in

Begini Cara Memelihara Burung Parkit Untuk Para Pemula

Bagikan Artikel Ini

Salah satu alasan memelihara Burung parkit adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya seperti lovebird atau jalak. Apalagi, bila Anda memutuskan untuk memelihara dan mengembang biakannya pasti akan mendapatkan keuntungan besar.

Sebagai hewan peliharaan, parkit termasuk yang jinak dengan warna bulu menarik. Merupakan jenis sosial, jadi lebih menyuai hidup berkelompok. Ciri khas utama dari fauna satu ini adalah suaranya.

Saat berkicau membuat hati menjadi tenang, nyaman, dan damai. Suasana Rumah menjadi semakin asri dan mampu menjernihkan pikiran. Bagi Anda yang ingin merawatnya, perhatikan dulu beberapa teknik di bawah ini.

Gunting kuku dan bulu secara intensif

Burung parkit sangat senang untuk diperhatikan, oleh karena itu cobalah menggunting kuku dan bulu. Semakin mendapatkan perhatian, hewan tersebut menjadi sangat jinak. Tetapi, hati-hati sebelum melakukannya.

Hewan peliharaan ini termasuk dalam kategori memiliki jumlah darah yang sedikit. Jadi, jangan sampai saat menggunting kuku mengenai bagian pembuluh darahnya, Lebih disarankan melakukannya ke dokter yang lebih mengerti anatominya.

Jika, hendak melakukannya secara mandiri. Pastikan Anda mengikuti semua arahan dari dokter. Dengan begini, kemungkinan untuk memotong bagian yang salah sangat kecil.

Memastikan makanannya terpenuhi

Salah satu syarat agar makhluk hidup dapat bertahan adalah memastikan asupan makanannya terpenuhi. Apalagi Burung parkit yang memiliki metabolisme cukup aktif, bila dalam kurun waktu 24 jam tidak diberikan makan, bisa saja mati.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan asupan makanannya terjaga dengan baik. Lebih disarankan menggunakan pelet segar atau biji. Lakukan pengecekan secara rutin, bila perlu setiap pagi dan lihat apakah masih atau perlu ditambah,

Tidak hanya dua menu di atas saja, bisa juga divariasi menggunakan telur matang, buah-buahan, sayuran, dan keju parut. Tetapi, perlu diperhatikan bila menggunakan selingan ini jangan terlalu sering, akibatnya burung parkit berada dalam kondisi kurang baik karena, terlalu banyak konsumsi yang mengandung kadar air tinggi.

Menjaga kebersihan kandang

Salah satu upaya agar Burung parkit terlihat sehat, segar dan lincah adalah kebersihan dari kandang. Oleh karena itu, rutin setiap dua hari sekali maksimal untuk membersihkan sisa makanan, tempat air minum, dan seluruh kandangnya.

Dengan begini, Anda meminimalisir hadirnya bakteri dan lumur yang bisa berkembang biak dan membuat hewan peliharaan Anda sakit. Agar kondisinya tetap terjaga, berikan cuttlebones di kandang sebagai penambah kalsium.

Penambahan bahan tersebut juga berpengaruh terhadap pertumbuhan Paruh agar tidak berlebihan. Perhatikan pula, ukuran kandangnya, jangan terlalu sempit atau besar. Semuanya harus ideal seperti, ukurannya sendiri mulai dari panjang 14, tinggi 16, dan lebar 17 inchi.

Tambahkan kayu agar bisa digunakan bertengger hal ini membuatnya merasa bahagia. Selain itu, usahakan memberikannya beberapa permainan, mungkin dengan membangun sebuah tangga, serta diberikan lonceng.

Perhatikan pula tempatnya, hewan peliharaan ini sangat sensitif dengan suhu. Jadi, jangan taruh di tepat yang banyak angin, Usahakan berikan ruang khusus, dimana kondisi ruangannya dapat terjaga sepanjang waktu.

Rutin memandikan setiap hari

Jangan lupa untuk memandikannya setiap hari, kegiatan ini cukup disukai oleh Burung parkit, dengan begini Anda dapat membangun sebuah chemistry. Caranya cukup mudah, semprotkan saja ke seluruh area tubuhnya.

Usahakan melakukannya sebelum matahari terbit selanjutnya, mulai menjemurnya setidaknya 30 menit sampai 1 jam lamanya. Aktivitas tersebut dapat dilakukan setiap hari, karena parkit menyukai kebersihan.

Memelihara Burung parkit memang bukan perkara mudah, tetapi tidak terlalu sulit pula. Asalkan, Anda bisa rutin memberinya makan, memperhatikan kebersihan tubuh, dan kandangnya, bukan tidak mungkin mereka akan jadi hewan yang sangat jinak. Harga jualnya juga tinggi karena selalu dalam keadaan bahagia.