in

Gunting Kuku Anda Tumpul? Lakukan Cara Ini Agar Tajam Kembali!

Bagikan Artikel Ini

Gunting kuku dikenal memiliki peran penting untuk memotong kuku yang sudah panjang. Terbuat dari logam dan sistem kerjanya menggunakan prinsip tuas. Jadi, ada pembagian kerja pada setiap sisinya.

Ada titik tengah, pengungkit, dan tumpuan. Sistem kerja seperti ini hampir sama dengan hukum fisika. Dimana, ketajamannya memang sangat membantu. Tetapi, ada kondisi tingkatnya tersebut berkurang.

Sehingga, saat digunakan kurang nyaman. Biasanya kalau sudah seperti ini solusinya adalah di buang dan beli baru. Sebenarnya, bukan solusi yang tepat karena, Anda bisa membuatnya kembali menjadi tajam.

Untuk Itu cobalah mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti,  korek api usahakan yang sudah menggunakan gas, amplas dan pilih yang halus jangan kasar, dan gunting kuku yang keadaannya sudah tumpul.

Cara Menajamkan Guntung Kuku

Setelah semua peralatan dikumpulkan, saatnya Anda memulai untuk menajamkannya. Potong terlebih dulu amplas sesuaikan dengan bagian depan alat pemotong kuku tersebut. Usahakan memberikan sedikit jarak agar tidak terlalu pas.

Selanjutnya, bakar bagian depannya menggunakan korek api. Tetapi, dalam posisi membakar seperti ini harus diperhatikan benar caranya. Jangan sampai membuat bagian depan terbakar dan panasnya melebihi batas.

Bila itu terjadi bisa saja akan membuatnya gosong dan sulit untuk digunakan kembali. Jadi, perlahan dan lihat bagaimana kondisinya. Pembakaran ini berfungsi untuk mempercepat proses penajaman.

Setelah dirasa sudah panas dan cukup matikan korek gas kemudian, menggunakan amplas halus tersebut digosok pada bagian depan. Gosok saja secara perlahan Dalam melakukan pengamplasan.

Usahakan mengikuti bagian depan selanjutnya dari gunting tersebut seperti apa. Setelah dirasa cukup maka, lakukan pembuktian. Apakah cara yang Anda ambil ini sudah tepat atau membutuhkan pengulangan.

Lakukan kembali tetapi, untuk waktu sedikit diperlambat serta proses pengamplasan juga ditambah. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi membeli gunting kuku baru. Cukup pakai yang lama saja sudah bisa.

Manfaat Memotong kuku

Beberapa orang memilih untuk tidak memotong satu bagian jari kuku dan membuatnya panjang. Apakah dari segi medis hal tersebut baik? Jawabannya adalah tidak karena, saat membuatnya panjang ada bagian yang terbuka dan itu bisa digunakan sebagai sarang dari kuman.

Poin lainnya yang harus diperhatikan adalah memotong kuku juga menghindarkan Anda dari cidera. Coba saja bayangkan saat bagian dari jari tersebut panjang. Membuat Anda kesulitan dalam melakukan kegiatan apa saja.

Karena, ada perasaan takut bila nanti terjadi sesuatu. Misalnya saja, terbentur benda tajam yang menyebabkan jadi patah atau masih banyak lagi. Perlu diakui, bagaian tersebut patah rasanya sangat sakit.

Perlu diketahui pula, saat kuku pendek kemungkinan terserang berbagai penyakit juga kecil. Misalnya saja Tifus di mana salah satu penyebab munculnya penyakit ini adalah terkena bakteri Salmonella Typhi.

Di mana bakteri tersebut lebih suka bersembunyi di tempat kotor. Salah satunya adalah bawah kuku yang terkadang terdapat berbagai kotoran. Bahkan, bisa juga menderita penyakit cacingan terutama untuk anak-anak dan dewasa juga berpotensi terserang.

Fungsi Lain Gunting Kuku

Ada beberapa fungsi gunting kuku yang sebenarnya bisa Anda lakukan seperti, memanfaatkan bagian pisau yang meruncing di bagian ujung. Bentuk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penopang obat nyamuk bakar.

Hanya saja harus hati-hati, bila melepasnya tidak tepat, akan menimbulkan bekas dan hal tersebut jadi kurang bagus. Selain itu, bagian pisau juga dilengkapi dengan alat agar jari terasa lebih halus.

Gunting kuku merupakan alat yang harus ada di Rumah. Karena, perannya sangat penting sebagai bagian dari menjaga kesehatan tubuh. Jangan terburu-buru dibuang kalau memang sudah tumpul. Lakukan, cara diatas dan Anda bisa menggunakannya kembali. Selamat mencoba!