in

Ini Oleh-Oleh Khas Mahakam Ulu yang Wajib Dibeli

Bagikan Artikel Ini

Provinsi Kalimantan Timur, menyimpan sejuta pesona yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Mahakam Ulu, dimana kawasan ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Pesona utamanya adalah pemandangan alam yang kaya. Semua orang sepakat, keindahannya memang tiada duanya. Tidak cukup sampai disitu saja, berkunjung ke sini harus menikmati aneka kulinernya yang menggugah selera.

Tetapi, ada yang kurang rasanya kalau belum membeli oleh-oleh khas untuk keluarga di Rumah. Pilihannya sangat banyak, dijamin bagus dan berkualitas nomor satu. Penasaran, apa saja rekomendasinya? Simak, ulasannya di bawah ini.

Batu Mulia

Mahakam Ulu terkenal memiliki berbagai keanekaragaman Batu Mulia yang coraknya, benar-benar aduhai. Tidak hanya untuk lelaki saja, buat Ladies, juga tersedia. Bahkan, pilihannya beragam bukan hanya berbentuk cincin. Mereka sudah berkreasi dengan menghadirkan kalung dan gelang.

Jenisnya ada dua, pertama adalah masak, terbuat dari bahan campuran yang diukir terlebih dulu. Kemudian, pilihan kedua adalah alami tanpa dicampur dengan bahan apa-apa, sehingga dari segi harga harus diakui cukup mahal karena, hasilnya lebih cantik dan memikat.

Alat Musik Sampe

Oleh-Oleh selanjutnya, yang bisa dibeli adalah Alat musik yang disebut dengan Sampe. Cara memainkannya dengan cara dipetik seperti halnya Anda, memainkan gitar. Hanya saja saat dipegang terasa lebih kecil. Hal ini disebabkan gagangnya lebih pendek serta badannya jauh lebih besar.

Perlu diketahui bahwa, senarnya terbuat dari serat pohon erau. Dimana, pada bagian ujungnya akan dihiasi dengan ukiran kepala burung enggang.

Alat musik khas Suku Dayak ini, bisa ditemukan di berbagai kawasan. Menurut sejarahnya, dulu Sampe digunakan untuk menyampaikan perasaan dalam hati, Hal tersebut dapat didengarkan dari nadanya, apakah senang, gembira, atau sedang bersedih.

Daya tahannya cukup kuat karena, terbuat dari beberapa kayu berkualitas seperti, Marang, Tabalok, Pelantan, atau Adau. Ketiganya merupakan jenis Meranti yang terkenal sangat kuat dan awet.

Kue Akar Sampai

Oleh-Oleh selanjutnya adalah Kue Akar Sampai. Bentuknya cukup unik dengan cita rasa gurih manis yang menggoda lidah. Kenikmatannya membuat Anda sulit untuk berhenti makan. Terbuat dari kelapa khusus, hanya yang tumbuh di daerah sini saja.

Teknik pengolahan membuat Kue Akar Sampai sebenarnya mudah. Anda bisa membelinya di berbagai toko dengan harga yang terjangkau. Kue Akar Sampai masih menjadi camilan sekaligus oleh-oleh wajib bagi wisatawan.

Onde-Onde Ubi Ungu

Nama onde-onde pasti tidak akan asing lagi di telinga Anda. Bentuknya bulat dan cita rasanya sangat manis. Hanya saja, saat berkunjung ke Mahakam Ulu, wisatawan bisa menemukan camilan ini dengan tampilan yang berbeda.

Mereka menggunakan ubi ungu, cita rasanya tidak kalah nikmat dengan bahan lainnya.  Biasanya, penduduk sekitar memanfaatkan makanan tersebut saat santai bersama dengan keluarga.

Kue Mantau

Nama Kue Mantau dikenal sebagai salah satu makanan khas China. Kemudian, diadaptasi menjadi penganan khas Mahakam Ulu. Dari segi tekstur sangat renyah dan cukup lembut masuk ke mulut. Menariknya, bagian luar dan dalamnya begitu terasa

Bila di China, biasanya cara makannya di cocol menggunakan susu putih. Tetapi, disini cocolannya diganti dengan lada hitam atau balado. Gurih, manis, pedas menyatu di mulut memberikan sensasi berbeda.

Aroma rempah dari dua saus ini memperkaya rasa saat disantap. Dijamin, Anda pasti ketagihan dibuatnya. Tidak heran bila ada banyak orang mencarinya. Wisatawan, bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh disepanjang kawasan wisata atau pusat perbelanjaan.

Mahakam Ulu menjadi salah satu kota terbaik di kawasan Kalimantan Timur yang harus dikunjungi. Jangan hanya fokus pada wisata alam serta kulinernya saja. Tetapi, coba beli juga oleh-olehnya yang kaya dan beragam.