hanya satu arah saja.

Jika, ingin terlihat lebih klasik. Cobalah memilih window treatment set atau berupa penutup sistem pengait. Tentukan pilihan dengan melihat bagaimana desain interiornya, vintage, nature, atau lainnya.

Sesuaikan Warna Interiornya

Agar terlihat menarik, Anda harus memadukan dengan benar warna dari cat tembok dan gorden hingga coraknya seperti apa. Usahakan memilih dengan corak yang cerah dari sisi psikologi, mampu mempengaruhi suasana di dalam kamar.

Semakin terang, mood saat masuk akan berubah. Sebenarnya, gelap juga bagus. Hanya saja, saat dipadupadankan dengan cat tembok harus serasi, Pemilihan lampu serta properti juga harus tepat agar tidak terlihat sangat gelap.

Atau coba saja memakai warna netral, dimana efeknya memberikan kesejukan dan ketenangan. Saat cuaca panas diluar, masuk ke dalam kamar jadi sedikit lebih dingin, walaupun tidak menggunakan pendingin ruangan sama sekali.

Mengukur Seberapa Panjang Kebutuhannya

Poin ini sangat penting juga untuk diperhatikan dimana, ukurannya harus dihitung tanpa ada kesalahan sama sekali. Lebih baik dipanjangkan 1 cm dibandingkan terlalu pendek. Tetapi, kalau bisa harus pas serta sesuai.

Terlalu pendek membuat estetikanya kurang bagus begitu pula terlalu panjang. Oleh karena itu mengukurnya harus tepat berapa panjang serta lebarnya. Ditambah beberapa cm juga boleh asalkan tidak mengganggu pandangan.

Biasanya, beberapa penghuni Rumah akan memasang Gorden tersebut 15 cm kebih tinggi di atas jendela. Fungsinya menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi. Cukup rumit bukan dalam memilih komponen yang tepat untuk Rumah ini

Semua itu terjadi agar estetika atau nilai keindahan sebuah Rumah tidak hancur karena, salah pembelian atau penempatan. Bagi sebagian orang, Hunian merupakan karya seni terbesar dimana, mereka ingin semua orang yang melihatnya merasa terkesan.

Tidak harus mewah, sederhana saja asalkan pemilihannya tepat, pasti tampilannya berbeda. Termasuk dalam memilih gorden yang menentukan apakah ruangan tersebut tampak sempurna atau buruk.