in

Begini Cara Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat

Bagikan Artikel Ini

Melanjutkan pendidikan ke Jenjang perkuliahan adalah impian setiap orang tua. Mereka ingin melihat anaknya bisa sukses dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Dengan gaji yang mampu memenuhi kebutuhannya.

Sebenarnya, saat ini kampus yang jelek dan buruk itu tidak ada. Karena, setiap universitas pasti punya fasilitas dan kualitas sistem pendidikan yang terus berkembang sepanjang waktu. Kondisi tersebut pasti sangat membingungkan.

Lalu, bagaimana caranya dalam memilih Universitas terbaik yang mampu menunjang keberhasilan dan memberikan kesempatan serta peluang besar mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan. Begini beberapa langkah yang harus diperhatikan sejak sekarang.

Tentukan Dulu Jurusan Anda

Ada satu catatan penting yang harus diperhatikan. Dimana setiap kampus punya berbagai jurusan. Sayangnya, tidak semuanya bagus. Contohnya, jurusan televisi di Universitas Pajajaran Bandung. Ternyata dari segi kualitas lebih bagus dibandingkan dengan Institut Kesenian Jakarta.

dari contoh di atas sudah bisa disimpulkan, nama universitas ternama belum tentu punya sistem pembelajaran yang bagus untuk jurusannya. Jadi, perhatikan dulu apa tujuannya kedepan. Mau berkecimpung dibidang apa.

Jika, kamu masih bingung mau berkecimpung dibidang apa. Cobalah lihat passion Anda dibidang apa. Selanjutnya, tentukan pula apakah ingin menjadi pengusaha atau bekerja di tempat orang lain.

Setelah sudah ditentukan baru lihatlah bagaimana peluangnya ke depan. Misalnya, memilih jurusan kesenian tari. Secara tidak langsung Anda harus menjadi seorang pengusaha dan profesional.

Lihat, bagaimana perkembangan tari saat ini bila memang bagus, perhatikan jauh kedepan bagaimana peluangnya. Apakah Anda bisa mengambil celah atau tidak disana. Ingat, sukses dan tidaknya seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Menentukan Perguruan Tinggi Swasta Atau Negeri

Perguruan tinggi negeri dan Swasta saat ini dari segi kualitas hampir sejajar. Bahkan, beberapa sudah menunjukkan kelasnya. Anda harus bisa menentukan mau kuliah dimana, apakah swasta atau negeri.

Jangan hanya terpaku pada pembiayaan. Terkadang orang sering salah pilih hanya karena, universitas negeri lebih murah. Pihak swasta sebenarnya juga tidak kalah murah. Karena, mereka punya program beasiswa yang cukup banyak pula.

Selanjutnya, dalam memutuskan mau kuliah di negeri atau swasta. Perhatikan terlebih dulu bagaimana peringkatnya secara nasional sampai akreditasinya. Hal ini akan mempengaruhi mutu pendidikan secara keseluruhan.

Cari Tahu Lebih Dalam Mengenai Kampus Tersebut

Saat ini, perkembangan teknologi sudah berkembang pesat. Dimana banyak beberapa unversitas sudah menggunakan website sebagai bagian dari penghubungnya. Cari tahu seluk beluk kampus dari sana.

Mulai dari beasiswa yang diberikan ada berapa. Semakin banya yang diberikan maka, kesempatan mendapatkannya juga sangat tinggi. Lihat pula bagaimana staf pengajarnya apakah berkompeten atau hanya biasa saja.

Perlu diketahui pemilihan dosen juga sangat penting. Karena, mereka akan menerapkan sistem pembelajaran berbeda. Ada yang standar dan membosankan. Beberapa lagi menarik sehingga, Anda bisa memahami semua materi pembelajaran.

Selanjutnya, coba lihat unit kegiatan mahasiswanya. Hal ini sangat penting sebagai bagian dalam mengembangkan diri. Serta mencari jaringan sehingga, saat dihadapkan pada dunia pekerjaan akan sangat membantu.

Terakhirnya, cobalah lihat secara keseluruhan bagaimana lingkungan hidup di sekitar kampus. Berapa biaya kost, makan, bahkan, untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah juga harus diperhitungkan. Apakah cukup atau Anda harus bekerja dulu di siang hari. Sehingga, harus masuk kelas karyawan.

Memilih kampus memang tidak mudah ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memutuskannya. Jangan hanya diukur dari segi gengsinya saja. Misalnya, terkenal sebagai kampusnya para artis atau lainnya.

Tetapi, lihatlah dari berbagai arah. Bisa karena prestasinya atau lulusan mahasiswanya. Atau dilihat dari seberapa banyak unit kegiatan mahasiswa yang tersedia. Karena ada banyak jalan harus ditempuh agar bisa sukses setelah kuliah nanti.