in

Cara Menajamkan Pisau Gunting yang Sudah Tumpul

Bagikan Artikel Ini

Lambat laun pisau pada gunting ketajamannya akan berkurang karena, sering sekali digunakan. Bahkan, jika dibiarkan lama-lama hasilnya lebih parah. Bisa jadi tumpul hingga saat dibutuhkan tidak berfungsi dengan baik.

Kalau sudah begini, bagaimana solusinya? Apakah harus beli baru? Sepertinya, Anda perlu menajamkannya kembali. Sebenarnya, caranya tidak sulit karena, caranya hampir sama ketika menajamkan pisau. Tetapi, ada sedikit langkah yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa, mata pisaunya terdapat dua dan memiliki poros dibagian tengah yang berfungsi sebagai penggerak untuk memotong. Berikut ini beberapa langkah agar Anda bisa membuatnya kembali tajam.

Cobalah Menggunakan Alumunium Foil

Alumunium foil menjadi peralatan pertama yang bisa digunakan. Harganya cukup terjangkau dan dapat dibeli di berbagai supermarket. Cara memanfaatkannya cukup mudah, berikut beberapa langkahnya.

  • Siapkan alumunium foil dengan panjang kurang lebih 20 – 25 cm.
  • Cobalah melipatnya sama panjang, hingga cukup tebal dan sulit untuk dilipat kembali
  • Pada bagian alumunium foil yang berlapis dijadikan sebagai pengasah dengan cara memotongnya
  • Potonglah hingga alumunium foil tersebut sampai tidak lagi bersisa.
  • Hanya saja, pastikan Anda menggunakan seluruh bagian
  • Selanjutnya, bersihkan mata pisau dengan menggunakan tisue dengan sebelumnya dibasahi oleh air hangat dulu sebagai cara untuk menyingkirkan serpihan alumunium yang menempel pada mata pisau ketika memotong.

Memanfaatkan Sisi Kasar Pada Kertas Amplas

Peralatan selanjutnya adalah memanfaatkan sisi kasar pada kertas amplas. Perlu diingat, gunakan jenis paling kasar jangan yang halus. Begini cara menggunakannya agar efektif membuat pisau Anda yang tumpul jadi tajam kembali

  • Kertas amplas yang digunakan usahakan pada grit 150 sampai 200
  • Sisi kasar hadapkan pada bagian luar, jadi akan bersinggungan dengan dua mata pisau saat alat ini mulai menggunting
  • Potong amplas menjadi berbagai lembaran panjang proses ini yang membuat kedua matanya akan terasah secara perlahan.
  • Jangan lupa sebelum digunakan bersihkan dulu menggunakan air hangat dan tisue, agar seluruh serpihan amplas tidak tertinggal di mata pisau tersebut.

Menggunakan Bantuan Dengan Botol

Selanjutnya, cobalah menggunakan bantuan botol hanya saja pergunakan jenis kaca bukan plastik. Lakukan langkah mengasah dengan memotong pada bagian leher. Usahakan untuk melakukannya secara cepat serta berulang beberapa kali. Terakhir jangan lupa untuk mencucinya sampai bersih agar tidak ada kuman yang menempel.

Memakai Bantuan Batu Asah

Alat selanjutnya adalah batu asah dimana, juga digunakan untuk membersihkan pisau. Tahapannya memang cukup sulit. Persiapkan pisau terlebih dulu kemudian, lihat bagaimana keadaanya apakah sangat tumpul atau tidak.

Bila memang keadaannya memprihatinkan maka gunakan bagian sisi yang kasar. Tetapi, kalau hanya perlu sedikit saja mempertajamnya maka, cobalah menggunakan bagian sisi yang masih halus.

Letakkan handuk taruh di bawah batu asah selanjutnya, basahi sedikit dengan air serta minyak. Kemudian, bongkar pada bagian porosnya sehingga, keduanya terpisah Dengan begini, Anda lebih mudah dalam mengasahnya.

Langkah terakhir adalah membersihkannya dengan tisu yang cukup lembab. Bersihkan semua bagian pisaunya hingga bersih. Agar semua bagian benar-benar bersih sehingga, saat digunakan tidak akan terkontaminasi.

Masih ada lagi menggunakan jarum pentul untuk caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan botol. Cobalah untuk mengulanginya sampai benar-benar bersih. Karena, kadar logamnya bisa berbahaya jika, ikut dikonsumsi oleh tubuh.

Menajamkan pisau gunting memang sangat penting. Dengan begini, Anda tidak perlu membeli baru lagi. Dari berbagai caranya cukup mudah bukan. Lakukan saja perlahan tetapi, perlu diingat setelah selesai bersihkan sampai bersih agar kandunganya tidak meracuni Anda dan keluarga.