in

Fakta Menarik Masjid Al-Akbar Surabaya yang Super Megah

Bagikan Artikel Ini

Surabaya mendapatkan sebutan sebagai Kota Pahlawan karena, aksi mereka dalam mengusir penjajah dan Peristiwa 10 November. Sejak itu, wilayah ini tidak hanya berstatus sebagai sejarah saja melainkan, kawasan bisnis paling pesat di Jawa Timur.

Hal tersebut dibuktikan dengan predikatnya sebagai Kota besar ke 2 di Indonesia setelah Jakarta. Selain itu, kawasan ini juga mampu mengembangkan potensi wisatanya. Diketahui, Surabaya sendiri punya puluhan taman dan museum yang tersebar di berbagai wilayah.

Berbicara mengenai wisata, Ibukota Jawa Timur ini juga punya kawasan religi yang menarik untuk disimak. Tempat tersebut bernama Masjid Al-Akbar dimana ada beberapa hal unik bisa didapatkan disini sehingga, bukan hanya warga muslim saja yang bisa menikmati. Seluruh pemeluk agama lain juga diperkenankan berkunjung. Berikut, fakta uniknya.

Bisa melihat Kota Surabaya Dari Atas Ketinggian

Poin pertama yang membuatnya menarik dan unik adalah mempunyai menara dengan ketinggian mencapai 99 meter. Untuk bisa masuk dan menikmatinya, Anda harus datang setelah pukul 9 pagi.

Serta, wajib pulang sebelum 5 sore. Perlu diketahui, pada saat jam sholat seperti Dzuhur dan Ashar. Operasional menara akan tutup sementara dan dibuka kembali setelah Sholat selesai ditunaikan.

Harus diakui, dari menara ini kota Surabaya terlihat sangat cantik. Menara dengan ketinggian 99 meter ini  hampir setara dengan gedung yang mempunyai lantai bertingkat sebanyak 21. Selain menara, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang sudah tersedia lengkap.

Tersedia poli gigi, umum, laboratorium, sampai bekam. Siapa saja dipersilahkan untuk datang dan memeriksakan kondisinya. Di dalam poli sudah Tersedia dokter profesional yang siap menangani sekaligus memberikan resep bila memang kondisi Anda kurang bagus.

Mempunyai Berbagai Macam Fasilitas Menarik

Fakta menarik lain yang dapat ditemukan di Masjid Al-Akbar ini adalah mempunyai berbagai fasilitas. Mulai dari pendidikan seperti PAUD hingga Madrasah, hampir setiap tahun banyak anak-anak tercatat sebagai murid di sekolah ini.

Sebagai masjid terbesar di Surabaya, Al-Akbar juga punya sebuah tempat di mana mereka selalu memberikan dakwah dan syiar Islam di hari tertentu. Bagi Anda yang berkunjung juga berkesempatan mengikuti syiarnya.

Bahkan, mereka juga memiliki berbagai mitra dakwah dari komunitas lain. Tidak heran bila hampir setiap hari, kawasan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Fasilitas lain yang tidak kalah menariknya adalah Gedung pernikahan dan pertemuan.

Harus diakui bahwa, Masjid Al-Akbar punya konsep Islami yang sangat megah dan menarik. Melakukan resepsi disini seperti, melakukannya di Timur Tengah. Sungguh mewah dan terasa sejuk di hati. Begitu pula dengan ruang seminar atau pertemuannya tidak jauh berbeda.

Arsitektur Menawan Hati

Sebagai masjid terbesar nomor dua di Indonesia setelah Istiqlal Jakarta. Arsitektur yang diperlihatkan pada bagian dalamnya cukup menawan. Ada kurang lebih 45 pintu kayu jati. Di beberapa sudut tampak hiasan kaca.

Menggunakan lantai dari marmer, sehingga saat masuk ke dalam nuansanya berubah jadi dingin dan sejuk. Mempunyai kubah yang mirip seperti sebuah telur. Mempunyai motif diagonal berwarna hijau, merah, ungu, kuning dan biru.

Tersedia pula ukiran berupa kaligrafi Alquran dengan panjang 180 dan mempunyai lebar 1 meter. Warnanya sangat cerah hingga jadi sebuah pemandangan yang menarik untuk dinikmati .

Mengunjungi Masjid Al-Akbar merupakan kewajiban. Terutama, bagi warga muslim untuk menunaikan ibadah. Bukan hanya melihat arsitekturnya yang megah dan menawan. Tetapi, berbagai macam fasilitas yang diberikan juga bukan sembarangan. Jadi, jangan lupa luangkan waktu untuk beribadah disini, bila berkunjung ke Surabaya.