in

Begini Caranya Membersihkan Tangki Air Stainless Steel

Bagikan Artikel Ini

Tangki air menjadi salah satu komponen penting yang harus tersedia di Rumah. Sebagai tempat penampungan dan dapat dimanfaatkan bila terjadi mati listrik. Tersedia tiga jenis, ada Fiber, Stainless Steel dan Polyethylene.

Dari ketiganya, Stainless Steel memang unggul. Tahan terhadap panas dan hujan, kuat, awet, serta tahan lama. Sayangnya, harganya cukup mahal dibandingkan kedua jenis lain. Walaupun, punya kualitas bagus. Anda tetap wajib merawatnya dengan baik.

Hal ini dimaksudkan agar kebersihannya tetap terjaga. Kondisi air di dalam tidak menimbulkan bau atau ditumbuhi lumut. Tidak perlu panik karena, cara merawat serta membersihkannya sebenarnya cukup mudah. Coba perhatikan berbagai langkahnya di bawah ini.

Menggunakan Baking Soda

Salah satu alasan mengapa baking soda menjadi bahan pertama yang bisa dilakukan karena, mempunyai berbagai bahan yang cukup efektif membersihkan berbagai perabotan rumah tangga berbahan stainless steel.

Tingkat keasaman pH menyentuh angka 9. Dari berbagai penelitian, angka tersebut ternyata jauh lebih baik untuk menghilangkan berbagai macam partikel yang berpotensi menghasilkan karat, Bahkan, dibandingkan sabun kualitasnya jauh lebih bagus baking soda. Cara menggunakannya cukup mudah

  • Sediakan ember yang sudah berisi air
  • Tuang baking soda secukupnya
  • Oleskan secara menyeluruh ke bagian tangki
  • Bilas menggunakan air bersih
  • keringkan dengan kain atau lap bersih.

Usahakan dalam proses pengeringan ini sampai tidak ada air di bagian luarnya. Agar tidak menumbuhkan karat atau lumut. Lakukan rutin setiap 3 bulan sekali. Jangan terlalu sering mencuci dengan baking soda efeknya kurang bagus.

Menggunakan Cuka Putih

Alternatif lain yang bisa digunakan adalah memakai cuka putih. Mengandung asam asetat sebanyak 5% di mana kandungan tersebut mampu membersihkan noda, kotoran sampai bakteri. Bahkan, penggunaannya bisa dilakukan ke semua jenis. Cara menggunakannya

  • Siapkan ember dan air
  • Tuang cuka putih
  • Oleskan ke seluruh bagian tabung stainless steel
  • Bila dengan air bersih
  • Lap sampai kering

Usahakan hanya menggunakan cuka putih saja. Jangan yang lain karena, efektivitasnya kurang begitu bagus. Sehingga, digunakan untuk membersihkan hasilnya tidak akan bersih.

Pasta Gigi

Siapa sangka bahwa, Pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan tangki stainless steel. Bahkan, untuk noda dan karat bisa mudah dibersihkan. Untuk menggunakannya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit.

Oleskan saja pasta gigi ini ke bagian berkarat atau tampak ada noda. Setelah dioles disikat sampai bersih. Lebih disarankan untuk fokus ke bagian yang kotor saja. karena, satu tangki cukup besar.

Bila seluruhnya dibersihkan takutnya, satu pasta gigi akan habis. Setelah selesai menyikat bilas menggunakan air bersih. Lalu, kap dengan kain sampai mengkilap. Lakukan, pada saat kotor saja

Menggunakan Alkohol

Tidak semua alkohol itu memberikan dampak negatif. Karena, kandungan tersebut biasanya digunakan dalam dunia medis. Ternyata, beberapa penelitian menyebutkan bahwa Alkohol juga mampu membersihkan tangki berbahan stainless steel.

Caranya mudah, ambil lap berbahan microfiber teteskan sedikit lalu usap ke seluruh bagian tangki hingga merata. Jangan lupa gunakan masker dan setelah selesai, bilas seluruh tangki menggunakan air bersih.

Bau yang dihasilkan alkohol ini sangat menyengat. Agar tidak mengganggu pernapasan pakailah masker penutup hidung. Terlalu banyak menghirupnya tidak bagus juga untuk kesehatan jantung dan paru.

Membersihkan tangki air memang jadi poin penting. Di mana cara membersihkannya sendiri harus benar. Perhatikan detail setiap langkahnya agar tidak menimbulkan efek lain seperti karat serta bau tidak sedap. Selamat mencoba di Rumah.